Jenis-Jenis Konjungtivitis Berdasarkan Penyebabnya

Share dan Tag Temanmu di :

Konjungtivitis adalah sakit mata akibat peradangan atau infeksi pada selaput mata (conjungtiva). Conjungtiva adalah selaput mata yang transparan (bening) yang melapisi bola mata dan kelopak mata bagian dalam. Konjungtivitis menyebabkan pembengkakan pada mata disertai rasa gatal dan mata berair. Meskipun adanya perubahan pada mata sehingga mata jadi tidak enak dilihat tapi penyakit ini tidak membuat ketajaman mata penderitanya menjadi berkurang. Hanya saja pada salah satu jenisnya, penyakit konjungtivitis ini bisa menular kepada orang lain.


Berdasarkan penyebabnya, konjungtivitis dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah :

Konjungtivitis Infektif


Konjungtivitis infektif terjadi akibat mata terinfeksi oleh virus atau bakteri. Konjungtivitis ini adalah jenis konjungtivitis yang bisa menular kepada orang lain melalui kontak langsung maupun kontak langsung dengan penderita konjungtivitis. Maka untuk menghindari penularan dari penderita konjungtivitis jenis infektif ini adalah dengan tidak berbagi barang yang sama dan menghindari kontak langsung dengan mata penderita. Jika terlanjur bersentuhan dengan penderita konjungtivitas infektif disarankan untuk mencuci tangan yang bersih.

Konjungtivitis jenis ini terjadi karena adanya peradangan pada selaput yang meliputi bagian depan mata atau konjungtiva. Bisa juga disebabkan karena dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu penyakit diabetes atau penyakit lainnya yang berkaitan dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh penderita. Atau yang mengalami peradangan akibat terjadinya infeksi. Penggunaan fasilitas-fasilitas umum yang tidak higienis dan obat-obatan jenis tertentu yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

Konjungtivitis iritasi

Terjadi karena mata terkena zat-zat kimia yang bisa membuat mata menjadi iritasi. Umumnya terdapat dalam sampo, terkena asap atau uap, pemakaian bulu mata yang menggesek bagian konjungtiva dan bisa juga disebabkan karena berenang di kolam dengan air yang mengandung klorin.

Konjungtivitis Alergi


Penyebab konjungtivitis yang disebabkan oleh alergi biasanya berasal dari alergi mata ketika bersentuhan dengan zat yang menjadi penyebab terjadinya alergi atau biasa dikenal dengan istilah alergen. Misalnya ketika mata terkena debu, serbuk sari dan tungau. Hal ini akan membuat sistem kekebalan tubuh akan memberikan reaksi terhadap alergen tersebut sehingga merangsang sel pada selaput lendir mata untuk memproduksi zat histamin. Konjungtivitis yang diakibatkan oleh alergi biasanya menimbulkan rasa gatal pada mata. Adapun gejala lain adalah hidung tersumbat dan bersin-bersin. Jika seseorang menderita alergi terhadap tetes mata, kelopak mata akan terasa perih  dan mata menjadi kering. Berbeda dengan konjungtivitis yang disebabkan oleh virus dan bakteri, konjungtivitis alergi ini tidak menular.

By Sri Maryati - Penyakit Kamis, 29 Desember 2016 13:10:52

Related Post :
Ibu Dan Anak
Jangan Beri Bayi Minum…

Meskipun memiliki banyak manfaat,…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Mengenal khasiat dan manfaat…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Ubi…

Menurut penelitian, ubi ungu…

Ibu Hamil
Begini Cara Mencegah Preeklampsia…

Begini cara mencegah preeklampsia…

Kesehatan
Cara Mengatasi Ejakulasi Dini…

Cara mengatasi ejakulasi dini…

Kesehatan
Kenali Berbagai Penyebab Perut…

Perut terasa panas adalah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih

  • Kesehatan

    1 Balasan

    Penyakit

    apa qnc dpt menyembuhkan benjolan di vagina

  • konsultasi

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat


Penyakit
Waspadai Sakit Maag Penyebab Shinta Muin Meninggal

Jika terus dibiarkan dan tanpa…

Penyakit
Jangan Samakan! Ini Perbedaan Polip Hidung Dengan Sinusitis

Jangan samakan! Inilah berbagai perbedaan…

Penyakit
Berbagai Faktor Pemicu Biduran Atau Urtikaria

Urtikaria aatu biduran merupakan reaksi…

Kirim Pertanyaan
Top