Faktor Penyebab Makanan Terkontaminasi

Share dan Tag Temanmu di :

Faktor Penyebab Makanan Terkontaminasi

Kontaminasi makanan dapat disebabkan oleh organisme yang menular, namun organisme tertentu. Serta dapat terjadi pada tahap apapun. Contohnya pada waktu proses produksi, pengiriman penyimpanan atau pada waktu mempersiapkan makanan itu. Makanan yang paling mudah terkontaminasi yakni jenis makanan yang masih mentah serta makanan siap saji. Makanan yang masih mentah atau tidak dimasak dapat mengandung organisme berbahaya dan belum mati karena proses memasak dapat membunuh bakteri tersebut.


Kontaminasi makanan disebabkan oleh beberapa kondisi berikut :

1.       Makanan yang tak dimasak sampai matang.

2.       Terjadinya kontaminasi silang yakni pada saat penularan organisme yang menyebar lewat permukaan, peralatan serta makanan.

3.       Mengkonsumsi makanan yang sudah tersentuh orang dengan tangan kotor atau sedang sakit.

Selain itu penyebab utama makanan yang terkontaminasi adalah adanya virus, parasit serta bakteri. Bakteri yang biasanya menyebabkan makanan terkontaminasi adalah bakteri campylobacter. Bakteri ini biasanya ditemukan pada daging yang masih mentah atau masih kurang matang memasaknya. Kemudian ditemukan juga  pada air serta susu yang tidak diolah dengan benar. Masa inkubasi yang diakibatkan oleh bakteri ini memiliki rentang waktu dua sampai lima hari. Gejalanya akan terasa selam kurang lebih dari tujuh hari.

Kemudian bakteri salmonella. Bakteri ini umumnya ditemukan dalam daging mentah, daging kurang matang, susu, telur, serta produk olahan susu yang lain. Masa inkubasi yang diakibatkan oleh salmonella adalah 12 sampai 72 jam. Gejalanya berlangsung selama 4 hingga 7 hari. Lalu escheriachia coli. Pada bakteri ini paling sering ditemukan sesudah mengkonsumsi daging yang kurang matang. Misalnya seperti bakso dan daging cincang. Bisa juga ditemukan pada susu yang tak dipasteurisasi. Masa inkubasi bakteri ini yakni satu hari sampai seminggu. 

Sedangkan gejalanya bertahan selama bebera hari sampai beberapa minggu. Kemudian bakteri clostridium botulinum adalah bakteri yang dapat ditemukan pada makanan kaleng yang sudah terkontaminasi. Selain itu ada bakteri listeria yang ditemukan di makanan siap saji seperti kemasan, irisan daging serta keju.  Bakteri selanjutnya adalah bakerti shigella yang muncul pada makanan apapun yang dicuci dengan air yang sudah terkontaminasi. Serta masih banyak bakteri lainnya yang menyebabkan makanan dapat terkontamisasi sehingga menimbulkan keracunan makanan.

Apabila Anda sudah mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminasi maka ada beberapa faktor yang menentukan munculnya serta tingkat keparahan gejala. Faktor tersebut adalah diantaranya yakni jumlah makanan yang sudah tekontaminasi, usia dari seseorang, disebabkan jenis organisme yang menyebabkan infeksi serta kondisi kesehatannya secara umum. Berikut ini merupakan beberapa orang yang memiliki risiko tinggi mengalami sakit pada waktu mengkonsumsi makanan yang telah terlkontaminasi.

Pertama adalah orang yang mengalami penyakit yang kronis. Misalnya seperti penyakit AIDS, gangguan hati, diabetes serta menjalani kemoterapi atau terapi radiasi terhadap penyakit kanker dapat menurunkan respons dari sistem kekebalan tubuh seseorang. Kedua bisa pada wanita hamil juga.

By Ana Rediana - Kesehatan Jum'at, 16 Desember 2016 15:44:55

Related Post :
Alami
Cara mengatasi Sakit Kepala…

Cara mengatasi sakit kepala…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Selain mengonsumsi obat, penderita…

Obat Kimia
Obat Anti Inflamasi Fenilbutazon…

Obat fenilbutazon untuk mengatasi…

Kesehatan
Jenis Makanan Untuk Menjaga…

Cara merawat atau menjaga…

Tips
Begini Cara Mudah Dan…

Cara perawatan luka di…

Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Makanan yang…

Membungkus makanan dengan koran…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Kesehatan
Vaksin Dan Langkah Pencegahan Virus Hepatitis B

Vaksin dan langkah pencegahan virus…

Kesehatan
Penyebab Dan Langkah Diagnosis Koma

Koma merupakan sebuah situasi darurat…

Kirim Pertanyaan
Top