Komplikasi Konjungtivitis yang Harus Diwaspadai

Share dan Tag Temanmu di :

Meskipun jarang terjadi, tetapi konjungtivitis bisa menyebabkan komplikasi. Tidak hanya kepada orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Pada kasus konjungtivitis alergi yang parah bisa terjadi jaringan parut pada mata. Selain itu, di bawah ini adalah beberapa komplikasi konjungtivitis berdasarkan jenis penyebabnya yang wajib di waspadai. Diantaranya adalah :


Konjungtivitis neonatal

Umumnya terjadi pada bayi yang baru lahir hingga usia 28 hari. Penyakit ini harus segera ditangani karena resikonya bisa menyebabkan kerusakan penglihatan permanen pada bayi. Sebagian besar bayi yang menderita konjungtivitis infektif bisa sembuh total dan hanya sedikit yang mengalami komplikasi ini.

Punctate Epithelial Keratitis


Komplikasi yang terjadi karena diakibatkan konjungtivitis yang menyebabkan kornea membengkak dan terasa sakit. Mata akan mengalami kerusakan dan kebutaan yang permanen jika tukak muncul di kornea.

Konjungtivitis Infektif

Jenis komplikasi pada konjungtivitis ini bisa berlangsung selama beberapa bulan jika disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti chlamydia (klamidia). Beberapa komplikasi yang dapat terjadi akibat konjungtivitis infektif adalah :

  • Terjadi sepsis atau keracunan darah. Hal ini diakibatkan oleh bakteri yang masuk ke dalam darah dan menyerang jaringan tubuh pasien.
  • Meningitis yang terjadi karena lapisan pelindung saraf tulang belakang dan otak mengalami infeksi.
  • Sekitar 25 persen anak penderita konjungtivitis akibat bakteri haemophilus influenza terkena infeksi telinga bagian bawah.

Selain dengan pengobatan medis, konjungtivitis juga bisa diatasi dengan cara alami. Sebelum menggunakan cara alami untuk mengobati konjungtivitis, disarankan pasien untuk memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter untuk dapat mengetahui jenis konjungtivitis yang di derita. Apakah dari alergi, iritasi atau infeksi dari virus dan bakteri. Hal ini perlu dilakukan agar pengobatan alami yang dilakukan tepat dengan jenis konjungtivitisnya. Adapun cara-cara yang bisa dilakukan secara alami untuk mengobati konjungtivitis adalah sebagai berikut :

  1. Untuk membersihkan mata dari debu dan kotoran, cuci wajah menggunakan air bersih dengan hati-hati.
  2. Jika konjungtivitis disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus, kompres mata dengan menggunakan air hangat. Tetapi jika disebabkan oleh alergi, kompres menggunakan air dingin. Selain itu, bisa juga dengan melakukan pengobatan herbal dengan beberapa cara di bawah ini:

    Bawang putih

    Bisa menggunakan satu siung bawang putih dengan cara dikupas terlebih dahulu kulitnya kemudia potong pada bagian ujungnya, gosok perlahan di sekitar daerah mata seperti sedang menggunakan eye liner, lakukan lebih intens pada kelopak mata bagian bawah karena kandungan bawang putih akan menguap mengenai mata, tunggu hingga bawang putih bereaksi dan menimbulkan rasa perih, geli dan mengeluarkan air mata. Setelah merasa cukup perih jangan langsung dibasuh dengan air. Tapi lakukan hingga beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

    Daun sirih

    Gunakan 10 lembar daun sirih, lalu cuci hingga bersih. Rebus daun sirih dengan 400cc air hingga tersisa 200cc lalu saring. Gunakan air rebusan sirih untuk mencuci mata.

    Bunga krisan kering dan melati kering

    Bahan yang diperlukan adalah 10 gram bunga krisan kering dan 6 gram melati kering, setelah itu cuci bersih semua bahan. Rebus menggunakan 600cc air hingga tersisa 300cc lalu saring.  Air rebusannya sebagian diminum dan sebagian lagi untuk mencuci mata.

By Sri Maryati - Penyakit Jum'at, 30 Desember 2016 13:35:00

Related Post :
Penyakit
Cara Mengatasi Mata Juling…

Cara mengatasi mata juling…

Alami
Obat Rakitis Alami Pada…

obat rakitis alami pada…

Penyakit
Betis Terasa Nyeri dan…

Betis terasa nyeri dan…

Ibu Hamil
Atasi Sembelit Saat Hamil…

Atasi sembelit saat hamil…

Kesehatan
Awas! Sering Pakai Hand…

Hand sanitizer memang dapat…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Luar biasa! inilah khasiat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit
Penyebab Gejala Dan Cara Mencegah Flu

Beberapa anggapan umum yang tidak…

Penyakit
Penyebab Gejala Awal Usus Buntu dan Pengobatan

usus buntu merupakan suatu organ…

Kirim Pertanyaan
Top