Metode Pengobatan Kanker Lambung

Share dan Tag Temanmu di :

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk penyembuhan kanker lambung. Hanya saja metode yang digunakan harus disesuaikan dengan tingkat keparahan dan kondisi kesehatan pasien itu sendiri. Untuk pasien kanker lambung dengan tingkat keparahan yang tinggi, umumnya pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk membuat pasien senyaman mungkin. Minimal dengan mengurangi rasa sakit yang dirasakan pasien.


Dalam dunia medis ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk penyembuhan kanker lambung. Hampir semua metode itu bertujuan untuk membunuh sel kanker sampai ke akar-akarnya bagi para penderita. Diantaranya adalah :

Operasi

Jenis operasi yang dilakukan adalah berdasarkan tingkat keparahan kondisi pasien. Apabila kanker lambung yang di derita pasien masih merupakan tahap awal dan masih berkembang di dinding lambung, maka operasi yang dilakukan adalah dengan prosedur yang disebut dengan istilah reseksi endoskopi. Prosedur pada metode ini membuat dokter tidak perlu melakukan pembedahan. Cukup dengan memasukan alat yang sudah dilengkapi kamera ke dalam lambung pasien melalui mulut dan kerongkongan. Alat tersebut berfungsi untuk mengangkat sel kanker dari lambung pasien dan menyisakan jaringan yang masih sehat.

Selain prosedur reseksi endoskopi, dikenal juga istilah prosedur gastrektomi parsial yang juga hanya dapat dilakukan untuk pasien kanker lambung dengan tingkat keparahan yang masih rendah.

Berbeda dengan prosedur reseksi endoskopi, prosedur gastrektomi parsial ini mengharuskan dokter membedah perut pasien untuk mengangkat bagian lambung yang terinfeksi kanker. jika diketahui kanker telah menyebar ke bagian tengah dan atas lambung pasien, maka prosedur yang digunakan adalah gastrektomi total. Pada prosedur ini dokter akan mengangkat seluruh lambung pasien dan langsung menghubungkan usus halus dengan ujung saluran kerongkongan. Untuk mencegah kanker datang kembali, dokter juga akan melakukan pengangkatan kelenjar getah bening yang diduga sudah digerogoti oleh kanker.

Radioterapi

Metode pengobatan dengan radioterapi ini dilakukan dengan menggunakan pancaran energi radiasi yang bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker. Radioterapi ini umumnya dilakukan untuk pasien kanker lambung dengan stadium yang tinggi dengan gejala pendarahan.

Pengobatan dengan metode radioterapi ini umumnya secara rutin dilakukan setiap minggi. Dalam satu minggu biasanya ada lima sesi pengobatan. Masing-masing sesi berlangsung selama beberapa menit. Batas waktu pengobatan dengan metode ini bergantung pada tingkat keparahan pasien.

Kemoterapi

Seperti pengobatan kanker pada umumnya, kemoterapi juga dilakukan untuk membunuh sel-sel kanker dengan pemberian beberapa obat-obatan yang bisa berupa tablet atau cairan infus yang dilakukan sebelum operasi.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Rabu, 21 Desember 2016 08:12:31

Related Post :
Penyakit
Penyebab Gejala Neuropati Perifer…

Penyebab gejala neuropati perifer…

Kesehatan
Jenis-jenis Jamu Gendong dan…

Berbagai macam jenis jamu…

Kesehatan
Tak Disangka! Ternyata Keputihan…

Tidak selalu membahayakan, ternyata…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Untuk Penyakit…

Obat antibiotik untuk penyakit…

Alami
Ini Dia Alasan Mengapa…

Jamu merupakan tanaman herbal…

Kesehatan
Obat dan Makanan Ini…

Sebelum mengonsumsi obat, kita…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Manfaat Terapi Bekam Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat terapi bekam untuk kesehatan…

Kesehatan
Pantangan Makanan Penderita Maag Yang Harus Di Hindari

Pantangan makanan bagi penderita maag…

Kesehatan
Pantangan Dan Jenis Makanan Yang Baik Untuk Diabetes

Pantangan dan jenis makanan yang…

Kirim Pertanyaan
Top