Kebutuhan Vitamin Dan Mineral Bagi Ibu Hamil

Share dan Tag Temanmu di :

Selama masa kehamilan, ibu hamil harus menjaga kesehatannya dan menjaga kesehatan janin. Sehingga ibu hamil disarankan menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Bahkan sangat disarankan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral.


Selama masa kehamilan, umumnya akan terjadi  peningkatan kebutuhan vitamin dan mineral. Mengkonsumsi makanan seperti sayuran, buah, daging, ikan, susu dan kacang-kacangan dipercaya dapat menambah asupan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh ibu hamil. Hanya saja selama masa kehamilan, ibu tetap waspada agar ibu dan bayi yang dikandungnya tidak kekurangan nutrisi utama. Untuk itu diperlukan adanya konsumsi suplemen tambahan yang bisa didapatkan dari :

Zat Besi

Proses kehamilan pada umumnya akan menguras cadangan zat besi dari tubuh ibu hamil. Kekuarangan zat besi ini dapat menyebabkan bayi terlahir prematur dengan berat badan lahir rendah (BBLR).

Sumber zat besi yang dapat dikonsumsi ibu salah satunya adalah daging merah yang kaya dengan protein dan zinc, alternatif lain bisa dengan konsumsi daging ayam dan ikan. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi, ibu hamil disarankan untuk menambahkan jus buah atau makanan lain yang kaya dengan vitamin C pada menu makanannya.

Asam folat

Adalah salah satu senyawa dalam vitamin B yang sangat diperlukan untuk perkembangan dan pertumbuhan organ bayi. Asupan asam folat bagi ibu hami sangat penting untuk mencegah bayi terlahir cacat secara fisik.

Secara alami, asam folat bisa didapatkan dari mengkonsumsi makanan seperti sayuran hijau, nasi dari beras cokelat, kacang-kacangan dan buah jeruk.

Yodium

Merupakan salah satu mineral penting bagi ibu hamil., karena sangat penting untuk produksi kelenjar tiroid,mengatur suhu tubuh, tingkat metabolisme, reproduksi, pertumbuhan dan produksi sel darah dan saraf serta fungsi otot. Kekurangan yodium saat kehamilan dapat menyebabkan gangguan perkembangan keterampilan motorik dan pendengaran.

Vitamin D

Saat kehamilan, vitamin D dibutuhkan untuk membentuk tulang pada bayi dan menjaga tulang ibu selama masa kehamilan agat tetap sehat. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D adalah minyak ikan, margarin dan bisa juga didapatkan melalui sinar matahari.

Vitamin C

Sangat penting untuk pembentukan kolagen dalam pembuluh darah.

Kalsium

Asupan kalsium sangat diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi bayi yang sedang dikandung. Makanan yang tinggi kalsium diantaranya adalah ikan sarden, sereal, buah kering, roti, almod, tahu dan sayuran berdaum hijau.

Serat dan Cairan

Kombinasi asupan serat dan cairan yang baik akan mencegah terjadinya masalah pencernaan pada ibu hamil.

Suplemen kehamilan terbaik

Yang merupakan pelengkap kebutuhan pada ibu hamil, bukan sebagai pengganti, sehingga sangat tidak disarankan jika ibu hamil hanya mengkonsumsi suplemen pelengkap tanpa mengkonsumsi asupan mineral dan vitamin lainnya.

Demikian informasi mengenai kebutuhan vitamin dan mineral bagi ibu hamil. Jadi, ibu hamil harus mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin juga mineral.

By Rizka Ardiana - Ibu Hamil Selasa, 20 Desember 2016 08:46:31

Related Post :
Kulit
Fungsi Suplemen Pelindung Kulit…

Squalene merupakan sebuah senyawa…

Kesehatan
Cara Mencegah Menopause Dini…

Cara mencegah menopause pada…

Kesehatan
Fakta Dan Anggapan Umum…

Meski saat ini makanan…

Alami
Obat Fistula Ani Tradisional…

Selain melalui prosedur operasi,…

Kesehatan
Manfaat Lain Tisu Basah…

Tisu basahkini tidak hanya…

Penyakit
Mengenal Gejala Blefaritis Atau…

Mengenal tanda dan gejala…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Begini Cara Mencegah Preeklampsia Ringan Dan Berat Saat Hamil

Begini cara mencegah preeklampsia ringan…

Ibu Hamil
Mengetahui Gejala Penyebab Keputihan Pada Ibu Hamil

Mengetahui gejala penyebab keputihan pada…

Ibu Hamil
Kirim Pertanyaan
Top