Waspadai Resiko Kesehatan Akibat Obesitas

Share dan Tag Temanmu di :

Memiliki berat badan yang berlebih atau dikenal dengan istilah obesitas selain membuat penampilan kurang maksimal, juga ternyata membuat lebih rentan terserang penyakit berbahaya. Hal ini dikarenakan adanya lemak viseral yang berlebihan sehingga dapat memicu datangnya penyakit serius. Obesitas sendiri ditandai dengan adanya penumpukan lemak di perut dan beberapa bagian tubuh yang lain.


Umumnya, orang yang obesitas  akan beresiko mengalami beberapa hal di bawah ini :

Penyakit jantung

Seperti yang kita tahu jantung adalah pembunuh no. 1. Penyakit jantung adalah penyakit yang serius. Bagi para penderita obesitas umumnya mereka memiliki 50 hingga 100 persen resiko terserang penyakit inin dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat baan normal.  Obesitas selalu dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, kadar trigliserida yang tinggi dan penurunan kolesterol HDL (kolesterol baik).

Stroke

Obesitas identik dengan pola hidup yang tidak sehat dan konsumsi makanan yang tinggi lemak. Hal itu memicu terjadinya tekanan darah tinggi, kolesterol sehingga berpeluang lebih besar untuk terserang stroke.

Diabetes tipe 2

Pada kondisi obesitas, umumnya pasien akan mengalami kenaikan berat badan sebesar 5-10 kg dari berat badan normal mereka. Dan kondisi inilah yang menyebabkan para penderita obesitas dikaitkan sangat erat dengan diabetes tipe 2. Karena umumnya lebih dari 80 persen penderita diabetes juga mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Mengalami gangguan tidur

Orang yang obesitas beresiko mengalami gangguan tidur atau dalam istilah medisnya dikenal dengan nama sleep apnea. Gangguan ini membuat penderitanya akan berhenti bernafas beberapa kali saat tidur dan tidak bisa disepelekan karena termasuk gangguan yang serius. Sleep apnea membuat kadar oksigen turun drastis sehingga berpengaruh pada jantung dan pembuluh darah.

Terserang berbagai penyakit kronis

Selain jantung, stroke dan diabetes, obesitas juga memicu berbagai penyakit kronis. Misalnya liver, artritis, gangguan empedu dll. Obesitas menjadi sebab utama dalam mempengaruhi kinerja insulin sehingga dapat menyebabkan diabetes. Lemak berlebih juga mengganggu kinerja jantung karena akan menimbulkan timbunan kolesterol, kenaikan tekanan darah dan penyumbatan arteri. Ini alasan mengapa obesitas harus diwaspadai, karena pada akhirnya orang yang obesitas cenderung memiliki resiko kematian dini daripada orang yang memiliki berat badan normal.

Terkena kanker

Pada wanita, obesitas dapat memicu terserang penyakit kanker ginjal, kanker  kantung empedu, adenokarsinoma esofagus dan kanker rahim. Sedangkan pada pria, berat badan yang berlebih akan beresiko terkena kanker pankreas, kanker kolon, kanker ginjal dll.

Itulah beberapa resiko kesehatan akibat obesitas yang perlu diwaspadai. Berdasarkan resiko-resiko yang dipaparkan di atas, dilihan dari segi medis maupun penampilan, obesitas memang harus dihindari atau dihilangkan dengan melakukan pola hidup sehat, kurangi konsumsi lemak berlebih dan berolahraga secara rutin.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Jum'at, 16 Desember 2016 08:21:57

Related Post :
Kulit
Mengetahui Kebaikan Habbatussauda untuk…

Selain baik bagi kesehatan,…

Kesehatan
Jangan Anggap Sepele! Ini…

Meski setiap orang memiliki…

Daun
Ini Dia Manfaat Dari…

Beragam manfaat dan khasiat…

Obat Kimia
Sulfadiazine Antibiotik Sulfonamide Untuk…

Sulfadiazine tergolong ke dalam…

Tips
Cara Menggunakan Lensa Kontak…

Cara menggunakan lensa kontak…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Informasi tentang rabun dekat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Pertolongan Pertama untuk Atasi Luka Diabetes

Untuk mencegah luka diabetes semakin…

Kesehatan
Penyebab Timbulnya Tumor Payudara yang Harus Diwaspadai

Untuk mencegah timbulnya tumor di…

Kesehatan
Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Yang Digoreng

Suka mengkonsumsi makanan yang digoreng?…

Kirim Pertanyaan
Top