Dampak Negatif Minuman Cepat Saji Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Minuman cepat saji seperti jus yang dikemas dengan menggunakan botol, minuman sachet merupakan minuman yang praktis, mudah dalam penyajianya, bahkan bisa disajikan dalam waktu yang cepat hanya dalam hitungan menit saja. Tapi, bila terlalu sering atau bahkan terlalu banyak minum minuman siap saji maka dapat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.


Dampak Negatif Minuman Cepat Saji Bagi Kesehatan

Diabetes

Terlalu sering minum minuman cepat saji dapat menyebabkan munculnya gejala diabetes. Hal ini dikarenakan minuman ini tinggi akan kandungan glukosanya yang bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Bila kadar gula dalam tubuh meningkatkan maka bisa menyebabkan gejala diabetes.

Asam lambung meningkat

Bahaya dampak terlalu sering mengkonsumsi minuman cepat saji adalah dapat meningkatnya asam lambung juga dapat mengiritasi dinding lambung. Karena kandungan glukosa yang terdapat pada minuman cepat saji dapat meningkatkan asam lambung. Biasanya gejala dari asam lambung naik adalah nyeri dan tidak nyaman pada ulu hati.

Obesitas

Minuman cepat saji memiliki kandungan glukosa serta kadar kalori yang tinggi yang dapat menyebabkan masalah pada berat badan yaitu obesitas. Meskipun banyak faktor yang bisa menyebabkan obesitas, akan tetapi terlalu sering mengkonsumsi minuman cepat saji juga bisa menyebabkan obesitas.

Dehidrasi

Terlalu sering atau terlalu banyak mengkonsumsi minuman cepat saji bisa mengikat cairan tubuh secara cepat, maka tubuhpun akan kekurangan air atau disebut juga dengan dehidrasi. Memang mengkonsumsi minuman cepat saji dapat menghilangkan dahaga akibat dari aktivitas. Tapi jika terlalu sering mengkonsumsinya, maka berbahaya juga terhadap kesehatan, salah satunya yaitu bisa menyebabkan dehidrasi.

Sakit perut dan kembung

Minuman cepat saji mengandung bahan pengawet, pewarna tertentu dan gula buatan yang bisa menekan saraf serta aliran darah di jaringan perut dan ulu hati, maka akan membuat seseorang terkena sakit perut juga perut kembung. Selain itu juga berisiko terkena diare.

Peradangan dan batuk

Minum minuman cepat saji memang bisa menyegarkan, karena minuman tersebut bersifat menyegarkan. Akan tetapi, bila terlalu sering atau bahkan terlalu banyak minum minuman cepat saji sangat berbahaya bagi kesehatan yaitu dapat memicu peradangan , batuk juga sakit tenggorokan. Karena minuman ini memiliki zat-zat tertentu yang bisa mengakibatkan mengiritasi saluran tenggorokan. Bila saluran tenggorokan teriritasi, maka akan memicu peradangan dan batuk.

Mempercepat kerapuhan tulang

Bahaya minuman cepat saji bagi orang dewasa adalah dapat merusak kepadatan tulang. Karena minuman cepat saji ini tinggi akan gula yang bisa merusak kepadatan tulang. Selain itu, gula akan mengendap pada persendian yang bisa menghancurkan kalsium yang ada pada tulang. Maka bisa mempercepat kerapuhan tulang. Sedangkan salah satu dampak negatif minuman cepat saji pada anak adalah dapat menghambat pertumbuhan tulang dan gigi anak-anak.

Dampak negatif lainnya minuman cepat saji bagi kesehatan adalah dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker prostat, kerusakan ginjal dan hipertensi. Selain itu, minuman cepat saji ini dapat sangat berbahaya bila dikonsumsi oleh orang yang mempunyai riwayat ginjal sebab bisa mengakibatkan gagal ginjal.

Sehingga tidak hanya makanan cepat saji saja yang berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi terlalu banyak. Tapi juga minuman cepat saji pun berbahaya baik kesehatan.  Bagi anda yang suka mengkonsumsi minuman cepat saji dalam setiap harinya, atau bahkan terlalu banyak dalam mengkonsumsinya. Sebaiknya, kurangi minum minuman siap saji tersebut. Lebih baik membuat minuman sendiri dirumah, daripada mengkonsumsi minuman sachet atau minuman yang dikemas dengan menggunakan botol seperti jus, produk teh, kopi dan minuman yang menyegarkan lainnya yang dijual di toko atau supermarktet. 

By Rizka Ardiana - Kesehatan Jum'at, 30 Desember 2016 11:25:54

Related Post :
Tips
Pertolongan Pertama Saat Keseleo

Pertolongan Pertama Saat Keseleo…

Alami
Obat Gatal Pada Kulit…

Obat gatal pada kulit…

Ibu Hamil
Inilah Ciri-Ciri Rubella pada…

Inilah ciri-ciri rubella pada…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Untuk Penyakit…

Obat antibiotik untuk penyakit…

Kesehatan
Mengetahui Fakta Mengenai Efek…

Banyak orang, khusunya perempuan…

Obat Kimia
Antibiotik Amoxicillin untuk Atasi…

Amoxicillin merupakan antibiotik penisilin…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Waspadai Resiko Kesehatan Akibat Obesitas

Memiliki berat badan yang berlebih…

Kesehatan
Mengerikan! Ini Bahaya Terlalu Banyak Makan Kentang Goreng

Meskipun enak, mengkonsumsi kentang goreng…

Kesehatan
Waspada! Ini Bahayanya Bila Sering Mengunyah Es Batu

Meskipun bagi sebagian orang mengunyah…

Kirim Pertanyaan
Top