Dampak Negatif Makanan Cepat Saji Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Makanan saji umumnya mengandung kalori tinggi dengan kandungan nutrisi rendah. Oleh sebab itu, makanan cepat saji biasanya minim berkontribusi untuk kesehatan. Mengonsumsi makanan cepat saji dengan berlebihan juga sangat tidak disarankan karena kandungan nutrisinya rendah dengan kalori berlimpah. Tetapi karena dikenal dengan makanan cepat, murah, dan enak, maka tidak sedikit orang yang menyukainya.


Lalu bagaimana dampak makanan cepat saji untuk kesehatan tubuh? Berikut kami bahas beberapa masalah yang bisa menimpa Anda jika sering mengonsumsi makanan cepat saji.

1.Obesitas. Hitung jumlah karbohidrat dalam makanan cepat saji yang sering Anda konsumsi. Kemudian kombinasikan dengan lemak tak sehat yang diperoleh dari proses menggoreng. Tidak hanya itu, makanan cepat saji juga biasanya kaya gula. Bisa Anda bayangkan bagaimana makanan cepat saji membuat Anda menjadi gemuk?

2.Kurang gizi. Jika Anda memikirkan bagaimana bisa mengenyangkan tubuh, jawabannya adalah dengan mengonsumsi makanan cepat saji. Tetapi jika Anda berpikir kenyang yang disertai dengan tubuh bisa ternutrisi, sebaiknya hindari makanan tersebut karena makanan saji terlalu banyak karbohidrat, gula, lemak, dan garam namun minim vitamin, protein, dan mineral. Jika asupan harian diisi dengan lemak dan karbohidrat, siaplah mempunyai tubuh yang kurang gizi dan rentan terkena penyakit.

3.Masalah pencernaan. Serat yang minim dalam makanan cepat saji bisa menimbulkan konstipasi atau susah buang air besar. Tidak hanya minim serat, sodium yang terkandung dalam makanan cepat saji pun bisa membuat perut terasa begah dan kembung. Hal tersebut mungkin terjadi karena sodium mempunyai kemampuan dalam menahan air.

4.Diabetes. Gula dan karbohidrat dalam makanan cepat saji membuat kadar gula dalam darah melonjak. Hal ini akan membuat produksi insulin ikut melonjak. Lama-lama bisa mengganggu produksi normal insulin sehingga membuka jalan bagi Anda untuk terkena diabetes.

5.Penyakit kardiovaskular. Lemak junuh yang ada pada makanan cepat saji bisa meningkatkan LDL sekaligus menurunkan kadar kolesterol baik atau HDL. Dikombinasikan dengan mengonsumsi garam berlebih bisa meningkatkan tekanan darah dan memperbesar otot jantung. Kolesterol yang tinggi disertai tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama penyakit stroke dan jantung.

6.Gigi mudah rusak. Bakteri di dalam mulut akan menghasilkan asam yang berlebih jika Anda terlalu banyak mengonsumsi gula dan karbohidrat. Asam berlebih membuat enamel gigi mudah rusak. Jika gigi sudah rusak, tidak sedikit penyakit yang akan lebih mudah untuk menghampiri.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Kamis, 29 Desember 2016 07:59:54

Related Post :
Kesehatan
Waspada! Ini Bahaya Dibalik…

Penggunaan cat kuku memang…

Alami
Obat Alami Maag Kronis…

Penyakit maag merupakan sebuah…

Ibu Dan Anak
Tips Ampuh Menghilangkan Kebiasaan…

Tips ampuh menghilangkan kebiasaan…

Manfaat
Manfaat Obat Pereda Nyeri…

Berikut ini beberapa manfaat…

Obat Kimia
Cilostazol Obat Untuk Mengatasi…

Cilostazol obat untuk mengatasi…

Kesehatan
Penyebab dan Cara Mengatasi…

Hidung mampet sering kali…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Waspadai Perilaku Ini untuk Cegah Terjadinya Bunuh Diri

Berkaca dari kasus Jonghyun SHINee,…

Kesehatan
Kesehatan
Cara Cepat Menambah Berat Badan Bayi Dalam Kandungan

Cara menambah berat badan bayi…

Kirim Pertanyaan
Top