Khasiat Dan Manfaat Daun Handeuleum Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun handeuleum telah di kenal banyak masyarakat sebagai obat alami ambeien. Namun, mungkin mereka juga tidak pernah mengira sebelumnya bahwa daun yang memiliki daun berwarna hijau keungu-unguan ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh lainnya. Hal tersebut di latar belakangi karena banyaknya zat-zat aktif yang terkandung dalam daun handeuleum, yang mana berbagai kandungan tersebut sangat menguntungkan untuk kesehatan bahkan dapat mengatasi berbagai keluhan kesehatan lainnya.


Di beberapa daerah, daun ini juga sering kali di sebut dengan daun wungu atau daun ungu.  Karena Selain daunnya, batangnya juga berwarna ungu, berukuran kecil, tegak dan bisa mencapai ketinggian 3 meter. Tanaman ini juga berbunga yang tersusun dalam rangkaian tandan berwarna merah tua. Sedangkan daunnya memiliki struktur posisi yang saling berhadapan. Maka dari itu pula, selain menjadikannya untuk pengobatan tradisional, masyarakat pedesaan juga pada umumnya menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias karena warnanya yang khas tersebut.

Tanaman yang berasal dari papua ini, masih termasuk kedalam keluarga tanaman Acanthaceae. Pada dasarnya tumbuhan handeuluem ini cocok jika tumbuh pada ketinggian sekitar 1.250 m dpl.

Mengenal kandungan serta khasiat dan manfaat daun handeuleum bagi kesehatan

Mungkin anda pernah mendengar pepatah 'Tak kan ada asap jiika tidak ada api', Hal ini pun sama 'Tidak akan ada manfaat daun handeuleum jika didalamnya tidak terkandung zat ataupun senyawa yang baik untuk kesehatan itu sendiri'. Hal tersebut pun tidak dapat di elakan. Karena nyatanya kandungan daun handeuleum begitu banyak seperti diantaranya adalah steroid, tanin, glikosid, flavonoid, alkaloid non-toksik, kalsium oksalat, saponin, lemak, asam folat.


Berbagai kandungan tersebut membuat tanaman wungu ini memiliki sifat antiinflamasi terlebih pada bagian daunnya, yang mana sering kali di gunakan untuk wasir, peluruh kencing, pelembut kulit kaki, bisul, melunakan feses dan sebagai pencahar ringan.

Lali, apa manfaat daun handeuleum untuk kesehatan? Adapun mengetahui manfaat saun handeuleum untuk kesehatan seara lengkap, anda bisa simak selengkapnya dalam uraian berikut ini.

1. Mengatasi wasir atau ambeien
Khasiat daun handeuleum untuk wasir bisa menjadi pengobatan alternatif bagi anda yang kini tengah menderita penyakit ambeien tanpa harus melakukan tindakan operasi. Cara mengolahnya cukup dengan merebus 15 helai daun handeuleum yang telah di cuci bersih dengan 4 gelas air. Tambahkan juga kedalamnya sedikit gula aren dan sebutir kunyit. Rebus semua bahan tersebut hingga mendidih dan hingga tersisa 2 gelas air. Setelah dingin anda dapat mengonsumsinya 2 kali sehari sebanyak 1 gelas air rebusan setiap kalinya.

2. Mengobati batu empedu
Manfaat rebusan daun handeuleum lainnya adalah dapat mengatasi masalah batu empedu. Cara memanfaatkannya cukup mudah. Yaitu dengan merebus 7 helai daun handeuleum dengan daun urat dan setelah itu rebus dengan menggunakan 2 gelas air.  Konsumsi ramuan itu secara rutin 2 kali sehari hingga batu empedu anda sembuh.

3. Mengatasi konstipasi
Masalah konstipasi atau susah BAB pun dapat di atasi dengan memanfaatkan herbal ini. Caranya cukup dengan 2 gelas air dan angkat setelah airnya tersisa 1 gelas. Setelah dinfgin, anda bisa meminum segelas air rebusan daun handeuleum tersebut pada pagi hari secara rutin sampai sembelit anda sembuh.

