Mengenal Gejala Penyebab Dan Pengobatan Lipoma

Share dan Tag Temanmu di :

Mengenal lebih jauh tentang lipoma

Mungkin dari sebagian Anda sudah tahu apa itu lipoma. Biasanya kita tidak sadar kalau kita punya lipoma. Lipoma ialah benjolan lemak yang tumbuh namun secara lambat di antara lapisan otot serta kulit. Lipoma dapat bergeser atau bergerak apabila ditekan dengan jari dengan perlahan-lahan. Lipoma biasanya terasa lunak apabila di tekan serta lipoma pada umumnya tidak mengakibatkan rasa sakit pada waktu ditekan.


Lipoma sebenarnya tidak perlu dilakukan perawatan karena umumnya tidak bersifat kanker serta tidak berbahaya. Akan tetapi operasi bisa dilakukan untuk pengangkatan dan pengobatan lipoma apabila lipoma tersebut tumbuh besar serta mulai menimbulkan rasa sakit. Sebagian penderita mempunyai lebih dari satu lipoma serta biasanya yang rentan terkena lipoma ini merupakan seseorang yang paruh baya.  Tanda atau gejala lipoma dapat timbul dibagian manapun. Beberapa gejalanya diantaranya yakni:

  • Pertama, ukuran lipoma umumnya mempunya diameter kurang dari lima centimeter tetapi ukuran lipoma dapat bertambah besar akibat lipoma tersebut dapat tumbuh.
  • Kedua, apabila ditekan memakai jari, lipoma akan terasa lembek dan mudah bergerak.
  • Ketiga, lipoma letaknya berada di bawah kulit serta umumnya timbul di area punggung, leher, paha, perut, lengan atau bahu.
  • Keempat, apabila lipoma tumbuh semakin membesar serta mengandung pembuluh darah yang banyak atau lipoma malah menekan saraf maka akan terasa sakit jika ditekan.

Lipoma memang dapat tumbuh semakin besar serta semakin dalam. Akan tetapi hal tersebut jarang terjadi. Apabila tumbuh benjolan di area tubuh manapun disarankan untuk segera menemui dokter buat dilakukan pemeriksaan serta mendapat penanganan lebih lanjut. Selain lipoma ada juga penyakit lain yang mengakibatkan tumbuhnya benjolan yang berisi cairan biasanya isinya adalah nanah serta berada di bawah kulit yakni kista. Sehingga harus bisa membedakan antara kista dengan lipoma.

Perbedaannya yaitu apabila disentuh lipoma itu berasa lunak sedangkan kista berasa keras, Kemudian lipoma letaknya lebih dalam di bawah kulit sementara kista berada dekat dengan permukaan kulitnya. Terakhir lipoma tak mengakibatkan peradangan pada kulit namun kista dapat menyebabkan kulit berwarna kemerahan serta membengkak.

Sampai sekarang penyebab lipoma  secara pasti belum bisa diketahui, akan tetapi ada beberapa sebab yang dapat meningkatkan risiko seseorang bisa terserang lipoma. Diantaranya yakni adalah faktor genetika yang kemungkinan besar memiliki peran dalam timbulnya lipoma. Meskipun lipoma dapat menimpa orang pada semua usia akan tetapi lipoma lebih sering terjadi pada seseorang yang sudah berusia antara 40 hingga 60 tahun  serta jarang sekali menimpa anak-anak.

Ada beberapa cara untuk perawatan atau pengobatan lipoma. Salah satunya yakni dengan sedot lemak menggunakan selang besar atau jarum. Tujuannya untuk menghilangkan gumpalan lemak. Namun ada alternatif lain yaitu dengan suntik steroid.

By Nida Saripah - Penyakit Selasa, 27 Desember 2016 07:58:31

Related Post :
Kesehatan
Ini Dia Jenis-jenis Jamur…

Berbagai jenis jamur yang…

Ibu Dan Anak
Mengenal Penyakit Trisomi 13…

Adam Fabumi akhir-akhir ini…

Kesehatan
Mengenal Berbagai Gejala Abses…

Informasi tentang abses payudara…

Tips
Resep Obat Ginjal Tradisional…

Resep Obat Ginjal Tradisional…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Mengkonsumsi…

Ketahui manfaat jamur kuping…

Penyakit
Penyebab Gejala Dan Cara…

Diare merupakan suatu kondisi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenal Penyakit Infeksi Virus Campak Lebih Dekat

Campak merupakan infeksi yang disebabkan…

Penyakit
Kenali Penyebab Milia Dan Jenisnya

Kenali penyebab dan jenis milia…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Jantung Dan Gejalanya

Berikut ini adalah berbagai jenis…

Kirim Pertanyaan
Top