Manfaat Permen Karet Bukan Hanya Untuk Penyegar Mulut

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat Permen Karet, Tidak Sekadar Menjaga Kesegaran Mulut

Meski beberapa orang menyebutkan permen karet kurang baik dikonsumsi karena bisa menyebabkan terbentuknya kavitas atau lubang-lubang kecil pada gigi, namun di sisi lain permen karet memiliki manfaat. Mengunyah permen karet bisa menyegarkan bau nafas, memperbaiki memori, mendukung upaya mengurangi kebiasaan merokok, dan bisa membantu mengurangi berat badan. Untuk anak-anak, permen ini juga bisa sebagai hiburan seperti dijadikan balon.



Untuk mendapatkan manfaat yang disebutkan tersebut, permen karet yang dimakan sebaiknya tidak mengandung gula. Anda bisa memilih permen karet yang rasa manisnya dari xylitol, sorbitol, dan aspartam yang cenderung tidak menyebabkan kavitas. Tidak hanya itu, permen karet bebas gula mengandung kurang dari 5 kalori sementara permen karet yang mengandung gula mengandung 10 kalori.

Berikut kami uraikan poin-poin manfaat permen karet:


-Membantu kerja otak. Sebuah studi tentang permen karet menunjukkan bukti bahwa rutin mengunyah permen karet bisa memperbaiki area kognitif seperti memori kerja, memori episodik, dan kecepatan mengolah persepsi. Tapi, ada juga masalah kesehatan yang bisa datang terutama karena adanya kandungan sorbitol. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi 16 butir permen karet dengan kandungan sorbitol bisa menyebabkan diare. Karena sorbitol memiliki efek seperti obat pencahar. Jadi, mengonsumsi permen karet juga harus bijak karena jika terlalu banyak bisa menyebabkan erosi pada gigi. Jangan lupa pula untuk menggosok gigi secara rutin.

-Membantu menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian ditunjukkan bahwa orang yang rutin mengunyah permen karet cenderung makan dengan kalori sedikit ketika makan siang dibandingkan orang yang tidak mengunyah permen karet. Bisa dibilang, dengan mengunyah permen karet, nafsu makan jadi lebih bisa dikontrol. Keinginan untuk ngemil juga berkurang. Tapi diperlukan pola makan sehat dan rutin olahraga untuk bisa menurunkan berat badan.

-Menjaga kesegaran gigi dan mulut. Memang, permen karet tidak bisa menggantikan fungsi menyikat gigi. Tetapi mengunyah permen karet yang bebas gula bisa membantu produksi air liur yang bisa menyingkirkan bakteri dari gigi. Air liur yang produksinya meningkat akan mengurangi zat asam yang dihasilkan bakteri pengurai makanan. Permen karet yang mengandung xylitol bisa mengurangi terbentuknya lubang kecil pada gigi sehingga membantu mengurangi risiko kerusakan gigi.

Terlepas dari manfaat yang telah diuraikan di atas, perhatikan pula kebiasaan mengunyah permen karet. Jika Anda merasa nyeri pada bagian rahang, hentikan dulu mengonsumsi permen karet sampai rahang terasa lebih baik.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Manfaat Jum'at, 29 April 2016 01:00:07

Related Post :
Penyakit
Jenis-jenis Penyakit Lambung Serta…

Informasi tentang jenis-jenis penyakit…

Manfaat
Khasiat Biji Buah Ketapang…

Pohon Ketapang atau yang…

Kesehatan
Cara Sederhana Pencegahan Carpal…

Berikut adalah berbagai cara…

Kesehatan
Makanan Sehat Ini Berbahaya…

Makanan sehat ini berbahaya…

Penyakit
Ketahui Gejala Penyebab dan…

Ketahui gejala penyebab dan…

Kesehatan
3 Gerakan Sederhana untuk…

Bekerja di depan komputer…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    0 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…

  • Sesak nafas

    1 Balasan

    Manfaat

    Cocokkah diminum untuk menghilangkan lendir diparu paru dan sesak nafas ?

  • Manfaat Dan Efek Samping Suntik Filler Di Wajah

    1 Balasan

    Manfaat

    Pagi dok, Kemarin teman saya suntik filler dan hasilnya bagus sekali. saya sangat tertarik untuk melakukannya namun masih ragu. Sebenarnya, apa sih manfaat suntik filler di wajah secara keseluruhan? dan…


Manfaat
Mengenali Kebaikan Buah Persik untuk Cegah Kurang Darah

Selain memiliki rasa yang nikmat,…

Manfaat
Jenis-jenis Buah Berry Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Banyak sekali buah-buahan yang termasuk…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Temulawak Untuk Penderita Hepatitis

Khasiat dan manfaat temulawak (curcuma…

Kirim Pertanyaan
Top