4. Mengobati bisul
Bisul yang menyerang bagian tubuh pasti menyiksa. Maka dari itu segera obati, salah satunya dengan menggunakan khasiat daun handeuleum. Cukup dengan menumbuknya hingga halus dan balurkan  pada bagian kulit yang terdapat benjolan bisul. Selain itu, anda juga bisa menggunakan cara lainnya yaitu dengan memanggang daun handeuleum  dia atas api kecil yang sebelumnya telah terlebih dahulu di olesi dengan minyak klapa. Lalu, selagi hanngat tempelkan pada bagian kulit yang benjol akibat bisul.

5. Melancarkan buang air kecil
Daun handeuleum juga bisa di manfaatkan sebagai param untuk melancarkan buang air kecil. Caranya cukup dengan menumbuk daun handeuleum yang telah di cuci besih hingga halus, lalu oleskan pada perut sehingga seperti memakai param.

6. Mengobati rematik dan encok
Untuk mengobati rematik dan encok dengan menggunakan daun handeuleum, anda bisa mencuci bersih daunnya terlebih dahulu kemudian di tumbuk. Setelah halus, anda dapat menempelkannya pada bagian tubuh yang mengalami rematik atau encok.

7. Mengatasi demam
Demam merupakan kondisi kesehatan umum yang dapat dialami oleh anak-anak maupun dewasa. Kondisi ini umumnya di karenakan perut kita yang penuh akan kotoran. Namun kondisi tersebut dapat di tangani segera dengan menggunakan daun handeuleum. Caranya cukup dengan merebus 7 helai daun handeuleum yang telah di cuci bersih dan 5 iris temulawak dengan menggunakan. Setelah mendidih angkat dan konsumsi ramuan tersebut setelah dingin. Konsumsi ramuan ini sekali sehari secara rutin sehingga demam reda.

8. Menghentikan pendarahan
Daun handeuelum juga juga memiliki manfaat untuk mengatasi terjadinya pendarahan. Caranya cukup dengan mengonsumsi air rebusannya secara teratur.

9. Mengobati Diabetes
Seorang Mahasiswa peneliti dari IPB (Institut Pertanian Bogor) bernama Aziz Nuraditia, merupakan salah seorang anggota peneliti Program Keahlian Analisis Kimia, menyatakan bahwa daun handeuleum ini dapat di gunakan sebagai obat diabetes alami. Hal tersebut di buktikan dari hasil penelitian yang di lakukan olehnya bahwa di dalam tubuh enzim a-glukoidase yang membantu memecah rantai polisakarida di ikatan a(1-6) pada setiap titik percabangan yang tak mampu di pecahkan dengan enzim amilase. Aktivitas dari enzim tersebut bisa menghasilkan polimer a(1-4) tidak bercabang dan juga 1 glukosa.

Senyawa tersebut akan memperlambat proses pencernaan pati di dalam usus halus. Hal tersebut membuat glukosa dari makanan dan pati akan memasuki sirkulasi darah lebih lambat serta bisa di sesuaikan menjadi lebih efektif oleh sensitivitas insulin atau gangguan respon. Dan apabila kerja enzim tadi terhambat, maka proses konversi karbohidrat menjadi zat glukosa dapat di tekan.

Demikian informasi seputar khasiat dan manfaat daun handeuleum bagi kesehatan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat khususnya dapat menambah kesehatan anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Kamis, 15 Desember 2016 10:59:47

Related Post :
Daun
Khasiat Manfaat Daun Gaharu…

Kegunaan, khasiat serta manfaat…

Manfaat
Manfaat Buah Bengkoang Untuk…

Bengkoang memiliki nama ilmiah…

Kesehatan
Makanan Sehat untuk Bantu…

Musim hujan bisa membuat…

Tips
Cara Menambah Berat Badan…

Tips dan cara menambah…

Ibu Dan Anak
Demam Pada Anak Naik…

Berbagai penyebab demam pada…

Kesehatan
Waspada! Ini Bahaya Anemia…

Berikut adalah berbagai bahaya…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Kandungan Dan Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi dan manfaat daun…

Daun
Kirim Pertanyaan
Top