Obat Flu Tradisional Dan Cara Membuatnya

Flu atau disebut juga dengan influenza merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Flu juga merupakan penyakit yang mudah menular. Pada umumnya penyakit ini termasuk penyakit ringan, tetapi bila flu tidak segera diatasi akan membuat kesehatan tubuh penderita semakin memburuk. Dan untuk mengobati flu bisa dengan ramuan obat tradisional bisa menjadi solusi untuk anda yang sedang yang lebih memilih pengobatan alami.


Obat Flu Tradisional 

Ada beberapa ramuan tradisional yang dapat meredakan flu diantaranya:

Kunyit dan madu

Kunyit dan madu adalah bahan-bahan alami sering digunakan untuk pembuatan obat herbal. Karena kedua bahan alami ini dapat dijadikan obat untuk berbagai penyakit termasuk flu. Cara membuat ramuan dari kunyit dan madu sangatlah mudah yaitu parut kunyit yang sudah dicuci bersih, rebus kunyit sampai mendidih, saring air rebusannya, kemudian tambahkan madu sebagai perasa.

Bawang putih

Bawang putih tidak hanya dijadikan sebagai bumbu dapur, tapi juga dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati flu. Hal ini dikarenakan sifat anti-inflamasi yang terkdandung didalamnya membantu mengatasi peradangan yang disebabkan oleh virus termasuk virus influenza. Anda bisa mengkonsumsi bawang putih secara langsung. Atau anda dapat menambahkan bawang putih pada makanan.

Jahe

Sama seperti bawang putih, jahe juga bisa dijadikan obat tradisional untuk mengobati flu. Karena jahe memiliki kandungan antivirus alami yakni mampu melawan virus penyebab flu. Cara membuat ramuan ini sangat mudah yaitu sediakan beberapa ruas jahe yang telah dicuci bersih, tumbuk dan masukan ke dalam air hangat. Tambahkan sedikit gula atau madu sebagai perasa.

Bunga kamboja


Obat flu tradisional yang lainnya adalah dengan menggunakan bunga kamboja dan gula merah. Cara membuat ramuan ini sangat mudah yaitu sediakan bunga kamboja yang telah dicuci bersih, rebus dengan air 400 ml sampai tersisa 200 ml saja. Saring air rebusan, kemudian tambahkan gula gula merah. Minum ramuan ini sampai flu sembuh.

Air jeruk nipis dan madu

Ramuan tradisional lainnya yang dapat mengobati flu adalah air jeruk nipis dan madu. Cara membuatnya sangat mudah yaitu sediakan air jeruk nipis, madu, biji pepaya, kulit kina, lempuyang wangi dan 1 cangkir air matang. Haluskan 3 bahan alami yaitu biji pepaya, kina, lempuyang wangi. Setelah halus masukan air jeruk nipis, madu dan 1 cangkir air matang. Aduk sampai merata, kemudian saring airnya. Minumlah ramuan ini 3 kali sehari 1/2 gelas.

Madu dan lada hitam

Ramuan madu dan lada hitam juga berkhasiat meringankan gejala flu dan melegakan saluran pernapasan. Cara membuat ramuannya sangat mudah yaitu sediakan 1 sendok makan lada hitam, 1 sendok makan madu murni kemudian masukan kedua bahan alami pada gelas yang telah berisi air hangat. Aduk hingga rata, tunggu sampai dingin. Bila sudah dingin minum ramuan ini sampai habis.

Kencur

kencur juga bisa dijadikan obat tradisional untuk meringankan gejala flu. Siapkan satu rimpang kencur, buah kelapa 1/4 butir serta 1 gelas air matang. Cuci kedua bahan tersebut, parut, campur dengan air. Aduk sampai rata dan diperas. Minum air perasannya 1 kali dalam sehari.

Semoga obat flu tradisional yang ampuh dan aman ini bisa membantu anda dalam mengobati flu. Dan selamat mencoba.

By Rizka Ardiana - Alami Rabu, 14 Desember 2016 13:50:55

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • sakit sciatica

    1 Balasan

    Alami

    apakah obat yg tepat utk penyakit ini

  • Tanya takaran qnc jelly gamat

    1 Balasan

    Alami

    Sore pak saya mau nanya takaran qnc jelly gamat untuk bayi usia 4 bulan??anak saya sakit infeksi paru2.terimakasih

  • obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi

    1 Balasan

    Alami

    Belakangan ini saya sering sakit gigi. sudah berkumur dengan air garam , tapi sakit gigi yang saya alami belum sembuh juga. Apakah ada obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi ?

  • apa manfaat mengonsumsi air daun kersen ?

    1 Balasan

    Alami

    Dok, saya sering kali melihat ibu saya mengonsumsi air rebusan daun kersen. Dan ketika saya tanya, katanya itu baik untuk kesehatan dan bisa mengobati penyakit juga. Apakah benar daun kersen…

  • obat alami untuk mengatasi sakit maag

    1 Balasan

    Alami

    Ibu saya mengidap sakit maag, jika penyakit maag nya kambuh ibu saya suka mengkonsumsi obat dari apotek. Yang saya khawatirkan ada efek samping dari obat tersebut. Apakah ada obat alami…


Alami
Jus Buah Segar Ini Bantu Encerkan Darah Beku dalam Tubuh

Mengonsumsi jus bukan hanya dapat…

Alami
Alami
Obat Darah Tinggi Alami Yang Ada di Sekitar Kita

Obat darah tinggi alami yang…

Tambah Pertanyaan
Top