Diagnosa dan Pengobatan Kista Ginjal

Share dan Tag Temanmu di :

Diagnosa dan Pengobatan Kista Ginjal

Kista ginjal adalah gangguan pada ginjal yang diturunkan secara dominan autosomal. Berbentuk kantong-kantong berisi cairan yang ada dalam ginjal. Jika tidak ditangani secara tepat, kista ini akan semakin membesar dan mengakibatkan kerusakan ginjal progresif.


Gejala yang umum dirasakan pasien kista ginjal adalah adanya pembengkakan yang terjadi di salah satu atau kedua ginjal yang menimbulkan rasa sakit, terdapat darah dalam urine atau warna urine yang menjadi lebih pekat, adanya batu ginjal, hipertensi dan nyeri yang dirasakan dibagian punggung atau pada sisi tubuh.

Jika merasakan gejala-gejala tersebut hal yang harus dilakukan adalah segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui diagnosanya. Dokter akan menanyakan keluhan-keluhan yang dirasakan pasien dan riwayat kesehatan keluarga pasien. Ini penting karena sebagian besar kasus kista ginjal disebabkan oleh faktor keturunan. Selain itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti :

  • Tes darah

Dokter mengambil sample darah pasien untuk diteliti apakah kista yang terdapat dalam ginjal memberikan pengaruh yang signifikan terhadap fungsi ginjal.

  • Tes urine

Kista ginjal umumnya ditandai dengan adanya protein dalam urine pasien. Sehingga pemeriksaan dengan mengambil sample urine pasien ini penting dilakukan untuk melihat apakah terdapat protein dalam urine pasie atau tidak.

  • Tes pencitraan

Melalui pemeriksaan dengan ultrasound, CT scan dan MRI akan lebih mudah diketahui apakah terdapat kista di dalam ginjal atau tidak.

Jika kista ginjal masih berjenis kista ginjal sederhana atau tidak menyebabkan gangguan fungsi ginjal di dalam tubuh maka tidak diperlukan penanganan khusus. Hanya saja dokter akan menyarankan untuk melakukan tes pencitraan secara rutin untuk memantau perkembangan kista tersebut. Jika muncul tanda-tanda kista ginjal muncul, maka anda bisa melakukan beberapa hal ini untuk menanganinya. Diantaranya adalah :

  • Pemberian acetaminophen untuk meringankan rasa sakit yang dialami pasien.

Lakukan operasi pengangkatan kista jika sakit yang dirasakan terasa sangat menyakitkan. Caranya adalah dengan cara mengeringkan cairan pada ginjal kemudian dinding organ ginjal yang terkena kista akan dipotong dan dibakar.

  • Lakukan pengeringan dan pengisian kista.

Dilakukan dengan memasukan jarum yang berukuran kecil dan panjang dari kulit hingga tembus ke dalam kista untuk proses pengeluaran cairan pada kista. Setelah cairan kista dikeluarkan, untuk mencegah kista agar tidak terbentuk kembali, dokter mungkin akan mengisi kista dengan larutan alkohol. Hanya saja prosedur ini jarang dilakukan karena kista bisa tetap kembali muncul.

By Ana Rediana - Penyakit Senin, 26 Desember 2016 15:10:33

Related Post :
Kesehatan
Catat! Ini Anjuran Makanan…

Harap di catat! Ini…

Kesehatan
Terapi Pengobatan dan Penyembuhan…

Terapi pengobatan dan penyembuhan…

Kewanitaan
Berbahayakah Wanita Mengalami Keputihan…

Keputihan berwarna coklat pada…

Tips
Cara Menjaga Payudara Dari…

Kanker payudara merupakan salah…

Ibu Hamil
Metode Pengobatan Alternatif Yang…

Ketika anda hamil disarankan…

Manfaat
Wow! Inilah Manfaat Buah…

Wow!! inilah kandungan dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit
Penyakit
Mewaspadai Gejala dan Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan

Sakit dada sebelah kanan biasanya…

Kirim Pertanyaan
Top