Kenali Tanda dan Gejala Keracunan Makanan

Share dan Tag Temanmu di :

Kenali Tanda dan Gejala Keracunan Makanan

Kemungkinan dari sebagian Anda yang pernah keracunan oleh makanan. Keracunan makanan merupakan suatu keadaan yang timbul akibat mengkonsumsi makanan. Namun sebelumnya makanan itu sudah terkontaminasi oleh organisme menular. Organisme menular diantaranya seperti virus, parasit dan bakteri. Selain itu keracunan makanan bisa timbul karena ada racun yang dikeluarkan dari makanan. Kontaminasi bisa terjadi pada waktu makanan tengah diproses. Bisa muncul juga pada saat makanan itu dimasak secara tidak benar.


Kontaminasi yang biasanya terjadi ada pada kasus keracunan makanan biasanya disebabkan oleh bakteri misalnya seperti campylobacter, Escherichia coli, listeria, salmonella dan shigella. Jika oleh virus misalnya rotavirus dan norovirus. Selain itu disebabkan oleh parasit misalnya cryptosporidium, giardia dan entamoeba histolytica. Berikut ini merupakan beberapa contoh makanan yang mudah terkontaminasi apabila tidak disimpan, diolah dengan baik atau tidak ditangani dengan baik. Makanan itu diantaranya daging mentah, makanan siap saji seperti potongan daging matang, roti isi kemasan dan keju lembek. Terus telur mentah dan kerang-kerangan mentah.

Keracunan makanan juga dapat dilihat dari gejalanya. Gejalanya dapat dimulai beberapa waktu sesudah makan sampai tiga hari sesudah mengkonsumsi makanan yang tekontaminasi. Gejala yang biasanya terjadi antara lain merasakan mual serta muntah-muntah. Mengalami sakit atau kram perut serta diare. Keracunan makanan dapat disebabkan beberapa hal diantaranya tak menyimpan makanan dengan suhu yang tepat. Contohnya tidak disimpan di kulkas, terutama produk daging serta produk olahan susu. Selanjunya tidak memasak makanan secara merata. Misalnya masak yang tidak rata terhadap makanan burger, sosis dan daging unggas.

Kemudian penyebab keracunan makanan bisa juga terjadi karena meninggalkan makanan matang di ruangan dengan suhu hangat yang terlalu lama. Mengkonsumsi makanan yang sudah melewati waktu daluwarsanya. Ada juga kontaminasi silang. Contohnya seperti pemakaian pisau pemotong daging mentah yang ternyata dipakai untuk mengiris roti. Menyimpan daging mentar di atas makanan siap makan juga menjadi kontaminasi silang. Karena cairan dari daging menetes ke makanan siap makan tersebut. Penyebab keracunan makanan juga bisa terjadi karena ada orang yang sedang sakit atau bisa juga tangan kita sedang kotor menyentuh makanan.

Keracunan makanan ini bisa diobati dengan pengobatan biasa. Artinya kebanyakan kasus pada keracunan makanan tida perlu harus diobati secara khusus. Agar gejala yang terjadi reda maka Anda dapat beristirahat secukupnya atau minum banyak cairan. Hal ini dikarenakan apabila mengalami dehidrasi maka gejalanya akan bertambah parah serta masa pemulihannya akan memakan waktu lama.

By Ana Rediana - Kesehatan Rabu, 21 Desember 2016 14:29:48

Related Post :
Alami
Luar Biasa! Bahan Dapur…

Tak hanya bisa menambah…

Kesehatan
Obat Alami Menghilangkan Keloid…

Obat alami menghilangkan keloid…

Kesehatan
Makanan Yang Harus Dihindari…

Makanan yang harus dihindari…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Untuk Penyakit…

Antibiotik adalah jenis obat…

Manfaat
Manfaat Kapsida Kembang Bulan…

Informasi harga dan manfaat…

Daun
Segudang Kebaikan Manfaat Daun…

Berikut adalah khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Ini Penyebab Anyang-Anyangan Pada Wanita Yang Berkepanjangan!

Ini penyebab anyang-anyangan pada wanita…

Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Dalam Keadaan Mentah

Sangat penting untuk mengetahui makanan…

Kesehatan
Waspada! Penyakit Ini Rentan Dialami Pemain Sepakbola

Bermain sepakbola memang menyenangkan dan…

Kirim Pertanyaan
Top