Mengetahui Komplikasi Pada Penderita Penyakit Lupus

Share dan Tag Temanmu di :

Penyakit lupus merupakan penyakit autoimun. Penyakit lupus dibagi menjadi 2 jenis yaitu sistemik lupus eritematosus dan lupus erythematosus. Jenis lupus sistemik lupus eritematosus bisa membahayakan otak, kulit, sendi dan ginjal. Sedangkan jenis lupus erythematosus dapat mempengaruhi kulit saja. Selain mengetahui jenis penyakit lupus, ketahui juga komplikasi penyakit lupus.


Jika ditangani secara baik, gejala penyakit lupus yang ringan atau terkendali tidak akan menghambat aktivitas pasien sehari-hari. Umumnya ketika pasien wanita penderita lupus ini memasuki masa menopause gejala-gejala tersebut akan berkurang. Hanya saja kemungkinan adanya komplikasi yang serius tetap ada. Berikut beberapa komplikasi yang bisa terjadi pada penyakit lupus :

Penyakit Ginjal

Komplikasi yang terjadi pada ginjal disebabkan terjadinya pembengkakan pada kaki atau pergelangan kaki setelah pasien divonis menderita penyakit lupus oleh dokter. Adanya pembengkakan tersebut adalah satu tanda ketidaknormalan pada ekresi cairan. Untuk kasus yang lebih parah, umumnya gejala komplikasi ini ditandai dengan rasa gatal, sakit pada bagian dada, mual dan muntah, frekuensi buang air kecil yang intens, kaki membengkak sertabercamburnya urine dengan darah sehingga pasien akan mengalami gagal ginjal.

Umumnya, penderita lupus yang juga mengalami komplikasi pada ginjal ini juga akan mengalami kondisi hipertensi yang akan menyebabkan serangan jantung maupun stroke. Jika sudah terjadi hal demikian, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan darah secara rutin untuk memonitor kondisi ginjal penderita dan diharuskan untuk meminum obat pengontrol seperti obat imunosupresan.

Penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular adalah istilah umum untuk semua jenis penyakit yang menyerang jantung dan pembuluh darah, misalnya seperti penyakit stroke, serangan jantung, tekanan darah tinggi.

Pada penyakit lupus, selain ginjal yang beresiko terserang komplikasi, jantungpun tidak luput dari kemungkinan komplikasi tersebut. Umumnya terjadi pada penderita lupus karena terjadinya infeksi pada selaput pembungkus jantung. Penebalan pembuluh darah, dan melemahnya otot-otot jantung. Maka dari itu penderita penyakit lupus diperkirakan memiliki resiko 6 sampai 8 kali lebih besar terserang penyakit kardiovaskular ini.

Penyakit Paru-Paru

Pada umumnya, satu dari tiga orang penderita lupus akan mengalami infeksi pada selaput pembungkus paru-paru. Jika komplikasi ini terjadi, pasien akan merasakan sakit saat bernafas sampai batuk berdarah.

Gangguan Peredaran Darah

Pasien lupus yang mengalami komplikasi penyakit ini umumnya akan mengalami gangguan distribusi oksigen dalam darah atau berkurangnya produksi sel darah putih dan anemia.

Gangguan Saraf dan Mental


Penyakit lupus lama kelamaan akan membuat penderitanya mengalami susah dalam berkonsentrasi, cepat lupa, sakit kepala yang sangat parah, memiliki rasa khawatir yang berlebihan dan selalu gelisah. Hal ini disebabkan karena dalam jangka waktu tertentu, penakit lupus dapat melemahkan kerja saraf dan menyebabkan stres pada penderitanya.

By Rizka Ardiana - Penyakit Senin, 26 Desember 2016 08:38:44

Related Post :
Penyakit
Mengetahui Perbedaan Penyakit Epilepsi…

Berikut adalah perbedaan penyakit…

Kesehatan
Tips Mudah dan Cepat…

Selain minum obat, ternyata…

Daun
Manfaat Daun Bangun Bangun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Anda Termasuk Penggemar Seblak…

Meskipun seblak memiliki rasa…

Daun
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Kandungan gizi beserta khasiat…

Kesehatan
Ini Bahaya Penggunaan Minyak…

Waspadai berbagai bahaya dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenal Jenis Kanker Payudara

Kanker payudara biasanya terbagi menjadi…

Penyakit
Metode Histerektomi Untuk Mengatasi Kanker Rahim

Metode operasi histerektomi untuk mengatasi…

Penyakit
Kirim Pertanyaan
Top