Mengenal Kebutuhan Kalori Sebagai Kunci Berat Badan Sehat

Share dan Tag Temanmu di :

Apakah Anda sudah tahu pasti penyebab berat tubuh kita akan bertambah? Yupss, berat badan akan semakin bertambah apabila Anda mengkonsumsi kalori yang lebih banyak dibandingkan dengan kalori yang dibakar oleh tubuh. Kalori ialah takaran energi pada makanan. Kunci berat badan sehat ialah mengetahui seberapa banyak kandungan kalori pada makanan yang kita konsumsi. Sehingga bisa disesuaikan dengan jumlah energi yang dibakar oleh badan kita.


Pada dasarnya setiap tubuh memerlukan energi dari kalori dalam makanan buat bisa beraktivitas. Biasanya rata-rata perempuan memerlukan sekitar 2000 kilo calori per hari. Sementara rata-rata laki-laki membutuhkan 2500 kilo calori. Akan tetapi, jumlah kalori yang diperlukan tiap orang berbeda-beda tergantung kepada, berat tubuh, tinggi serta tingkat keaktivitan mereka. Banyak faktor-faktor yang bisa mempengaruhi jumlah kalori yang dibakar tubuh pada waktu beraktivitas fisik. Faktornya di antaranya ialah usia serta jenis kegiatan yang dilakukan. Contohnya pada saat bersepeda akan semakin banyak membakar kalori dibandingkan berjalan santai.

Apabila tidak digunakan sebagai bahan bakar maka kalori yang kelebihan akan disimpan dalam badan sebagai lemak.  Intinya kalori yang pas bisa berfungsi sebagai bahan bakar tubuh. Oleh karena itu, harus bisa menghitung kalori. Protein, lemak serta karbohidrat ialah jenis nutrisi mengandung kalori. Setiap gram lemak rata-ratanya mengandung Sembilan kalori. Sementara protein serta karbohidrat rata-rata mengandung lima kalori. Sedangkan kalori di dalam makanan kemasan umumnya bisa dilihat dari label nutrisinya. Biasanya tercantum di bagian belakang kemasannya. Data tersebut bermanfaat untuk memastikan agar Anda  tidak mengkonsumsi kalori  yang berlebihan. Satuan yang digunakan biasanya ialah kilo calori dan kilo joules.

Anda dapat dengan mudah membandingkan kadar kalori dalam beberapa produk berbeda-beda. Hal ini dikarenakan label yang tertera biasanya akan menuliskan kadar kalori yang terkandung dalam makanan kemasannya. Umumnya per  100 mili lite ratau 100 gram. Namun mesti diwaspadai ialah pada saat pada label itu tidak tertulis jumlah kalori yang jelas. Bahkan tidak ada ukuran standar  yang bisa dijadikan patokan jika dalam kemasan tersebut tidak jelas kalorinya.

Kalori yang sangat berlebihan dalam badan kita memiliki arti bahwa berat tubuh kita akan melebihi ukuran idealnya. Jika sudah terlanjur ukuran berat tubuh tidak ideal maka solusinya berolahraga serta merubah pola makan. Apabila dalam seminggu Anda mengkonsumsi minuman serta makanan yang mengandung total sepuluh ribu kalori. Maka Anda juga memerlukan pembakaran sepuluh ribu kalori.

By Nida Saripah - Kesehatan Kamis, 22 Desember 2016 08:04:51

Related Post :
Kesehatan
Selain Enak Menu Khas…

Makanan khas Indonesia memang…

Manfaat
Manfaat dan Kandungan Umbi…

Manfaat dan kandungan umbi…

Penyakit
Metode Terapi Parkinson Secara…

Metode terapi parkinson secara…

Kesehatan
Efek Buruk Dari Olahraga…

Berolahraga secara rutin dapat…

Kesehatan
Salah Posisi Angkat Beban…

Kebiasaan salah posisi angkat…

Kesehatan

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?

  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi


Kesehatan
Ini Pantangan Makanan Untuk Penderita Tekanan Darah Rendah !

Berikut adalah berbagai jenis pantangan…

Kesehatan
Pantangan Makanan Penderita Luka Diabetes Yang Perlu Di Hindari

Pantangan makanan penderita luka diabetes…

Kesehatan
Alasan Mengapa Seseorang Harus Melakukan Cuci Darah

Cuci darah merupakan salah satu…

Kirim Pertanyaan
Top