Benarkah Bahan Makanan Organik Lebih Sehat?

Share dan Tag Temanmu di :

Bahan makanan organik dipercaya lebih menyehatkan dibanding dengan bahan makanan yang dikembangkan dengan peternakan dan pertanian non-organik. Pebedaan makanan organik dan non-organik terletak pada cara petani memproses  sayur, biji-bijian, dan daging yang dijual untuk dikonsumsi. Petani dan peternak tersebut tidak menggunakan bahan sintetis seperti pestisida dan pupuk pada tanaman, atau suntik antibiotik pada hewan yang dipeliharanya.


Beberapa orang mulai memilih bahan organik dibanding yang dikembangkan dengan metode konvensional. Hal tersebut didasari dengan beberapa alasan seperti :


1.Bahan organik dipercaya tidak memiliki kandungan pestisida

Pada umumnya petani konvensional menggunakan pestisida untuk melindungi ladangnya agar terhindar dari hama atau serangga. Pestisida tersebut meninggalkan residu yang menempel pada sayuran atau buah-buahan sehingga dikhawatirkan berisiko pada manusia yang mengonsumsinya. Sedangkan petani organik menggunakan predator alami untuk mengusir hama dan serangga. Meski demikian, penggunaan kadar pestisida pada bahan makanan organik maupun non-organik pada umumnya telah ditetapkan pemerintah, tidak boleh melibihi dari anjuran. Banyak hal yang harus dipenuhi oleh produsen untuk mencantumkan label organik pada bahan makanan yang akan dijual, antara lain:

  • Tanaman tidak menggunakan pestisida termasuk pupuk sintetis, herbisida, limbar lumpur, bioteknologi maupun radiasi ion
  • Hewan/daging bisa dikatakan organik jika diternakan dengan tidak memberi antibiotik dan hormon pertumbuhan hewan, pakannya pun harus diberikan pakan organik. Hewan tersebut juga harus mendapatkan akses ke ruang terbuka seperti rumput atau tanah lapang.

2.Bahan makanan organik tidak mengandung bahan tambahan yang berbahaya

Bahan makanan organik ini dipercaya tidak memiliki kandungan bahan berbahaya seperti pengawet, perasa/monosodium glutamate (MSG), pemanis buatan, atau bahan pewarna dan perisa.

3.Bahan organik dipercaya lebih ramah lingkungan

Pertanian organik ini bertujuan agar tidak merusak alam dengan menjaga kelestariannya seperti air dan tanah dengan mengurangi polusi bahan pestisida sintetik.

4.Orang-orang berpendapat bahan makanan organik lebih enak

Hal ini bisa jadi karena bahan makanan organik biasanya dijual dengan kondisi masih segar, sehingga mempengaruhi rasa. Para petani organik  juga umumnya mengolah tanaman dalam jumlah terbatas dan langsung menjualnya ke pasar terdekat dari lokasi pertanian tersebut.

Namun yang menjadi pertanyaannya adalah, apakah bahan makanan organik ini benar-benar mempengaruhi kesehatan? Belum ada jawaban pasti mengenai hal tersebut, karena bukti yang menunjukkan bahwa makanan organik benar-benar membawa manfaat bagi kesehatan seseorang masih sedikit.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Rabu, 14 Desember 2016 08:26:56

Related Post :
Alami
Obat Susah Buang Air…

obat susah buang air…

Tips
Cara Mengecilkan Perut Setelah…

Cara mengecilkan perut setelah…

Kesehatan
Gejala dan Penyebab Kanker…

Mengetahui dan mewaspadai gejala…

Kesehatan
Waspadai Acanthosis Nigricans Atau…

Waspadai acanthosis nigricans atau…

Kesehatan
Menteri Agama Terkena Sengatan…

Ikan pari memang cukup…

Ibu Dan Anak
Bolehkah Anak 1 Tahun…

Bolehkah Anak 1 Tahun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Pria Secara Alami Dan Cepat

Tips dan cara meningkatkan kualitas…

Kesehatan
Kesehatan
Fakta Mengejutkan Seputar Ganja yang Jarang Diketahui

Peredaran ganja di Indonesia memang…

Kirim Pertanyaan
Top