Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Sudahkah anda mengenal manfaat daun afrika? Mungkin sebagian dari pada anda ada yang belum mengetahuinya, bahkan belum mengenal jenis daun ini sama sekali. Meski begitu, daun afrika ini nyatanya telah terkenal di sekitar pakar kesehatan sebagai pengobatan alternatif untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Mulai dari penyakit asam urat hingga gejala stroke ringan dapat di obati oleh daun yang memiliki rasa pahit ini.


Bagi anda yang belum mengenal jelas khasiat dari daun afrika selatan yang luar biasa ini, alangkah lebih baiknya jika anda menyimak informasi berikut ini.

Mengenal Ciri-ciri dan manfaat daun afrika untuk kesehatan

Dari namanya saja jelas kita sudah bisa menerka bahwasannya tanaman yang satu ini asli dari afrika selatan. Namun meski begitu, di Indonesia sendiri anda tetap bisa menemukannya. Terlebih pada daerah dataran yang memiliki ketinggian mulai dari 1500 meter di atas permukaan laut. Namun di Indonesia sendiri tanaman ini umumnya tidak dapat berbunga maupun berbuah seperti halnya di daerah aslinya sendiri.


Selain dari rasanyanya yang terkenal pahit, anda pun dapat mengenali tanaman ini dari ciri-ciri daun afrika yang berwarna hijau tua dengan tulang daun yang menyirip dan juga tumbuh vertikal. Sedangkan batangnya berkayu berwarna hijau untuk yang masih muda, jika jika sudah tua akan berubah menjadi abu-abu keputihan. Lapisan kulitnya pun akan di temukan bercak-bercak, seperti halnya bercak yang di temukan pada tumbuhan pace atau mengkudu. Penanamannya pun terbilang cukup mudah dan bisa tumbuh subur meski menggunakan media tanam pot. Caranya penanamannya sendiri cukup dengan melakukan stek batang.

Bagi penduduk di dataran afrika sendiri seperti di nigeria, kamerun dan sebagian di daerah tanzania, tanaman ini adalah sayuran yang berharga nilainya. Jika di ibaratkan di Indonesia, tanaman ini seperti pohon kelapa yang mana segala sesuatu dari tanaman afrika selatan juga bisa di manfaatkan. Terlebih daunya, Selain populer sebagai kuliner dan sayuran, daun afriika selatan ini pula sering kali di jadikan sebagai jamu yang juga sering kali di gnakan untuk membumbui masakan.

Daun yang masih termasuk ke dalam famili Asteraceae ini sangat kaya akan vitamin C dan juga karotenoid, yang merupakan jenis vitamin yang jarang di dapatkan oleh penduduk gurun sahara sebelum mereka mengenal tanaman jeruk disana.

Adapun manfaat daun afrika dan cara penggunaannya bisa anda simak dalam uraian singkat berikut ini.

1. Manfaat daun afrika untuk asam urat

Jika anda mengonsumsi ramuan daun afrika selama 2 minggu berturut-turut maka secara perlahan kadar asam urat anda akan menurun. Adapun cara mengolahnya yaitu dengan merebus 7 daun afrika yang telah di cuci bersih sebelumnya dengan menggunakan 5 gelas es teh. Dan angkat selama 5 menit. Konsumsi ramuan ini secara teratur 2 kali sehari masing-masing satu gelas setiap kalinya. Setelah 2 minggu kemudian anda dapat merasakan perubahan pada tubuh anda.

2. Manfaat daun afrika untuk diabetes

Selain penyakit jantung, penyakit yang di kategorikan mematikan lainnya diantaranya  adalah diabetes. Bahkan jika di biarkan maka dapat menimbulkan komplikasi. Namun klini banyak sekali bahan alami untuk mengobati diabetes salah satunya adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun afrika. jika anda mengonsumsinya rutin, maka diabetes anda dapat sembuh dan kadar ula nda pun kembali normal. Bahkan hal tersebut terbukti oleh seorang pasien diabetes yang hendak menjalani amputasi namun bisa di selamatkan dengan perantara mengonsumsi air rebusan ini secara rutin.

3. Manfaat daun afrika untuk kolesterol

kolesterol tinggi merupakan suatu kondisi kesehatan yang sangat membahayakan akibat kolesterol jahat atau LDL yang mendominasi tubuh. kondisi tersebut umumnya dapat menyebabkan serangan jantung secara mendadak dan juga stroke. Untuk untuk menurunkan kadar kolesterol dan menghindari berbagai komplikasi tersebut, anda bisa mengatasinya dengan cara mengonsumsi air rebusan daun afrika secara teratur. Untuk mengurangi rasa pahitnya, anda bisa menambahkan serta lemon agar rasanya menjadi semakin segar.

4. Manfaat daun afrika untuk lambung

Lambung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat rentan mengalami infeksi. Jika lambung sudah terkena infeksi maka sistem pencernaanpun akan terganggu secara keseluruhan. Untuk menormalkan kinerja organ sisistem pencernaan kembali, anda dapat memanfaatkan daun afrika sebagai alternatifnya. Cukup dengan menyeduh daun afika kering, setalah itu minum secara teratur, maka masalah pencernaan seperti perut kembung serta susah buang air besar dapat teratasi.

