Tips Mendeteksi Keberadaan Kutu Rambut

Share dan Tag Temanmu di :

Tips Mendeteksi Keberadaan Kutu Rambut

Kutu rambut menjadi permasalahan umum yang bisa dialami oleh siapapun. Berbagai perubahan gaya hidu yang serba dimudahkan dengan bermacam-macam produk menjadi pemicu datangnya kutu rambut ini. Di Amerika Serikat enam hingga 12 juta anak mengalami masalah dengan kutu rambut pada setiap tahunnya. 


Adanya kutu rambut juga cukup menganggu, karena membuat penderita seringkali menggaruk-garuk kepala. Jika tidak diberikan perawatan secepatnya, kutu betina dapat berkembang biak-bertelur sebanyak enam buah setiap harinya, dan akan menetas lebih kurang dalam waktu 8 hari. 

Permasalahan ini bisa dikatakan serius, karena beberapa ahli mengatakan bahwa kutu rambut bisa menular saat penderita berinteraksi dengan orang lain dengan cara terbang dari rambut ke rambut orang tersebut. Karena secara kasatmata kutu rambut ini tidak dapat terlihat, maka cara paling efektif mengambilnya dengan menggunakan sisir serit, yaitu sisi khusus yang dapat menangkap kutu rambut karena memiliki gigi-gigi yang rapat. Sisir tersebut bisa terbuat dari plastik maupun kayu. Untuk menggunakan sisir serit ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu basah dan kering. Untuk cara basah bisa dilakukan dengan:

- Mencuci rambut terlebih dulu menggunakan sampo apapun

- Menggunakan conditioner guna untuk melembutkan rambut

- Sisir terlebih dahulu rambut menggunakan sisir biasa untuk memastikan tidak ada rambut yang kusut

- Gunakan sisir serit secara perlahan dari kulit kepala, lalu tarik sisir hingga ke ujung rambut

- Periksalah sisir tersebut apakah ada kutu atau telurnya yang terjaring

- Ulangi cara tersebut hingga seluruh rambut tersisir dengan merata

- Untuk mencegah kutu rambut jatuh ke lantai dan tidak terlihat, disarankan untuk menggunakan alas kertas berwarna putih, atau kain. 

Langkah menggunakan sisir serit dengan cara kering tidak jauh berbeda dengan digunakan saat basah. Bedanya rambut tidak perlu dikeramas terlebih dahulu. Cara pertama dianggap lebih akurat, karena kutu tidak bisa bergerak saat rambut basah. 

Melakukan penanganan dengan cara yang sederhana disarankan dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan penanganan dengan obat-obatan. Prosedur menggunakan sisir serit bisa dilakukan secara berkala pada hari ketiga, keenam, sembilan, 12, dan 15. Jarak waktu tersebut bertujuan untuk membersihkan suluruh kutu pada rambut agar tidak mudah berkembang biak.

Jika penggunaan sisir serit tidak mempan, bisa menggunakan obat antiparasit yang dijual di apotek, salah satunya adalah permethrin. Efek samping yang ditimbulkan adalah rasa gatal dan kemerahan pada kulit kepala. Pengobatan kepada dokter dianjurkan jika obat yang dibeli di apotik tidak menunjukkan hasil. Dokter biasanya memberikan resep sebagai berikut:

- Malathion : obat antiparasit berbentuk shampoo dengan kandungan alkohol tinggi dan bisa digunakan pada orang berusia diatas 6 tahun. 

- Lindane : obat ini masuk dalam kategori obat keras dan dilarang digunakan pada mereka yang memiliki riwayat penyakit kejang-kejang, HIV, wanita mengandung, dan memiliki berat badan dibawah 50kg.

By Ana Rediana - Tips Kamis, 29 Desember 2016 15:11:54

Related Post :
Kesehatan
Fakta Seputar Daun Kelor…

Bukan mitos! Ini fakta…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Obat Kimia
Obat Untuk Menangani Gangguan…

Obat untuk menangani gangguan…

Kesehatan
Mewaspadai Komplikasi yang Bisa…

Sama halnya dengan penyakit…

Manfaat
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Kesehatan
Pilihan Alternatif untuk Kurangi…

Selain dengan mengonsumsi obat,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
Tips Ampuh Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

Tips ampuh menghilangkan bau kaki…

Tips
Kirim Pertanyaan
Top