Penyebab dan Diagnosa Penyakit Konjungtivitis

Share dan Tag Temanmu di :

Konjungtivitis dapat dikenali dari gejala-gejala yang umum terjadi, yaitu mata berair dan terasa gatal. Jika konjungtivitis disebabkan oleh alergi, terkadang akan muncul lapisan lengket pada bulu mata dan mata berubah warna menjadi merah. Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut silahkan lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui diagnosa dan jenis konjungtivitis apa yang di derita oleh pasien. Hal ini penting mengingat beda jenis konjungtivitis maka beda pula pengobatannya.


Dokter memberikan diagnosa dengan melakukan pemeriksaan pada mata dan menanyakan gejala-gejala yang dialami pasien. Dari sanalah bisa diketahui jenis konjungtivitis apa yang diderita oleh pasien. Jika gejala yang dialami cukup parah, disarankan untuk segera menghubungi oftalmologis atau dokter spesialis mata. Umumnya dokter akan mengambil sample cairan kental dari mata yang terinfeksi untuk dianalisis lebih lanjut.

Gejala konjungtivitis dikatakan parah dan memerlukan pemeriksaan lanjutan, jika :

  • Keratitis, yaitu kornea mata membengkak dan muncul luka terbuka.
  • Iritis, membengkaknya lapisan tengah mata yang menyebabkan pasien mengalami sakit kepala, mata berair dan terasa sakit.
  • Menderita glaukoma akut yang menyebabkan munculnya tekanan pada mata dan rasa sakit.
  • Jika bayi yang baru lahir terkena konjungtivitis infektif, pemeriksaan harus segera dilakukan oleh dokter spesialis mata.

Berdasarkan penyebabnya, konjungtiviti dibagi menjadi beberapa jenis yaitu konjungtivitis alergi disebabkan oleh mata terkena alergen yang menyebabkan terjadinya alergi, konjungtivitis iritasi yang disebabkan karena mata terkena iritasi dari zat-zat kimia yang bisa membuat mata menjadi iritasi. Dan konjungtivitis infektif yang disebabkan oleh infeksi dari virus atau bakteri. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan seseorang terkena konjungtivitis infektif, diantaranya adalah :

  1. Penderita diabetes atau penyakit lain yang membuat sistem kekebalan tubuh jadi menurun. Hal ini dikarenakan seseorang yang sistem kekebalan tubuhnya menurun lebih mudah terkena infeksi.
  2. Berada di tempat yang ramai, di ruang publik yang rentan menjadi tempat infeksi dari virus atau bakteri seperti kereta dan bus.
  3. Anak-anak usia sekolah yang rentan terkena infeksi di sekolah.
  4. Orang tua yang sudah lanjut usia, karena kekebalan tubuhnya sudah menurun.
  5. Sedang mengalami blefaritis. Yaitu peradangan pada sisi kelopak mata yang disebabkan oleh infeksi bakteri.
  6. Baru saja mengalami infeksi saluran pernafasan
  7. Mengkonsumsi obat-obatan yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh, misalnya kortikosteroid atau lebih sering dikenal dengan nama steroid.

By Sri Maryati - Penyakit Rabu, 28 Desember 2016 08:48:42

Related Post :
Penyakit
Bagaimana Cara Mendiagnosis Kanker…

Cara mendiagnosis kanker paru-paru…

Tips
Ngos-ngosan Saat Olahraga Lari?…

Cara mengatur nafas saat…

Tips
Tips Dan Cara Memilih…

Tips dan cara memilih…

Manfaat
Manfaat Strawberry Untuk Menurunkan…

Manfaat strawberry untuk menurunkan…

Kesehatan
Waspadai! Ini Gejala Emfisema…

Mengenal gejala emfisema sejak…

Tips
Tips Menjaga Kesehatan Anak…

Tips menjaga kesehatan anak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit
9 Faktor Penyebab Angin Duduk yang Perlu Diketahui

Mengetahui faktor penyebab angin duduk…

Penyakit
Gejala Diabetes Tipe 1 Dan Cara Mengatasinya

Gejala diabetes tipe 1 memiliki…

Kirim Pertanyaan
Top