5. Manfaat daun afrika untuk jantung

Penyebab terjadinya penyakit jantung sangatlah beragam. Namun pasda umumnya kondisi ini di sebabkan akibat menurunnya kemampuan jantung untuk mengolah dan mengatatur gerak pompa jantung yang akan mengalirkan darah dan juga oksigen ke seluruh tubuh. Namun dengan mafaat makan daun afrika baik secara langsung maupun di olah dengan cara di rebus  di ketahui dapat meningkatkan kinerja jantung untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan asupan oksigen dan juga darah. Sehingga, cara ini dapat di katakan sebagai cara mencegah penyakit jantung secara almi. Selain itu, dengan mengonsumsi daun afrika juga dapat membantu tubuh untuk menyediakan zat yang mampu untuk menghilangkan plak yang terdapat di dalam pembuluh darah ke jantung.

6. Manfaat daun afria untuk mencegah stroke

Selain dapat mencegah penyakit jantung, manfaat dari daun afrika lainnya adalah dapat mencegah penyakit stroke. manfaat dan kandungan daun afrika di percaya dapat melancarkan proses metabolisme tubuh. Sehingga dapat menjaga kelancaran datah dan mencegah terjadinya penyempitan atau pembengkakan pada pembuluh darah di otak yang dapat menyebabkan stroke.

7. Manfaat daun afrika untuk menurunkan resiko kanker hati

Di dalam daun afrika terdapat sifat alami yang berperan sebagai detoksifikasi racun di dalam tubuh. Hal tersebut menjadikan manfaat daun afrika sebagai obat herbal yang sangat di anjurkan untuk mencegah penyakit kanker seperti salah satunya penyakit kanker hati.

8. Manfaat daun afrika untuk batuk

Selain dapat menjadi media pencegah dan penyembuhan penyakit yang cukup berat, daun afrika selatan ini juga nyatanya dapat mengobati penyakit taraf ringan seperti batuk salah satunya. Caranya bisa dengan mengunyah daun afrika yang telah di cuci bersih sebelumnya. Namun untuk mengurangi rasa pahitnya, anda juga dapat mengolahnya dengan cara menyeduh daun afrika dengan air panas, dan minum air seduhan tersebut selagi hangat. Konsumsi air rebusan daun afrika tersebut secara teratur hingga batuk anda mereda.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat dan manfaat daun afrika lainnya untuk kesehatan baik sebagai media pecegahan maupun penyembuhan berbagai macam penyakit ataupun konisi kesehatan lainnya, seperti halnya:

- Meredakan panas atau demam tinggi.
- Meredakan dan mengurangi kesemutan.
- Menyembuhkan sakit kepala.
- Membantu menyembuhkan infkesi.
- Membantu tubuh untuk membersihkan toksin.
- Menormalkan kembali fungsi paru-paru.
- Membantu mnyembuhkan insiomnia.
- Membantu menurunkan berat badan atau diet.
- Membantu menormalkan tekanan darah.

Meski begitu, setiap pengobatan pastinya tidak akan lepas dari kata efek samping. Begitu juga dengan pengobatan menggunakan daun afrika selatan. Walaupun efek samping tidak bersifat berbahaya, namun tidak ada salahnya jika anda mengetahuinya. Selain memiliki rasa yang pahit, efek samping daun afrika lainnya yang kemungkinan terjadi adalah terjadinya pembengkakan atau pun gatal-gatal. Selain dari pada itu, beberapa peneliti melarang ibu hamil untuk mengonsumsi ramuan ini. Meski belum ada alasan yang kuat, namun ada kemungkinan kandungan dalam daun afrika ini dapat membahayakan kondisi si bayi.


Sekian yang dapat kami sampikan seputar khasiat dan manfaat daun afrika untuk kesehatan. Semoga setelah menyimak uraian berikut anda bisa langsung bisa menanam tanaman obat herbal ini di halaman rumah, untuk menjadi TOGA yang bisa anda manfaatkan kapan saja untuk mengobati gangguan kesehatan pada anda atau keluarga secara alami. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Selasa, 13 Desember 2016 13:38:40

Related Post :
Kesehatan
Menakutkan! Ini Segudang Bahaya…

Menakutkan! Ini segudang bahaya…

Kesehatan
Fakta Seputar Pemanfaatan Teknologi…

Berikut adalah berbagai fakta…

Manfaat
Khasiat dan Manfaat Ceker…

Ceker ayam sering kali…

Kesehatan
Ini Dia Makanan Yang…

Berikut adalah berbagai makanan…

Tips
Inilah Pertolongan Pertama Pada…

Pertolongan pertama pada serangan…

Ibu Dan Anak
Kenali Gejala Penyakit DBD…

Mengenali gejala penyakit DBD…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?

  • obat herbal utnuk penyakit kanker payudara

    0 Balasan

    Daun

    slamat sore,,, untuk pengobatan alami kanker payudara dgn menggunakan daun meniran or daun sirsak,, kl daun meniran diminum brp gelas sehari -- dan bagaimana cara meramunya direbus brp banyak daunnya…


Daun
Daun
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun sintrong…

Kirim Pertanyaan
Top