Cara Pencegahan Kanker Paru-Paru Sejak Dini

Share dan Tag Temanmu di :

Kanker paru-paru adalah salah satu penyebab utama kematian. Itu sebabnya pencegahan kanker paru-paru secara dini wajib dilakukan agar terhindar dari kanker penyakit mematikan ini. Kebiasaan merokok sangat dikaitkan dengan penyebab utama dari kanker paru-paru. Karena rokok, cerutu dan jenis lainnya dapat memicu terjadinya kanker paru-paru. Selain kebiasaan merokok, faktor gen juga memiliki andil yang besar sebagai penyebab penyakit ini. orang yang memiliki garis keturunan penderita kanker paru-paru, maka dia akan 2 kali lebih beresiko terkena penyakit ini. Tapi kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang mudah dicegah dengan cara-cara berikut ini :


·   Menghindari Rokok dan asapnya
Tidak merokok sama sekali atau mengurangi rokok bertahap sampai tidak lagi merokok. Rokok merupakan penyebab utama kanker paru-paru. Untuk para non-perokok juga baiknya hindari asap rokok sebisa mungkin. Untuk anda yang bekerja di industri yang menghasilkan polutan karsinogenik, harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja. Disarankan juga untuk memeriksakan kesehatan anda secara berkala.

·    Olahraga secara teratur
Olahraga adalah bagian dari pola hidup sehat. Dengan berolahraga kita akan bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

·    Lakukan pola hidup sehat dan perhatikan asupan makanan
Berat badan yang berlebih akan membuat resiko terkena penyakit serius lebih besar. Maka jika berat badan anda berlebih, sangat disarankan untuk melakukan diet. Karena diet dikenal sebagai salah satu pencegahan kanker terbaik. Hindari konsumsi makanan yang berbahaya bagi tubuh, perbanyak asupan sayur dan buah untuk hidup lebih sehat.

·    Lakukan pemeriksaan secara berkala
Ini berlaku untuk semua jenis penyakit. Melakukan pemeriksaan rutin adalah salah satu langkah pencegahan berbagai penyakit. Termasuk salah satunya adalah kanker paru-paru. Semakin dini anda mendiagnosis kanker paru-paru, maka kemungkinan sembuh akan semakin besar.

·    Menghindari paparan zat-zat kimia
Jika frekuensi berinteraksi pada zat-zat kimia sudah terlalu sering, maka anda perlu waspada. Karena zat-zat kimia memiliki penyebab yang besar untuk memicu terjadinya kanker pada paru-paru. Asap rokok adalah zat yang paling dominan menyebabkan penyakit ini, tetapi masih banyak zat-zat lain yang juga memiliki pengaruh yang besar dalam terjadinya penyakit kanker paru-paru.

Melakukan pencegahan lebih baik daripada mengobati. Jika sudah terlanjur terkena kanker paru-paru butuh biaya yang tidak sedikit untuk proses penyembuhannya. Maka lebih baik jauhi semua faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kanker paru-paru. Terutama kebiasaan merokok yang merupakan penyebab terbesar kanker paru-paru.

By Nida Saripah - Penyakit Sabtu, 17 Desember 2016 07:56:35

Related Post :
Kesehatan
Bahaya Terlalu Sering Makan…

Mie instan merupakan salah…

Ibu Hamil
Metode Pengobatan Alternatif Yang…

Ketika anda hamil disarankan…

Penyakit
Diagnosa Terhadap Pankreatitis akut…

Diagnosa terhadap pankreatitis akut…

Ibu Dan Anak
Mewaspadai Gejala dan Penyebab…

Mengetahui serta mewaspadai gejala…

Manfaat
Manfaat Dibalik Manisnya Es…

Es krim merupakan salah…

Ibu Dan Anak
Cara Mencegah Agar Tidak…

Bayi yang memakai popok…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Kesehatan

    0 Balasan

    Penyakit

    apa qnc dpt menyembuhkan benjolan di vagina

  • konsultasi

    0 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat

  • penggunaannya

    0 Balasan

    Penyakit

    Suami sy skrg ini pakai kolostomi bag kmd ada peradangan pd stoma shg hb turun jadi 6,5 krn ada darah yg keluar pd wkt bab di kantong. Apakah jelly gamat…

  • sakit liver karena hepatitis b

    1 Balasan

    Penyakit

    Hasil USG dari rumah sakit menunjukan sakit liver yang sudah tahapan sirosis, sudah melakukan pengobatan danrutin minum obat dari dokter, tetapi kenapa setiap malam perut masih mengalami sakit yang hebat…

  • Sariwan

    1 Balasan

    Penyakit

    Saya sudah mengalami sariwan 2 minggu yang begitu bengkak. Ada lagi tubuh tapi msih kecil


Penyakit
Gejala Dan Cara Mencegah Infeksi Pada Cantengan

Informasi lengkap mengenai faktor penyebab,…

Penyakit
Penyakit
Diagnosis Dan Penanganan Cedera Saraf Tulang Belakang

Cedera saraf tulang belakang (spinal…

Kirim Pertanyaan
Top