Hati-Hati Stres Dapat Memicu Kram Usus

Share dan Tag Temanmu di :

Kram usus dapat dialami oleh sekitar 20 persen orang di kisaran usia 20 hingga 30 tahun yang sebagian besar kemungkinannya terjadi pada wanita. Otot pada saluran pencernaan, seperti usus, termasuk kedalam kategori otot polos. Otot tersebut dapat sewaktu-waktu mengalami kram. Kram otot sendiri diartikan dengan adanya kontraksi pada otot yang terasa kuat, tidak di prediksi, dan umumnya terjadi secara terus menerus.


Irritable bowl syndrome –IBS sindrom iritasi usus atau yang biasa disebut dengan kram usus memiliki gejala utama berupa kram dan kontraksi spontan pada usus besar dan halus. Selalin kram, penderita juga bisa mengalami gejala lain, seperti:

  • Kram perut
  • Sakit perut
  • Diare
  • Perut kembung
  • Konstipasi
  • Nyeri punggung
  • Mual
  • Tubuh mudah lemas atau tidak bertenaga
  • Rasa sakit saat berhubungan seksual
  • Gangguan buang air, misalnya tiba-tiba ingin buang air kecil di malam dan sering

Penyebab dari penyakit ini memang belum diketahui secara, namun beberapa peneliti menduga bahwa kondisi tersebut terjadi karena gangguan pencernaan dan meningkatnya sensitivitas usus. Diare atau konstipasi yang menyertai kram usus bisa diakibatkan karena lambatnya pergerakan makanan atau bahkan bergerak terlalu cepat dalam usus.

Dugaan lainnya, bahwa kram usus ini dapat dipicu juga oleh beberapa kondisi lain seperti adanya infeksi gastroenteritis akut, kelainan genetis yang langsung berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, adanya perkembangan bakteri di usus secara berlebihan, dan adanya perkembangbiakan jamur candida albicans yang tidak normal, atau adanya organisme protozoa dengan jenis tertentu.

Faktor psikologis seperti timbulnya depresi, setress dan rasa cemas pun memiliki efek terhadap timbulnya kondisi ini. Hal tersebut karena stress dan cemas dapat memicu serangkaian reaksi kimia yang berefek dalam kerja sistem pencernaan. Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang memiliki riwayat kekerasan psikis dan fisik cenderung sering mengalami kram usus.

Jika kram usus terjadi, dapat dilakukan beberapa penanganan, tergantung dari gejala yang timbul. Secara umumnya, tidak ada obat khusus untuk menangani kondisi ini, namun ada beberapa tindakan pencegahan sederhana yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala tersebut, seperti:

  • Melakukan olahraga secara teratur
  • Mengatur pola makan, misalnya dengan diet sehat bebas gluten
  • Mengelola stress
  • Mengonsumsi obat antidiare
  • Mengenali dan berhenti mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa memicu kram usus
  • Menambahkan serat dalam setiap makan Anda

Kram usus ini dapat datang dan pergi dengan tiba-tiba, seperti setelah mengonsumsi makanan tertentu atau saat dilanda stress berkepanjangan. Sebagian orang bisa saja mengalami gejala yang mungkin lebih parah dibandingkan penderita lain.  Kram usus juga bisa saja tiba-tiba menghilang beberapa bulan, namun tiba-tiba muncul kembali. Rasa yang ditimbulkan bisa juga membuat penderita merasa depresi. Jika kasus tersebut terjadi, dokter bisa memberikan obat antidepresan atau terapi perilaku kognitif.

Kram usus ini tidak mengakibatkan peningkatan risiko gangguan dari penyakit usus lainnya atau kanker. Walaupun pada umumnya bisa dianggap tidak berbahaya, namun disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter jika sering terjadi. Apalagi jika disertai dengan timbulnya benjolan atau bengkak pada bagian perut atau bokong, mengalami penurunan berat badan secara drastis tanpa diketahui penyebabnya, mengalami anemia, atau terjadi pendarahan di anus. Gejala-gejala tersebut pelu diwaspadai karena dapat merujuk pada penyakit yang lebih berbahaya.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 30 Desember 2016 14:24:04

Related Post :
Ibu Hamil
Metode Pengobatan Alternatif Yang…

Ketika anda hamil disarankan…

Kesehatan
3 Makanan Ini Bantu…

Mengonsumsi daging kambing diduga…

Ibu Dan Anak
Pilihan Makanan Pelancar ASI…

Bagi bunda yang baru…

Kesehatan
Jenis-jenis Jamu Gendong dan…

Berbagai macam jenis jamu…

Ibu Hamil
Tips Berpuasa saat Hamil…

Tentunya menjalankan puasa saat…

Obat Cina
Obat Flu Untuk Ibu…

Obat flu untuk ibu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Makanan yang Dibungkus Koran

Membungkus makanan dengan koran memang…

Kesehatan
10 Makanan Yang Baik Untuk Pencernaan

Daftar makanan yang baik untuk…

Kesehatan
Jangan Abaikan Garis Hitam yang Timbul di Kuku

Jangan abaikan dengan garis hitam…

Kirim Pertanyaan
Top