Efek Buruk Dari Olahraga Yang Berlebihan

Share dan Tag Temanmu di :

Berolahraga secara rutin dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan memiliki manfaat yang baik juga untuk kesehatan psikologis. Tetapi harus melakukan olahraga sesuai dengan porsinya, tidak boleh berlebihan atau terlalu banyak berolahraga. Karena olahraga yang berlebihan dapat membahayakan bagi kesehatan.


Seseorang dikatakan olahraga yang berlebihan bila dilakukan terlalu sering yaitu hingga beberapa kali dalam sehari, terlalu lama yaitu hingga berjam-jam dan melebihi batas kemampuan tubuh. Padahal terlalu lama dan terlalu sering berolahraga bahkan sampai berkali-kali dalam sehari dapat berefek buruk terhadap tubuh. Waktu olahraga yang tergolong normal adalah 30-50 menit setiap hari.

Efek Buruk Dari Olahraga Yang Berlebihan

Menyebabkan cedera

Efek buruk dari olahraga berlebihan yang pertama adalah mengakibatkan tubuh kelelahan yang berlebihan, maka dapat sangat mudah mengalami cedera. Lebih bahaya sampai keseleo dan patah tulang.

Beresiko terkena gagal jantung

Olahraga berlebihan juga bisa beresiko terkena gagal jantung. Perlu anda ketahui bahwa jantung terdiri dari berbagai otot dan jika melakukan olahraga secara berlebihan dapat menjadikan otot-otot tersebut lemah, maka dapat beresiko terkena gagal jantung. Mungkin telah anda ketahui bahwa gagal jantung termasuk penyakit jantung yang sangat berbahaya.

Sistem imun menjadi lemah

Melakukan olahraga secara berlebihan akan membuat tubuh kelelahan, sehingga menyebabkan sistem imun menjadi lemah. Kondisi tersebut dapat menyebabkan tubuh tidak mampu melawan virus maupun bakteri yang menyerang tubuh. Maka akan lebih mudah terkena flu, penyakit ringan ataupun penyakit berat.

Menyebabkan insomnia atau sulit tidur

Salah satu manfaat olahraga secara rutin dan sesuai dengan porsinya adalah dapat membuat tidur lebih berkualitas. Tapi jika tidak sesuai dengan porsinya atau berlebihan melakukan olahraga maka dapat menyebabkan insomnia atau sulit tidur.

Mengakibatkan depresi

Berolahraga secara berlebihan juga bisa menyebabkan depresi. Hal ini dikarenakan olahraga yang berlebihan dapat membuat tubuh menjadi kelelahan, maka dapat beresiko mengalami depresi parah.

Efek buruk lainnya dari olahraga yang berlebihan adalah menyebabkan kehilangan masa otot, gangguan menstruasi juga gangguan makan seperti bulimia serta anoreksia. Bila anda termasuk orang yang berolahraga secara berlebihan sebaiknya ubahlah cara berolahraganya. Karena jika setiap harinya anda terus melakukan olahraga secara berlebihan maka akan berefek buruk terhadap kesehatan tubuh juga kesehatan psikologis dan mental .

By Rizka Ardiana - Kesehatan Rabu, 28 Desember 2016 11:31:01

Related Post :
Obat Kimia
Baclofen, Obat Kimia Relaksan…

Baclofen, Obat Kimia Relaksan…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Madu…

Berikut adalah khasiat dan…

Manfaat
Menakjubkan! Ini Khasiat Lada…

Tahukah anda apa saja…

Alami
Bahan Alami Untuk Mengobati…

Bagi anda yang sedang…

Kesehatan
Makanan Untuk Membersihkan Paru-paru…

Makanan untuk membersihkan paru-paru…

Manfaat
Mengenal Akar Wangi Dan…

Beragam manfaat akar wangi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Obat dan Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Sebelum mengonsumsi obat, kita harus…

Kesehatan
Fakta dan Bahaya Kerokan yang Harus Anda Ketahui

Meskipun sering dijadikan sebagai salah…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top