Demi Kesehatan Jangan Pernah Pinjamkan Benda Ini

Share dan Tag Temanmu di :

Tinggal satu rumah dengan keluarga, atau satu kost dengan teman membuatmu harus mau berbagi kepada mereka. Dari segi norma kesopanan, berbagi merupakan perbuatan yang baik, seperti berbagi makanan atau minuman. Selain itu, mungkin Anda juga sering saling bertukar pakaian atau benda-benda pribadi lain dengan rekan atau keluarga.


Dalam kehidupan sehari-hari, kegiatan saling meminjamkan sesuatu mungkin merupakan sesuatu yang biasa. Namun, apakah Anda tahu jika bertukar benda pribadi dengan orang lain berisiko menularkan berbagai penyakit ?

Menurut Dr. Ehitney Bowe, seorang dermatologis bersertifikat di New York, dan Philip Tierno, Ph.D., seorang profesor mikrobiologi dan pathologi asal New York mengatakan bahwa Anda harus mengetahui barang-barang apa saja yang tidak boleh Anda pinjamkan pada siapapun.

Lalu, benda-benda apa saja yang tidak boleh dipinjamkan ?

  • Sikat gigi

Sikat gigi merupakan benda pribadi yang sama sekali tidak boleh dipinjamkan. Selama proses penggorokan gigi, akan terjadi kerusakan jaringan bahkan perdarahan gusi. Jika digunakan secara bergantian, maka hal ini akan menularkan berbagai penyakit. Beberapa contoh penyakit yang ditularkan melalui darah adalah HIV, hepatitis B, dan hepatitis C.

  • Sisir

Kurap pada kulit kepala dan kutu rambut adalah gangguan yang sering dialami oleh anak-anak disekitar usia 3-11 tahun. Kurap dapat meninggalkan ruam bulat berwarna kemerahan atau kerontokan rambut. Sedangkan kutu rambut dapat berkembang biak dengan cepat dan membuat kulit kepala terasa gatal. Kurap dan kutu ini dapat dengan mudah menyebar dan menular melalui sisir yang digunakan secara bergantian. Begitu juga dengan penggunaan helm dan topi yang digunakan oleh lebih dari satu orang.

  • Alat cukur

Kulit yang terkelupas dan kemudian mengeluarkan darah adalah risiko yang mungkin terjadi saat seseorang mencukur bulu, rambut, atau jenggot. Itulah sebabnya alat pencukur berisiko mengandung darah yang kemudian dapat menyebarkan penyakit tertentu seperti hepatitis C, jika digunakan secara bergantian dengan orang lain.

  • Sabun

Sabun batang merupakan salah satu media penularan penyakit. Meskipun bermanfaat sebagai pembersih tubuh, namun kuman sangat mudah berkembang pada sabun batang, karena kondisinya yang basah. Agar lebih aman untuk digunakan bersama, maka anda bisa menggunakan sabun cair.

  • Deodoran

Penggunaan deodoran dalam bentuk roll-on dapat menyebabkan tertempelnya berbagai sel kulit dan rambut pada deodoran. Permukaan yang lengket juga berpotensi menjadi sumber penularan berbagai jenis bakteri kulit.

  • Handuk

Handuk yang digunakan oleh lebih dari 1 orang dapat meningkatkan risiko pertukaran kuman diantara orang-orang yang menggunakannya. Selalu bawa handuk sendiri setiap kali akan bepergian atau berolahraga.

Selain beberapa benda diatas, masih banyak benda-benda yang tidak boleh dipinjamkan demi alasan kesehatan, seperti gunting kuku, pakaian, makeup, earphone, dan benda lainnya. Pada dasarnya disarankan untuk menghindari bertukar benda-benda pribadi yang melibatkan kontak langsung dengan kulit dan mukosa, seperti mulut dan mata, termasuk sabun batang serta gelas atau botol minuman. Sebaliknya, jika terdapat barang Anda yang terlanjur digunakan oleh teman, usahakan cuci bersih dengan air hangat untuk membunuh kuman yang mungkin ada. Jadi, pertimbangkan kembali jika Anda ingin meminjamkan benda-benda tersebut.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 28 Desember 2016 13:38:14

Related Post :
Kesehatan
Batuk Respon Tubuh untuk…

Batuk merupakan respon alami…

Manfaat
Ini Manfaat Minyak Jarak…

Apa itu minyak jarak?…

Kewanitaan
Rekomendasi Terapi Pengobatan Penebalan…

Penebalan dinding rahim merupakan…

Tips
Tips Menghilangkan Rasa Malas…

Rasa malas yang di…

Penyakit
Penyakit Kardiomegali Penyebab Gejala…

Apa itu penyakit kardiomegali?…

Manfaat
Kegunaan Daun Kumis Kucing…

Kegunaan daun kumis kucing…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Inilah Jenis-jenis Susu Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Jenis-jenis susu yang baik untuk…

Kesehatan
Bengkak Di Leher? Waspadai 9 Penyakit Ini

Selain gondongan, berikut ini gangguan…

Kesehatan
Nyeri Pada Payudara? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Berikut adalah penyebab nyeri pada…

Kirim Pertanyaan
Top