Terapi Pengobatan Kanker Paru-Paru

Share dan Tag Temanmu di :

Terapi Pengobatan Kanker Paru-Paru

Kanker paru—paru adalah salah satu jenis kanker yang paling mudah dicegah karena berkaitan erat dengan kebiasaan merokok. Akan tetapi jika sudah terlanjut terkena penyakit ini, ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan. Hanya saja pengobatan dan penanganannya tergantung kepada jenis, ukuran, posisi dan stadium kanker itu sendiri. Kesehatan penderita juga berpengaruh sangat besar dalam proses pengobatannya.


Jika kanker hanya berada di satu sisi paru-paru dan belum menyebar, operasi pengangkatan kanker bisa saja dilakukan. Yang harus dipertimbangkan tentu saja kesehatan penderitanya, apakah dia siap melakukan operasi pengangkatan sel atau tidak. Karena biasanya operasi pengangkatan sel ini akan dilanjutkan dengan kemoterapi untuk menghilangkan sel-sel kanker yang masih tersisa.

Adapun pengobatan yang umum dilakukan adalah sebagi berikut :

  • Melakukan pembedaan atau operasi pengangkatan kanker

Tujuan operasi ini adalah untuk mengangkat sel kanker dan sebagian kecil jaringan sehat disekitarnya. Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi jika ada sel kanker yang sudah menyebar keluar paru-paru.

Dalam operasi pengangkatan kanker dikenal dengan istilan wedge resection. Yaitu prosedur operasi yang mengangkat sebagian kecil jaringan paru-paru karena tumor masih berukuran kecil. Dikenal juga istilah labektomi yaitu proses pengangkatan seluruh bagian lobus dalam satu paru-paru. Lobus adalah bagian dari paru-paru yang memiliki batas jelas.

  • Radioterapi yaitu penyinaran dengan energi radiasi untuk membunuh sel kanker yang ada dalam paru-paru pasien.

Radioterapi ini memiliki efek samping yang pasti akan dirasakan oleh pasien yaitu berupa sakit pada bagian dada, kesulitan dalam menelan, kulit memerah dan terasa perih, sering merasa kelelahan dan batuk hingga mengeluarkan dahak bercampur darah.

Kemoterapi yang umum dilakukan untuk mengobati kanker. Yaitu dengan menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel kanker, minimal memperlambat atau menghambat penyebarannya. Hanya saja kemoterapipun tidak lepas dari efek samping. Efek samping yang umum terjadi adalah adanya kerontokan pada rambut, mual, muntah serta munculnya tukak pada perut. Kemoterapi juga bisa membuat tubuh menjadi lebihrentan terkena infeksi.

  • Terapi target untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Terapi paliatif yang diperuntukan sebagai pengelolaan rawat akhir bagi kanker dengan stadium lanjut. Terapi ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien, seperti mengurangi rasa sakit pasien dan beberapa keluhan yang dirasakan.

  • Terapi biologis

Terapi biologis merupakan alternatif dari kemoterapi. Terapi ini menggunakan obat-obatan seperti erlotinib dan gefitinib yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Umumnya terapi ini direkomendasikan bagia pasien kanker paru-paru non-sel kecil yang telah menyebar sehingga sulit jika diobati dengan menggunakan kemoterapi ataupun radioterapi. 

By Ana Rediana - Kesehatan Sabtu, 17 Desember 2016 15:00:28

Related Post :
Penyakit
Waspada! Ini Dia Ciri-Ciri…

Berikut adalah tanda dan…

Tips
Tips Kurangi Rambut Rontok…

Selain perawatan luar, Anda…

Alami
Obat Alami Menghilangkan Kesemutan…

Obat alami menghilangkan kesemutan…

Manfaat
Manfaat Susu Kambing Untuk…

Salah satu manfaat susu…

Kesehatan
Penyebab Sakit Leher Belakang…

Berbagai penyebab sakit leher…

Penyakit
Pengobatan Hidrosefalus Dan Efek…

Pengobatan hidrosefalus pada bayi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Cara Mencegah Penyakit Bronkitis Pada Anak Dan Dewasa

Berikut tips dan cara mencegah…

Kesehatan
Mengenal Kondisi Phantosmia atau Fenomena Bau Hantu

Sering mencium bau busuk atau…

Kesehatan
Daftar Makanan Yang Mengandung Kolagen Terbaik

Daftar makanan yang mengandung kolagen…

Kirim Pertanyaan
Top