Tips Dan Cara Mengatasi Bingung Puting Pada Bayi

Share dan Tag Temanmu di :

Pada umumnya seorang professional kesehatan tak memberikan rekomendasi pemberian dot terhadap bayi sebelum usia bayi tersebut mencapai 4 hingga 6 minggu. Hal tersebut tujuannya supaya bayi mempunyai kemampuan menyusu yang secara mapan. Begitupun sebaliknya, bayi yang diberikan dot terlalu cepat dari waktunya maka bisa menjadikan bayi tersebut lebih memilih menyusu pada dot dibandingkan menyusu lewat payudara ibunya.


Sehingga akhirnya membuat bayi tersebut mengalami suatu keadaan yang diberi nama dengan nipple confusion atau bingung puting. Seorang bayi yang disebut dengan bingung puting pada saat bayi tersebut kesulitan buat menempelkan putting ke payudara ibunya. Atau kebingungan memasukan puting ke dalam mulut serta mengisapnya karena sebelumya sudah terbiasa dirancang memudahkan bayi buat minum dari pada mengisap puting payudara ibunya. Pada pokoknya, bayi membutuhkan kerja keras untuk mengisap putting ibunya secara massif atau terus menerus supaya air susu ibu dapat mengalir dengan lancar. Terkadang seorang orang tua tidak menyadari jika bayinya tersebut mengalami bayi bingung puting.

Berikut ini cara mengetahui bayi Anda bingung puting atau tidak. Pertama, jika bayi tak membuka mulut secara lebar pada waktu menyusu ke payudara. Sehingga bayi tersebut tak dapat banyak air susu ibu serta puting Ibu akan terasa sangat nyeri juga. Kedua, pada saat menyedot susu, bayi malah mendorong lidahnya sehingga puting ibunya keluar dari mulut bayi tersebut.

Ketiga, bayi malah jadi uring-uringan atau frustasi karena air susu ibu tak langsung keluar karena memerlukan sedotan kurang lebih selama satu atau dua menit sampai air susu ibu itu bisa keluar. Keempat, bayi yang sudah berusia lebih tua dapat mengalami persoalan apabila susu ibunya tak selalu tersedia. Contohnya karena ada perubahan jadwal apabila Ibunya sedang kembali untuk bekerja.

Supaya bayi Anda tidak mengalami kebingungan puting sesudah Ibu memperkanalkan botol dot ke bayinya. Maka ada beberapa tips dan cara mengatasi bingung puting pada bayi yang dapat dilakukan oleh Anda sebagai ibu kepada bayinya. Misalnya berlatihlah cara menyusui yang baik serta pelajari posisi saat menyusui yang bisa dirasakan nyaman oleh bayi. Perteguh tekad Anda agar bisa menyusui tetapi apabila menyusui secara langsung tidak menjadi pilihan maka berupayalah supaya membatasi penggunan dot hanya saat Anda tidak sedang berada di rumah untuk melakukan penyusuan.  Apabila bayi Anda sudah tampak frustasi karena air susu ibu tak tersedia segeralah lakukan upaya dengan memompa payudara supara air susu ibu bisa keluar.

By Nida Saripah - Tips Sabtu, 24 Desember 2016 07:51:25

Related Post :
Tips
Cara Untuk Mengurangi Risiko…

Mengurangi risiko terjangkitnya suatu…

Obat Kimia
Senyawa Asam Borat untuk…

Asam borat atau yang…

Tips
Tips Merawat Rambut Agar…

Wanita yang mengenakan hijab…

Kesehatan
Ini Penyebab Cedera Saat…

Ketahui penyebab cedera saat…

Tips
Tips Usir Stres dengan…

Meskipun terdapat beragam cara…

Kesehatan
Ini Jenis Makanan Yang…

Jenis makanan yang perlu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Mengatasi Darah Tinggi Saat Kambuh

Tips dan cara alami untuk…

Tips
Tips
Kirim Pertanyaan
Top