Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan Beserta Cara Mengolahnya

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun alpukat nyatanya telah banyak di gunakan oleh masyarakat Indonesia terlebih dalam dunia pengobatan. Manfaat daun alpukat untuk darah tinggi salah satunya. Namun selain dari pada itu, ternyata masih banyak manfaat lainnya yang bisa anda petik dari daun ini sebagai media pengobatan tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit lainnya.

Mengenal sedikit tentang alpukat


Tanaman alpukat memiliki nama latin Persea Americana Miller adalah salah satu jenis tanaman asli Meksiko, Amerika Tengah.  Dan pada saat ini, alpukat sedang banyak di budidayakan di beberapa negara tropis seperti Amerika Selatan, Amerika Tengah dan berbagai negara tropis lainnya yang salah satunya adalah Indonesia. Sehingga tak heran jika buah alpukat mudah di temui di negara kita ini.

Bahkan sejak dulu, masyarakat kita selalu menggunakan daun alpukat sebagai salah satu cara menanggulangi penyakit secara tradisional. Anda ingin mengatahui sebenarnya, apa manfaat daun alpukat untuk kesehatan? Jika anda berminat untuk mengetahuinya, anda dapat menyimaknya dalam ulasan singkat berikut ini.

Kandungan dan manfaat daun alpukat untuk kesehatan serta cara pengolahannya


Daun alpukat tak semata memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan jika di dalamnya pun tidak terkandung berbagai zat yang luar bisa pula. Dan perlu anda ketahui, nyatanya daun alpukat memiliki 2 kandungan utama yang sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Yang di antaranya adalah:

  • Polifenol. Adalah sub-kelompok fitonutirien dan kelompok zat kimia yang di temukan dalam tumbuhan. Zat ini memiliki tanda khusus yakmni memiliki gugus fenol dalam molekulnya. Selain pada daun alpukat, kandungan ini juga dapat di temukan dalam bahan alami lainnya seperti teh, bawang, manfaat anggur dan kacang-kacangan tertentu. Polifenol alami umumnya memiliki fungsi  nuntuk melindungi tanaman melawan patogen, parasit dan predator serta sering kali berkontribusi pada rasa dan warna buah dan sayuran.
  • Quertesin. Adalah senyawa kelompok flavonol terbesar yang glukosidanya berada pada angka 60-75%. Kandungan ini di percayai dapat melindungi tubuh dari beberapa penyakit degneratif. Karena dapat menangkal radikal bebas dan meghelat ion logam transisi makanan yang rendah. Rasa pahit yang di miliki oleh daun alpukat berkhasiat sebagai dieureutik  dan menghamnbat pertumbuhan beberapa jenis bakteri seperti staphylococcus sp, pseudomonas sp, escherichea sp,  dan bacillus sp. Selain dari pada itu, kandungan ini juga di percaya berkhasiat dalam pengobatan kencing batu, darah tinggi dan juga sakit kepala. Daun alpukat juga bisa di buat teh, yang mana teh daun alpukat ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan nyeri saraf, nyeri lambung, bengkak saluran pernapasan serta haid tidak teratur.
Untuk mengetahui informasi  lebih jelasnya seputar khasiat dan manfaat daun alpukat bagi kesehatan, simak selengkapnya informasi berikut ini.

1. Manfaat dau alpukat untuk batu ginjal

Di dalam daun alpukat terdapat berbagai unsur dan kandungan zat penting yang memiliki peran dalam menghancurkan batu ginjal seperti alkolid, flavonoid dan saponin. Bahkan selain ampuh untuk menghancurkan batu ginjal, kandungan saponin yang terdapat dalam daun inipun sangat bagus dalam meningkatkan fungsi ginjal.

Cara mengolahnya sendiri yaitu siapkan terlebih dahulu 5-8 lembar daun alpukat yang tua, dan jangan lupa cuci hingga bersih. Setelah itu, rebus dengan menggunakan 1 gelas dan tunggu hingga tersisa setengahnya. Saring air tersebut dan setelah dingin anda dapat mengonsumsinya secara teratur pagi dan sore hari selama 10 hari. Selama itu, batu ginjal akan hancur menjadi serpihan kerikil atau akan muncul buih saat kencing. Setelah kerikil atau buih tersebut keluar maka penggunaan ramuan ini dapat di hentikan.

2. Manfaat daun alpukat untuk darah tinggi

Ramuan air daun alpukat juga berklhasiat untuk mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi. Cara mengolahnya yaitu dengan merebus 5-6 helai daun alpukat tua menggunakan 2 gelas air, Setelah tersisa setengahnya, anda dapat mengangkatnya dan mengonsumsi setelah dingin, Konsumsi ramuan ini secara teratur hingga tekanan darah anda menjadi stabil.

3. Manfaat daun alpukat untuk sakit pinggang

Jika anda kini tengah mengalami sakit pinggang, anda dapat mencoba ramuan dari daun alpukat untuk mengatasinya.

Cara mengolahnya sangat sederhana. Rebus 5 lembar daun alpukat yang teah di cuci bersih menggunakan 1 gelas air. Setelah tersisa setengahnya, anda dapat mengangkatnya. Anda dapat mengonsumsinya secara teratur maksimal selama 5 hari higga sakit pinggang anda mereda.

