Ketahui Beberapa Gejala yang Menyertai Penyakit Migrain

Share dan Tag Temanmu di :

Migrain biasanya menyerang penderita dengan gejala-gejala klinis lainnya. Gejala migraine biasanya menghabiskan waktu yang cukup lama agar benar-benar hilang. Mulai dari empat jam atau bahkan sampai tiga hari.  Sehingga dapat menyebabkan penderita merasa kelelahan selama seminggu sesudahnya terserang oleh migrain. Biasanya selain migraine ada gejala lain yang muncul menyertai atau mendahului munculnya nyeri sakit kepala.


Misalnya rasa mual sehingga muntah. Kemudian kurang konsentrasi, serta sangat kepanasan atau juga bisa merasakan kedinginan. Bisa juga disertai dengan diare dan meningkatnya sensitifitas terhadap cahaya. Meningkatkan sensitivitas terhadap suara yang mengakibatkan penderita migraine merasakan tempat yang gelap dan tenang adalah tempat yang nyaman. Namun, memang tidak semua orang dapat merasakan gejala-gejala yang sama seperti yang diuraikan. Gejala ini juga seperti yang tadi dikatakan tidak selalu pasti terjadi secara bersamaan. Beberapa kasus ditemukan jika gejala tersebut tapi tidak merasakan nyeri di kepala.

Dalam migraine ada beberapa jenis yang sering terjadi atau dialami oleh seseorang. Diantaranya jenis migraine adalah dengan gejala aura. Aura merupakan gejala yang dirasakan sebelum terjadinya serangan pada migrain. Beberapa literature mengatakan jika gejala aura juga bisa dikenal dengan prodrome. Dari hasil penelitian ada deteksi jika aura terjadi karena ada perubahan pada zat kimia yang ada dalam otak. Sekitar satu dari tiga penderita migraine pernah mengalami aura terlebih dahulu sebelum nyeri di kepala muncul.

Aura terjadi sebelum nyeri di kepala mulai dirasakan. Biasanya gejalanya memiliki durasi lima menit sampai satu jam. Meskipun nyeri kepala merupakan memang gejala utama pada migraine serta yang seringkali terjadi. Tetapi tidak semua penderitanya merasakan itu. Sebagiannya hanya merasakan nyeri kepala ringan. Sebagiannya lagi hanya mengalami gejala aura saja.

Gejala aura yang dimaksudkan disini seperti diantaranya ada rasa kebas atau ada kesemutan bagai ditusuk oleh jarum. Biasa mulainya pada satu lengan serta naik ketangan lalu terasa di bibir, lidah serta wajah. Kemudian ada juga gejala gangguan penghlihatan seperti melihat kilatan cahaya. Polanya berliku serta ada bintik – bintik gelap. Gejala aura lainnya yaitu kehilangan keseimbangan serta koordinasi antara anggota tubuh. Penderitanya biasanya merasakan kehilangan arah atau bahkan limbung. Gejala selanjutnya bisa juga penderita aura itu kesulitan bicara serta bisa juga dalam kasus tertentu penderitanya mengalami pingsan atau taks adarkan diri.

Jika menderita migraine lebih dari lima hari dalam kurun waktu sebulan maka sebaiknya ke dokter. Terlebih jika sudah tidak bisa lagi diatasi oleh obat-obatan yang dijual secara bebas di apotik. Apalagi kalau sudah menimbulkan gejala-gejala bahaya misalnya seperti sakit kepala tak tertahankan atau sakit kepala yang bersamaan dengan demam, kejang dan lain-lain.

By Sri Maryati - Penyakit Rabu, 14 Desember 2016 10:37:34

Related Post :
Obat Kimia
Fakta Carisoprodol dalam Tablet…

Berikut ini merupakan beberapa…

Kesehatan
Ketahui Efek Samping Setelah…

Ketahui efek samping setelah…

Kesehatan
Lebih Aman Rokok Elektrik…

Rokok elektrik terdiri dari…

Tips
Tips Pencegahan dan Pengobatan…

Kanker usus besar menjadi…

Tips
Tips Dan Cara Melentikan…

Selain dengan cara tradisional…

Kesehatan
Olahraga Yang Baik Bagi…

Olahraga yang baik bagi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Varikokel

    0 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes


Penyakit
Ketahui Penyebab Sering Buang Air Kecil Yang Sebenarnya

Ketahui penyebab sering buang air…

Penyakit
Penyebab Sariawan Berkepanjangan yang Perlu Diwaspadai

Penyebab pasti terjadinya sariawan di…

Penyakit
Mengenal Lebih Jauh Tentang Kanker Paru-paru

Mengenal lebih jauh tentang kanker…

Kirim Pertanyaan
Top