Infeksi Cacing Pita Pada Manusia, Penyebab, Serta Cara Mencegahnya

Infeksi Cacing Pita, Penyebab, Serta Cara Mencegahnya

Cacing pita atau cestodes bisa masuk ke tubuh siapa saja dan menyebabkan infeksi. Cacing yang panjangnya bisa sampai 9 meter ini memiliki tekstur tubuh rata, mirip pita, serta mempunyai ruas-ruas pada tubuhnya. Salah satu penyebab terjadinya infeksi cacing pita adalah mengonsumsi makanan atau air yang mengandung telur atau larva cacing pita. Larva atau telur cacing yang masuk dalam sistem pencernaan bisa menyebabkan infeksi usus. Sementara telur cacing yang berhasil keluar dari saluran pencernaan bisa masuk ke orang atau jaringan tubuh yang menyebabkan infeksi invasif.



Infeksi cacing pita yang terjadi di usus tergolong ringan. Sementara infeksi yang bersifat invasif memungkinkan untuk bermigrasi keluar saluran pencernaan dan bisa membahayakan. Lalu apa gejala orang yang terinfeksi cacing pita? Pada umumnya, orang dengan infeksi usus akibat cacing pita mulanya tidak merasakan gejala apapun. Namun lama-lama, gejala yang dirasa diantaranya lemah, mual, sakit perut, hilang nafsu makan, turun berat badan, diare, serta menurunnya kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi makanan.

Gejala infeksi invasif biasanya berupa demam, reaksi alergi, timbulnya benjolan atau kista, infeksi bakteri, serta gejala gangguan syaraf seperti kejang-kejang. Gejala ini memungkinkan terjadinya kerusakan pada jaringan dan organ tubuh. Mereka yang menderita infeksi usus yang diakibatkan cacing pita, kepala cacing pita menempel pada dinding usus, sedangkan bagian tubuh bertambah panjang serta terus memproduksi telur.

Karena cukup membahayakan, infeksi cacing pita perlu diatasi. Untuk mengetahuinya, diperlukan adanya pemeriksaan tinja di laboratorium. Area anus juga akan diperiksa untuk mencari keberadaan telur maupun larva cacing pita. Selain uji lab, keberadaan infeksi cacing pita bisa diperksa dengan CT-Scan, Sinar-X, Ultrasound, maupun MRI. Pemeriksaan lainnya bisa dengan tes darah maupun tes fungsi hati.

Infeksi cacing hati bisa diobati dengan obat oral. Obat tersebut membasmi cacing lalu dikeluarkan bersama tinja. Namun, jika cacing pita yang ada dalam tubuh sudah besar, penderita kemungkinan akan mengalami kram perut saat proses pengeluaran cacing pita tersebut. Praziquantel, nitazoxanide, dan albendazole merupakan obat cacing yang banyak digunakan. Mengenai obat mana yang diberikan, tergantung dari jenis cacing pita yang ada dalam tubuh serta tergantung lokasi terjadinya infeksi.

Untuk mencegah penyebaran cacing pita, lakukan hal-hal berikut ini. Diantaranya dengan membiasakan mencuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum makan dan masak. Untuk mematikan telur cacing pita pada daging sebaiknya bekukan daging pada suhu -20 derajat celcius minimal selama 24 jam. Selain itu, cuci sayur dan buah sebelum dimakan.

Jika Anda merasa sedang terinfeksi cacing pita karena memiliki gejala yang telah kami sebutkan di atas, maka segera periksakan diri ke dokter.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Tips Kamis, 28 April 2016 08:44:21

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?

  • Tips Mencegah Agar Asma Tidak Kambuh Lgi

    1 Balasan

    Tips

    Selamat pagi, saya merupakan seorang penderita asma akut dan kini sedang menjalani berobat jalan di salah satu pusat kesehatan. Namun, meski begitu asma saya sering kali timbul secara tiba-tiba. Adakah…


Tips
Cara Mengatasi Bayi Yang Susah Buang Air Besar

Cara mengatasi susah buang air…

Tips
Tambah Pertanyaan
Top