4. Manfaat daun alpukat untuk meredakan bengkak

Kandungan Querstin di dalamnya juga mampu untuk meredakan pembengkakan di bagian kulit maupun bagian tubuh lainnya. Cara mengolahnya yaitu cukup dengan menumbuk daun alpukat muda hingga halus. Dan letakan pada bagian kulit yang mengalami pembengkakan. Lalu bungkus dengan menggunakan perban dan biarkan selama 2-4 jam.

5. Manfaat daun alpukat untuk sariawan

Caranyanya sangat sederhana. Coba anda gigit daun alpukat hingga halus dan tempelkan pada sariawan anda. Lakukan 3x sehari dan rasakan bedanya.

6. Manfaat daun alpukat untuk haid

Jika anda kini tengah mengalami siklus haid tidak teratur, maka anda dapat memanfaatkan ramuan alami dari daun alpukat ini sebagai alternatif untuk melancarkan haid anda.

Cara mengolahnya yaitu siapkan terlebih dahulu 6 lembar daun aklpukat yang telah di cuci sebelumya, kemudian rebus dengan menggunakan segelas air hingga mendidih. Setelah dingin, anda dapat mengonsumsinya secara teratur. Adapun jika mengunakan daun alpukat kering, anda dapat mengiris daun alpukat kering tersebut terlebih dahulu, kemudian masukkan ke dalam gelas dan seduh menggunakan air panas. anda juga dapat menambahkan satu sendok gula aren ke dalamnya, aduk hingga rata dan minum selagi hangat.

7. Manfaat daun alpukat untuk asam urat

Kandungan baik yang terdapat dalam daun alpukat juga mampu untuk mengatasi asam urat.

Cara mengolahnya yaitu dengan menyiapkan daun alpukat terlebih dahulu kira-kira sebanyak 25 gram. Kemudian potong-potong dan rebus menggunakan 4 gelas air hingga hanya tersisa setengahnya. untuk mengobatio asma urat anda bisa bisa mengonsumsi ramuan ini 3 gelas dalam sehari, masing-masing 1 gelas di pagi, siang dan malam hari yang di minum 1 jam sebelum makan. Adapun untuk pencegahan, anda dapat mengonsumsinya 1 gelas setiap harinya.

8. Manfat daun alpukat untuk lambung

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun alpukat dapat menghambat keruksakan pada luka lambung yang di akibatkan iritasi terhadap tingginya asam lambung dan makanan pedas juga asam. Sehingga daun alpukat ini di percaya dapat mengobati penyakit maag dan asam lambung kronis sekalipun.

Cara mengolahnya sendiri yaitu dengan menggunakan daun alpukat kering. Daun ini kemudian di rajang hingga sangat kecil kemudian menyeduhnya dengan segelas air panas. Minum ramuan ini selagi hangat dan secara teratur.


Selain manfaat daun alpukat bagi kesehatan, masih banyak manfaat daun alpukat lainnya yang tak kalah luar biasa. Seperti halnya manfaat daun alpukat bagi kecantikan wajah, untuk rambut, diet, kesuburan dan lainnya.

Namun meski begitu, anda harus tetap memperhatikan dosis yang tepat dalam mengonsumsi ramuan ini. Jangan sampai mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Karena beberapa peneliti memberikan pernyataan tentang adanya efek samping daun alpukat yang berupa toksisitas, karena beberapa jenis tanaman alpukat mengnadung efek toksik.  Seperti halnya beberapa peneliti menyebutkan bahwa tanaman alpukat guatemala menghasilkan daun yang bisa menjadi racun, tetapi tanaman alpukat meksiko aman. Bahkan dalam beberapa ksus alpukat guatemala, banyak ahli menyatakan bahwa toksisitas hanya mungkin jika daun di konsumsi dalam jumlah yang besar.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampikan seputar manfaat daun alpukat untuk kesehatan beserta cara mengolahnya yang dapat kami sampikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda dalam dunia kesehatan secara herbal nan alami. dan Salam Sehat!

By Nida Saripah - Manfaat Sabtu, 24 Desember 2016 13:06:48

Related Post :
Kesehatan
Cara Sederhana Untuk Mencegah…

Pencegahan asam urat tinggi…

Ibu Dan Anak
Mengetahui Cara Merawat Bayi…

Bayi yang lahir prematur…

Kesehatan
Jangan Berlebihan! Ini Bahaya…

Berikut ini bahaya konsumsi…

Tips
Anda Cukup Kompres Pakai…

Anda cukup kompres pakai…

Alami
Minuman Segar yang Berkhasiat…

Selain obat, ternyata ada…

Kesehatan
Dampak Negatif Mengonsumsi Daging…

Meskipun memiliki rasa yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Khasiat Biji Buah Ketapang Untuk Mengobati Kolesterol

Pohon Ketapang atau yang bernama…

Manfaat
Khasiat Ekstrak Kulit Manggis Mastin Bagi Kesehatan

Khasiat ekstrak kulit manggis memang…

Manfaat
Kirim Pertanyaan
Top