Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Penyakit Celiac

Share dan Tag Temanmu di :

Penyakit celiac merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan reaksi tidak normal dari sistem kekebalan tubuh terhadap senyawa gluten. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang penyakit celiac ini. Berikut di antaranya :


1. Apa itu  Gluten Free Diet?

Gluten free diet atau diet gluten merupakan proses diet yang ditujukan bagi penderita celiac. Proses diet ini bukan bertujuan untuk melangsingkan tubuh, tetapi bertujuan untuk mengganti makanan yang mengandung protein gluten dengan makanan alternative lainnya. Produk-produk yang menjadi pantangan bagi penderita celiac umumnya produk yang terbuat dari tepung, seperti roti, mie, dan sereal gandum karena mengandung gluten.

2. Penderita Celiac Tak Harus Meninggalkan Roti

Makanan pokok orang Indonesia adalah nasi. Namun banyak juga yang menjadikan roti sebagai makanan pokok, atau hanya dijadikan sebagai camilan. Roti terbuat dari gandum yang mengandung protein gluten. Oleh karena itu, penderita celiac disarankan untuk tidak mengonsumsi roti atau pun makanan yang berbahan dasar roti terkecuali terbuat dari manfaat tepung jagung.

Namun bagi Anda yang susah untuk meninggalkan roti, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang ini sudah banyak produk roti dan pasta yang bebas gluten. Produk tersebut biasanya diberi label “gluten free”.

3. Bedakan Makanan yang Mengandung Gluten dan Tidak

Makanan yang mengandung gluten bukan hanya makanan yang berbahan dasar tepung. Berikut adalah contoh makanan yang harus dihindari oleh pelaku gluten-free diet karena ternyata mengandung protein gluten:

· Kecap
Kecap asin maupun kecap manis ternyata mengandung tepung gandum. Karena gandum mengandung gluten, secara otomatis makanan ini harus dihindari oleh penderita celiac.

· Saus
Dalam pembuatannya, beberapa saus biasanya ditambahakan dengan tepung terigu untuk membuatnya lebih kental. Untuk menghindari salah makan saus, lebih baik membuatnya sendiri dan mengganti tepung terigu dengan tepung maizena. Kedua tepung tersebut dapat digunakan untuk mengentalkan saus.

· Daging Olahan
Jika Anda ingin mengonsumsi daging, hindari daging yang dimasak dengan menambahkan tepung untuk merekatkannya dengan bahan lain. Contohnya beef burger patty maupun bakso.

4. Cari Makanan Alternatif sebagai Pengganti Makanan yang Mengandung Gluten

Sebenarnya, banyak makanan alternative sebagai pengganti makanan yang mengandung gluten yang mudah ditemukan. Jika Anda mengonsumsi roti untuk mendapatkan karbohidrat, Anda dapat menggantinya dengan nasi, kentang, atau manfaat jagung. Anda juga tetap boleh mengonsumsi makanan berprotein seperti daging dan ikan, serta makanan sehat lainnya seperti buah-buahan, sayuran, dan produk-produk yang terbuat dari susu. Namun Anda juga harus memperhatikan dari mana makanan itu berasal. Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan dalam bentuk yang masih utuh, bukan produk olahan maupun kalengan karena dikhawatirkan ada bahan tambahan lain yang mengandung gluten.

By Nida Saripah - Penyakit Selasa, 20 Desember 2016 08:17:10

Related Post :
Tips
Tata Cara Menggunakan Obat…

Tata cara menggunakan obat…

Ibu Hamil
Jangan Panik! Inilah Cara…

Jangan panik bunda! Berikut…

Tips
Cara Pencegahan yang Tepat…

Setiap orangtua pasti memiliki…

Obat Kimia
Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal…

Pengobatan penyakit gagal ginjal…

Penyakit
Mengenal Perbedaan Eksim Kering…

Berikut adalah perbedaan eksim…

Kesehatan
8 Langkah Yang Bisa…

Ada delapan langkah yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Sariawan Dan Penyebabnya

Informasi tentang jenis-jenis sariawan yang…

Penyakit
Ini Perbedaan Miom Dan Kista Ovarium Yang Masih Jarang Diketahui

Berikut adalah berbagai perbedaan miom…

Penyakit
Komplikasi Radang Amandel Dan Pasca Operasi Amandel

Komplikasi radang amandel dan pasca…

Kirim Pertanyaan
Top