Prosedur Diagnosis Penyakit Celiac Dan Pengobatannya

Share dan Tag Temanmu di :

Mengetahui prosedur diagnosis penyakit celiac

Penyakit celiac merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan reaksi tidak normal dari sistem kekebalan tubuh terhadap senyawa gluten. Penyebab reaksi tidak normal pada sistem kekebalan tubuh tersebut belum diketahui secara pasti.


Namun, beberapa faktor berikut dapat meningkatkan risiko menderita penyakit celiac:

  • Faktor keturunan. Seseorang berisiko menderita penyakit celiac jika anggota keluarga juga mengidap penyakit celiac.
  • Faktor lingkungan. Seseorang berisiko menderita penyakit celiac jika saat masih anak-anak pernah mengalami infeksi sistem pencernaan.
  • Faktor kondisi kesehatan. Seseorang berisiko menderita penyakit celiac jika memiliki penyakit seperti diabetes, gangguan saraf, down syndrome, sindrom Turner, sindrom Sjorgen, dan beberapa penyakit lainnya.

Untuk mengetahui apakah Anda menderita celiac atau tidak, ada beberapa prosedur diagnosis penyakit celiac yang akan dilakukan oleh dokter melihat dari gejala yang dialami, yaitu:

  • Tes fisik. Dilakukan dengan mengetes fisik pasien.
  • Tes darah. Dilakukan dengan mengecek apakah ada peningkatan kadar beberapa zat dalam darah atau tidak yang dapat mengindikasikan reaksi kekebalan tubuh terhadap gluten.
  • Biopsi. Dilakukan dengan mengambil sampel jaringan usus untuk diperiksa di laboratorium.
  • Endoskopi kapsul. Dilakukan dengan memberikan pasien kamera nirkabel seukuran kapsul vitamin, setelah itu pasien menelannya untuk mengambil gambar kondisi seluruh usus kecil.
  • Biopsi kulit.  Dilakukan dengan mengambil sampel kulit
  • DEXA scan. Dilakukan dengan memeriksa kepadatan tulang.

Jika hasil diagnosis positif, yang paling utama disarankan oleh dokter adalah menghindari produk yang mengandung gluten. Selain pada makanan, gluten ditemukan pada obat-obatan, vitamin, bahkan lipstik. Salah satu langkah pengobatan celiac yaitu dengan melakukan diet gluten atau gluten free diet. Gluten free diet dilakukan dengan mengganti makanan yang mengandung protein gluten dengan makanan alternative lain yang tidak mengandung gluten. Meskipun ketika awal dilakukan diet gluten ini akan terasa berat, Namun seiring dengan perkembangan waktu, Anda pasti akan terbiasa dengan pola makan bebas gluten.

Selain melakukan diet gluten, bagi Anda penderita celiac, berhati-hatilah saat membeli obat-obatan atau jenis vitamin yang akan anda konsumsi. Jika ternyata obat-obatan atau vitamin tersebut mengandung protein gluten, sistem kekebalan tubuh akan menyerang senyawa gluten, dan beberapa masalah pencernaan akan muncul lagi. Agar hal buruk tersebut tidak terjadi pada diri Anda, akan lebih baik jika Anda konsultasikan terlebih dahulu makanan atau vitamin yang akan Anda konsumsi.

By Nida Saripah - Penyakit Rabu, 28 Desember 2016 07:51:56

Related Post :
Penyakit
Waspadai Ini Ciri-ciri Tipes…

Waspadai ini ciri-ciri tipes…

Kesehatan
Pantangan Makanan Dan Minuman…

Larangan atau pantangan makanan…

Penyakit
Sering Berkeringat Dingin? Jangan…

Sering berkeringat dingin? jangan…

Penyakit
Diagnosis Dan Pengobatan Kanker…

Diagnosis dan pengobatan kanker…

Kesehatan
Hati-Hati! Ini Bahaya Flu…

Penyakit flu unta atau…

Kesehatan
Dampak Negatif Kurang Tidur…

Tidak hanya dapat membuat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Cara Menangani Penyakit Alzheimer Pada Lansia

Setelah mengetahui cara menangani penyakit…

Penyakit
Waspadai ! 8 Jenis Kanker Ini Dapat Menyerang Wanita

Selain kanker serviks, ada berbagai…

Penyakit
Diagnosis Kanker Hati Dan Tahap Perkembangannya

Diagnosis kanker hati sangat perlu…

Kirim Pertanyaan
Top