Khasiat Dan Manfaat Daun Murbei Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun murbei untuk saat ini mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya. Karena pada umumnya saja kita hanya mengonsumsi buahnya saja yang terasa manis sebagai cemilan. Bagi anda yang belum mengetahui akan informasi ini, yuk kita simak informasi berikut ini.

Mengenal sedikit tentang murbei

Murbei memiliki nama latin morus merupakan salah satu tanaman yang berasal dari China dan tumbuh baik di daerah yang memiliki ketinggian lebih dari 100 meter di atas permukaan laut. Serta banyak memerlukan sinar matahari. Pohon murbei ini kini banyak di budidayakan di lereng-lereng gunung, namun pada tanah yang berdrainase baik, tumbuhan ini pun kadang dapat di temukan tumbuh liar.


Bagi anda yang belum mengenali tanaman yang satu ini sama sekali, kami akan memberikan informasi sedikit tentang ciri-ciri tanaman murbei. Pohon murbei ini bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 9 meter. Memiliki banyak percabangan dan daunnya lebat. Sedangkan cabang muda berbulu halus. Daunnya tunggal dengan letak berseling, bertangkai dan panjannya bia mencapai 4 cm. Helai daun bulat telur sampai berbentuk jantung dengan ujungnya yang runcing, pangkal tumpul, tepi bergerigi, pertulangannya menyirip dan menonjal permukaan atas dan bawah kasar panjang 2,5 -20 cm, lebar 1,5-12 cm dan berwarna hijau.

Sedangkan sifat kimiawi dan efek farmakologis dari daun mubei adalah daun bersifat pahit, manis dingin dan masuk meridian paru dan hati. Sedangkan uahnya bersifat manis, dingin, masuk meridian jantung, hati dan ginjal. Sedangkan kulit dan akarnya bersifat manis, sejuk, masuk meriidien paru, Ranting pahit, netral dan masuk meredien hati.

Dan hampir sama dengan buahnya, daun murbey juga sangat kaya akan akan beberapa kandungan zat kimia dan juga nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berbagai senyawa tersebut diantaranya seperti eugenol, lanaloobenzyl alkohol, butylamine, acetone, trigonelline, cholin, adenin, asa amino, asam folat, copper, zinc, lupeol, betasitosterol, ecdysterone, alfa, betahexenal, cis beta hexenol, rutin, moracetin, scopoline, cislamdahexenol, benzaidehide, asam fumarat, phytoestrogen, mionositol, asam formyltethydrofolik, asam klorogenik, Vit. A, B1, C dan karoten.

Khasiat dan manfaat daun murbei untuk kesehatan


Ada banyak sekali khasiat dan manfaat daun murbei yang nyatanya sangat baik untuk kesehatan. Yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi demam
Ternyata daun murbei memiliki kemampuan untuk mengatasi demam. Cara mengolahnya sendiri cukup dengan mengambil sekitar 50 gram daun murbei, di rebus dengan menggunakan 3,5 gelas air selama 15 menit sampai mendidih. Setelah dingin, anda dapat memeras dan menyaringnya, kemudian minum airnya 3x sehari.

2. Mengatasi malaria
Bagi anda yang kini tengah menderita malaria, anda dapat menggunakan daun murbei untuk mengatasinya. Cara mengolahnya sendiri yaitu dengan menyiapkan terlebih dahulu 50 gram dun murbei segara, kemudian di rebus dengan menggunakan 3 gelas air selama 15 menit atau sampai mendidih. Setelah dingin, anda dapat meminum airnya 2x sehari.

3. Sebagai peluruh air seni
Cara mengolahnya sendiri yaitu dengan merebus sekitar 50 gram daun murbei segar dengan dua gelas air selama 15 menit atau sampai mendidih. Setelah dingin anda dapat meminum airnya 2x sehari.

4. Memperlancar keluarnya ASI
Manfaat dari daun murbei lainnya adalah dapat memperbanyak keluarnya ASI. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Daun murbei di masak sebagai sayur lalu di makan menggunakan nasi.

5. Mengatasi tekanan darah tinggi
Manfaat daun mubei untuk darah tinggi juga patut untuk di perhitungkan. Cara mengolahnya yaitu dengan merebus 15 gram daun murbei segar yang telah di cuci sebelumnya dengan menggunakan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, anda bisa menyaring airnya dan minum 2 kali sehari, pagi dan sore.

6. Mengobati bisul dan radang kulit
Cara mengolahnya yitu dengan menyiapkanterlebih dahulu 1 genggam daun murbei segar. Kemudian cuci bersih dan rebus dengan menggunakan 2 gelas air hingga tersisa hanya setengahnya. Setelah dingin, kemudian saring dan minum airnya secara sekaligus. Rebusan air daun murbei ini juga sangat bermanfaat untuk membersihkan darah jika di minum secara teratur.

7. Mengatasi luka atau borok
Cara mengolahnya yaitu cuci bersih terlebih dahulu daun murbey. Kemudian oleskan minyak kelapa pada permukaannya. Layukan di atas api dan kemudian remas-remas dengan jari tangan. Pakailah daun tersebut untuk menutup luka anda.

8. Mencegah pendarahan dan pembengkakan
Pengobatan China menggunakan daun murbei untuk menyembuhkan luka dan pembengkakan. Penelitian terbaru juga menyatakan bahwa perpaduan antara daun murbei dan daun curcumin dapat di gunakan untuk mengatasi iritasi.

Selain dari pada itu, masih banyak khasiat daun murbei untuk kesehatan seperti diantaranya adalah dapat menjadi terapi penyembuhan diabetes melitus (kencing manis), menurunkan kadar kolesterol jahat, menjaga berat badan, melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit stroke, meredam gejala sariawan, kaya akan kandungan antioksidan dan lainnya.

Sekian infomasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar khasiat dan manfaat daun murbei yang luar biasa bagi kesehatan. Semoga apa yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi anda. 

By Nida Saripah - Daun Selasa, 27 Desember 2016 10:54:11

Related Post :
Manfaat
Manfaat Buah Srikaya Untuk…

Srikaya mungkin jarang ditemui…

Manfaat
Manfaat Dibalik Manisnya Es…

Es krim merupakan salah…

Tips
Tips Agar Tidak Mudah…

Akhir-akhir ini suhu di…

Kewanitaan
Kesehatan
Penyebab Luka pada Penderita…

Mengenali berbagai penyebab luka…

Kesehatan
Waspada! Kondisi Kaki Ini…

Kondisi kaki yang sering…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Jukut Pendul Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut adalah berbagai khasiat dan…

Daun
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Durian Bagi Kesehatan Tubuh

Selain buah durian, ternyata khasiat…

Kirim Pertanyaan
Top