Alasan Mengapa Seseorang Harus Melakukan Cuci Darah

Share dan Tag Temanmu di :

Ketika seseorang divonis mengalami gangguan pada ginjal, misalnya gagal ginjal atau penyakit ginjal kronis dia dihadapkan beberapa pilihan dalam proses penyembuhannya. Hal ini disesuaikan dengan gangguan ginjal dan hasil pemeriksaan dokter.


Selain cuci darah yang sudah umum dilakukan, dikenal juga istilah transplantasi ginjal atau cangkok ginjal. Transplantasi ginjal dipakai untuk menangani pasien gagal ginjal. Yaitu dengan melakukan pembedahan untuk mengganti ginjal yang sudah rusak dengan ginjal yang sehat dari pendonor  yang memiliki criteria sesuai dengan pasien.

Pada beberapa kasus pasien gagal ginjal yang tidak ingin melakukan kedua jenis pengobatan itu bisa disarankan untuk melakukan perawatan pendukung bertujuan terbatas. Jenis pengobatan ini hanya bisa dipakai untuk meringankan gejala yang dirasakan penderita stadium akhir.

Butuh serangkaian tes medis dan pemeriksaan intensif dari dokter untuk menentukan apakah pasien wajib melakukan cuci darah. Level kreatinin dan ureum pada darah adalah dua hal yang akan dijadikan tolak ukur keputusan dokter.

Selain itu, urine juga bisa dijadikan tolak ukur untuk memeriksa kecepatan ginjal menyaring darah. Normalnya, kecepatan ginjal adalah 90-110 militer per menit dalam menyaring darah. Jika kecepatan proses pembersihan kreatinin menurun sekitar 10-12cc/menit, maka orang tersebut wajib menjalani dialysis atau cuci darah. Indikator lain yang bisa menjadikan pertimbangan pasien untuk melakukan cuci darah adalah kemampuan tubuh pasien dalam mengatasi kelebihan air, keluhan seputar jantung, pernafasan, perut atau kebas di kaki.

Pada penderita gagal ginjal stadium akhir, pada umumnya ginjal kehilangan sekitar 85-90% kemampuannya. Dengan fungsi yang menurun tersebut, ginjal tidak lagi mampu mengeluarkan racun dari tubuh.

Dengan alasan itulah cuci darah perlu dilakukan sesegera mungkin. Agar racun dapat dihilangkan dari tubuh menggunakan perangkat eksternal. Sederhananya, jenis pengobatan cuci darah ini dirancang untuk meniru fungsi ginjal dalam penyaringan racun dalam darah. Karena ginjal yang sudah rusak sudah akan kehilangan kemampuannya dalam menyaring racun.

Cuci darah bisa dilakukan dengan 2 metode, yaitu hemodialisis dan peritoneal dialysis. Hemodialisis hanya dapat dilakukan di rumah sakit dengan menggunakan tabung filter dan biasanya dilakukan 3 kali dalam seminggu. Sedangkan peritoneal dialysis dapat dilakukan dimana saja asalkan tempatnya memenuhi kriteria agar pasien terhindar dari infeksi. Dilakukan dengan menggunakan bantuan membran peritoneum (selaput rongga perut).

Kedua metode cuci darah tersebut perlu dilakukan agar bisa meningkatkan kualitas dan harapan hidup pasien ginjal.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 19 Desember 2016 10:09:06

Related Post :
Penyakit
3 Jenis Gangguan pada…

Indung telur merupakan bagian…

Penyakit
Mengenal Lebih Dekat Tentang…

Jika anda ingin mengenal…

Alami
Obat Infeksi Saluran Kemih…

Obat infeksi saluran kemih…

Kesehatan
Waspada Leukemia Penyakit Penyebab…

Suami artis Ririn Ekawati…

Kesehatan
Makanan Yang Boleh Dikonsumsi…

Makanan yang boleh dikonsumsi…

Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Buah…

Dibalik ukurannya yang kecil,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Dampak Mengonsumsi Vitamin C dengan Dosis Tinggi

Meskipun vitamin C memilki banyak…

Kesehatan
Berbagai Cemilan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Berbagai cemilan sehat untuk menurunkan…

Kesehatan
Awas! Ini Dampak Buruk Kurang Olahraga Bagi Kesehatan

Beragam dampak buruk kurang olahraga…

Kirim Pertanyaan
Top