Mengenal Gejala dan Penyebab Lichen Planus

Share dan Tag Temanmu di :

Mengenal Gejala dan Penyebab Lichen Planus

Gejala lichen planus dapat menyerang beberapa bagian tubuh manusia. Termasuk bagian tubuh yang sangat penting atauh vital. Oleh karena itu penyakit ini tidak boleh dianggap spele. Terlebih penyakit ini dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Selain mengobatinya, kita pun harus tahu apa penyebabnya.  Meski demikian banyak perdebatan karena sampai saat ini belum diketahui apa penyebab yang pasti dari lichen planus.


Akan tetapi ada dugaan jika lichen planus itu ada hubungannya dengan gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Serta dugaan terhadap respon yang tak normal dari sistem kekebalan tubuh kita. Akibatnya produksi protein yang berlebihan tentu sebagai bahan buat antibodi. Akhirnya protein yang berlebih tersebut memicu timbulnya reaksi serta gejala-gejala yang menunjukan lichen planus.

Ada beberapa kondisi medis, faktor risiko dan penyakit jenis lain namun dapat memicu timbulnya lichen planus. Diantaranya penyakit vaksin flu, infeksi hepatitis c, vaksin hepatitis b, obat anti inflamasi non steroid seperti ibuprofen. Beberapa pigmen,loga dan zat kimia. Serta beberapa obat buat hipertensi, arthritis atau penyakit jantung. Terakhir bisa juga karena obat malaria.

Lichen planus dapat diketahui juga melalui proses yang dilakukan oleh dokter. Langkah atau proses yang dimaksudkan karena ada proses identifikasi oleh dokter terhadap penyakit atau kondisi pasien. Identifikasinya dapat dilakukan dengan penjelasan dari pasien terhadap munculnya gejala atau tanda-tanda klinisnya.  

Dokter dapat melakukan langkah diagnose diantaranya sebagai berikut pertama, pemeriksaan fisik. Dokternya bisa melakukan diagnosis lichen planus didasarkan pada karakteristik ruam-ruam pada kulit pasien. Kedua, dokter bisa mendiagnosa melalui biopsi. Proses ini melakukan identifikasi dengan membawa sampel pada kulit penderit lichen planus. Biospsi biasanya membutuhkan penelitian lebih lanjut di laboratorium. Hal ini dilakukan karena dokter tak yakin dengan hasil pemeriksaan fisiknya.

Ketiga, diagnose melalui tes hepatitis c. tes hepatitis ini dilakukan dengan mengecek darah penderita. Darahnya akan diuji agar melihat apakah penyakit hepatitis menjadi sebab timbulnya lichen planus. Keempat, tes alergi. Tes ini dilakukan untuk mencari kepastian terkait zat apakah yang dapat memicu timbulnya lichen planus. Si penderita akan disarankan oleh dokter untuk melakaukan tes alergi ini.

Pengobatan untuk meredakan gejala-gejala klinis tersebut dapat dilakukan. Namun lichen planus sebenarnya tidak dapat diobati. Lichen planus yang ringan dapat bertahan berbulan bulan bahkan bisa bertahun-tahun. Kemudian dapat bertahan secara sendirinya atau spontan. Namun lichen planus juga dapat diobati dengan obat kortikosteroid, retinoid, krim non steroid, antihistamin dan terapi penyinaran.

By Ana Rediana - Penyakit Selasa, 20 Desember 2016 15:02:36

Related Post :
Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Daging…

Mengetahui kandungan nutrisi lengkap…

Kesehatan
Dampak Mengonsumsi Buah Nangka…

Nangka merupakan buah yang…

Manfaat
Manfaat Viostin DS Untuk…

Manfaat viostis DS (Double…

Tips
Tips Ampuh Cegah Flu…

Penyakit flu unta atau…

Manfaat
Buah Buahan Sebagai Obat…

Buah-Buahan Sebagai Obat Kolesterol…

Kesehatan
Mengenali Perbedaan Trigliserida dan…

Mengetahui perbedaan trigliserida dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih

  • Kesehatan

    1 Balasan

    Penyakit

    apa qnc dpt menyembuhkan benjolan di vagina

  • konsultasi

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat


Penyakit
Ketahui Komplikasi Penyakit Radang Panggul

Radang panggul merupakan infeksi organ…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasi Rabun Dekat

Informasi tentang rabun dekat serta…

Penyakit
Gejala Dan Perkembangan Tahapan Penyakit HIV Menjadi AIDS

Gejala dan perkembangan tahapan penyakit…

Kirim Pertanyaan
Top