Waspadai Barang-Barang Berikut Jika Ingin Dapur Sehat

Share dan Tag Temanmu di :

Dapur adalah tempat Anda untuk meracik makanan. Menjaga kebersihan dapur sangat penting supaya kesehatan keluarga terpelihara. Namun nyatanya, dapur dapat menjadi tempat yang penuh dengan bakteri. Jika Anda lalai dalam membersihkannya, bakteri tersebut bisa masuk kemakanan Anda. Mendapatkan dapur sehat serta bebas bakteri adalah hal yang mudah dilakukan. Berikut kami berikan beberapa cara untuk mendapatkan dapur sehat.


  • Menjaga kebersihan tempat cuci piring. Tempat cuci piring dapat menjadi tempat paling kotor di rumah Anda. Pun jika dibandingkan dengan toilet dan tempat sampah. Hal tersebut disebabkan tempat tersebut merupakan tempat mencuci berbagai macam keperluan memasak sampai sehingga menjadikannya sebagai lokasi berkumpulnya bakteri. Bersihkan tempat cuci piring memakai air hangat, air sabun, dan sponge. Ketiga bahan tersebut bisa membantu Anda untuk menghilangkan dan mencegah pertumbuhan jamur. Sementara untuk menghilangkan deposit mineral di tempat cuci piring, Anda bisa menggunakan cuka putih yang dicampur dengan air. Gosok bagian tempat cuci piring yang terkena deposit mineral, lalu bilas dengan air dan keringkan.

  • Hilangkan bakteri dari sponge pencuci piring. Meski manfaatnya adalah untuk membantu dalam mencuci piring, sponge ternyata dapat menjadi rumah untuk jutaan bakteri di dapur Anda. Bakteri menyenangi lokasi yang hangat dan lembap, sesuai dengan kondisi sponge cuci piring. Supaya sponge tidak menjadi rumah untuk bakteri, seringlah untuk mencuci sponge memakai air hangat. Cuci sponge tiga kali dalam seminggu. Cara lainnya adalah dengan membersihkan sponge cuci piring dengan cara memanaskan sponge basah dalam microwave selama 3 menit.

  • Talenan. Alat yang dipakai untuk dasar saat memotong sayuran serta berbagai makanan ini bisa menjadi tempat bakteri berkumpul. Sebaiknya menggunakan talenan yang berbeda untuk memotong sayuran dan memotong daging mentah. Tidak hanya itu, membasmi bakteri yang ada dalam talenan bisa dengan meletakannya dalam microwave serta memanaskannya beberapa menit. Anda pun bisa meletakkan talenan dalam kulkas selama beberapa menit.

  • Kompor gas. Alat memasak ini tidak luput dari bakteri. Terlebih bagian knop kompor gas yang memungkinkan bakteri untuk berpindah kejari-jari. Sebaiknya bersihkan kompor dengan melepas beberapa bagiannya seperti knop untuk menyalakan kompor, tungku kompor, lalu bersihkan menggunakan air hangat dan sabun.

Bagian dapur lainnya yang harus dibersihkan adalah gagang kulkas, gagang pintu dapur, keran cuci piring, lap dapur, tempat sampah, serta handuk pengering tangan.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 14 Desember 2016 13:40:24

Related Post :
Ibu Dan Anak
Usia Berapa Bayi Boleh…

Usia Berapa Bayi Boleh…

Tips
Tips Cara Mengatasi Disfagia…

Tips cara mengatasi disfagia…

Manfaat
Manfaat Ketan Hitam Untuk…

Penelitian mengenai manfaat ketan…

Kesehatan
Sebaiknya Hindari Gerakan Yoga…

Melakukan yoga memang baik…

Penyakit
Mewaspadai Gejala dan Penyebab…

Sakit dada sebelah kanan…

Kesehatan
Mengenal Sindrom Tourette yang…

Beberapa waktu lalu Tora…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Mengenal Penyakit Langka Hemofilia yang Diidap Lay EXO

Meskipun terlihat memesona ketika berada…

Kesehatan
Daftar Merek Pembalut Dan Pantyliner Berbahaya Menurut YLKI

Berikut adalah daftar merek pembalut…

Kesehatan
Tips Memilih Penyaringan Udara Yang Baik Dan Benar

Tips memilih penyaring udara yang…

Kirim Pertanyaan
Top