Khasiat Dan Manfaat Daun Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Sudahkah anda mengenal sekaligus mengetahui khasiat dan manfaat daun belimbing wuluh? Jika belum, berarti anda anda patut menyimak informasi berikut ini. Karena tanpa anda ketahui sebelumnya, ternyata daun belimbing wuluh memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan.


Belimbing wuluh memiliki nama latin Averrhoa Bilimbi L. Buah yang sering kali kita kenal dengan nama belimbing sayur, merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki rasa asam. Namun meski demikian, buah yang memiliki warna hijau pucat ini berbeda dengan bentuk buah belimbing pada umumnya, bahkan belimbing sayur ini sering kali di gunakan sebagai salah satu bahan campuran pembuatan sayuran karena rasa asam segar yang dimilikinya.

Selain dari pada itu, berbagai kandungan vitamin dan mineral di dalamnya pun sangatlah baik untuk kesehatan anda. Terutama kandungan vitamin C yang sangat terkenal untuk mengatasi permasalahan kesehatan seperti mengobati sariawan, antioksidan, antikanker, menjaga daya tahan tubuh dan lainnya.

Selain buahnya, ternyata daun belimbing wuluh juga memiliki manfaat yang tak kalah luar biasa dengan buahnya. Dan berikut ulasannya.

Manfaat daun belimbing wuluh bagi kesehatan serta cara pengolahannya

Beragam manfaat daun belimbig wuluh bagi kesehatan bisa anda petik sekarang juga dengan menyimak informasi berikut ini.

1. Mengobati rematik
Jika anda kini sedang mengalami rematik, anda dapat menjadikan daun belimbing wuluh ini sebagai solusi alternatifnya. Caranya, cuci bersih daun belimbng wuluh terlebih dahulu. Setelah itu, tumbuhk daun hingga halus. Tambahkan daun kapur sirih ke dalam tumbukan tersebut. Setelah tercampur rata, tempelkan tumbukan daun tersebut pada bagian tubuh yang terasa sakit akibat rematik. Lakukan cara ini secara teratur hingga rasa sakit yang anda alami mereda.

2. Mengobati batuk
Manfaat dari daun belimbing wuluh selanjutnya adalah dapat mengobati batuk yang tengah anda derita. Cara mengolahnya yaitu dengan menyiapkan terlebih dahulu segenggam daun belimbing wuluh, bunga belimbing wuluh dan 2 buah belimbing wuluh. Kesemua bahan tersebut di cuci bersih. Kemudian rebus dengan menggunakan 2 gelas air, dan tambahkan gula batu secukupnya ke dalamnya. Setelah air tersisa setengahnya, angkat dan setelah dingin saring lalu minum ramuan tersebut.

3. Mengatasi demam tinggi
Daun belimbing wuluh juga ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan demam tinggi pada anak mapun dewasa. Caranya sederhana, cukup dengan mengompres penderita demam dengan menggunakan tumbukan daun belimbing wuluh.

4. Mengobati diabetes
Manfaat daun belimbing wuluh untuk diabetes juga patut dan layak untuk di perhitungkan. Meski tidak akan sembuh secara total, namun dengan rutin mengonsumsi manfaat rebusan daun belimbing wuluh maka resistensi yang di alami oleh penderita diabetes akan berkurang. Begitupun dengan gejala-gejalanya akan berkurang.

5. Mengobati pegal linu
khasiat daun belimbing wuluh juga dapat anda manfaatkan untuk mengobati pegal linu. Caranya cukup dengan membalurkan tumbukan daun belimbing wuluh pada bagian tubuh yang terasa sakit.

6. Mengobati gatal-gatal pada kulit
Daun belimbing wuluh juga di yakini dapat mengatasi gatal-gatal pada kulit akibat gigitan serangga, jamur, bakteri serta penyakit eksim, kutu air dan lainnya. Untuk mendapatkan manfaat daun belimbing wuluh untuk kulit ini, caranya cukup dengan mengoleskan tumbukan daun belimbing wuluh pada bagian kulit yang terasa gatal.

7. Mengobati jerawat
Tak hanya mengatasi masalah kulit berupa gatal, tapi juga dapat mengatasi masalah kulit yang mungkin sering kali menurunkan kecantikan anda seperti halnya jerawat. Manfaat daun belimbing wuluh untuk wajah ini patut untuk anda coba. Cara memanfaatkannya pun cukup terbilang simpel. Yaitu hanya dengan mengoleskan tumbukan daun belimbing wuluh pada kulit wajah yang berjerawat.

8. Meredakan peradangan
Rebusan dari daun belimbing wuluh memiliki berbagai manfaat yang baik untuk ksehatan termasuk dapat meredakan peradangan. Hal tersebut di karenakan di dalamnya mengandung sifat antipireutik.

9. Mengobati hipertensi dan darah tinggi
Manfaat daun belimbing wuluh untuk hipertensi atau darah tinggi telah terbukti secara empiris melalui berbagai penelitian yang di lakukan oleh para ahli ksehatan di dunia. Daun belimbing wuluh sendiri memiliki perananan penting dalam melarutkan pembuluh darah di jantung sehingga kinerja jantung dalam memompa darah akan optimal. Seperti yang telah di sebutkan dalam sebuah jurnal yang di terbitkan Nature Publishing Group asal Inggris, Jornal of Human Hypertension yang mana merupakan hasil penelitian dari Departemen Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Klinis, Universitas Umea, Swedia, LH Lindhom, menyebutkan bahwa jika pemberian ekstrak daun belimbing wuluh dengan dosis 33 mg/kg bb dapat menurunkan tekanan darah hingga 46,5-54,5 mmHg.

Adapu untuk cara mengolahnya adalah dengan merebus 10 gram daun belimbing wuluh (tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua), 10 gram daun kepel, dan 5 gram daun sambiloto.  Rebus dengan menggunakan 5 gelas air hingga tersisa hanya 3 gelas air. Setelah dingin, anda bisa mengonsumsinya 3 kali sehari masing-masing 1 gelas. Konsumsi ramuan tersebut secara teratur, dan pada 3 hari pertama anda pun akan merasakan mengalami perubahan.

Nah, itulah beberapa Khasiat dan manfaat daun belimbing wuluh bagi kesehatan serta untuk kulit kecantikan. Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat dari daun belimbing wuluh yang tidak dapat kami uraikan semuanya disini seperti manfaat daun belimbung wuluh untuk kolesterol. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Kamis, 22 Desember 2016 11:27:34

Related Post :
Alami
Kandungan Gizi Buah Kersen…

Kersen, terutama buahnya memiliki…

Kesehatan
Mengenal Gangguan Bipolar yang…

Baru-baru ini Mariah Carey…

Penyakit
Waspada! Ini Berbagai Gejala…

Waspada! inilah berbagai gejala…

Penyakit
Diagnosis Hidradenitis Suppurativa dan…

Hidradenitis Suppurativa merupakan penyakit…

Manfaat
Menakjubkan! Ini Manfaat Sarang…

Sudah sejak lama sarang…

Tips
Tips Mencegah Keriput Saat…

Tips mencegah keriput saat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Lidah Ayam Untuk Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Daun
Daun
Daun Keji Beling Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Daun keji beling dan manfaatnya…

Kirim Pertanyaan
Top