Metode Pengobatan Kutil Rekomendasi Dokter

Share dan Tag Temanmu di :

Metode Pengobatan Kutil Rekomendasi Dokter

Kutil juga bisa hilang dengan sendirinya tanpa harus diobati, walaupun dengan waktu yang cukup lama. Cepat lambatnya seseorang sembuh dari kutil, tergantung pada sistem kekebalan tubuhnya sendiri. 


Agar mempercepat proses penyembuhan, penderita bisa menggunakan salep atau plester yang mengandung asam salisilat. Zat tersebut bisa membakar lapisan atas kuit di tempat kutil yang berbeda. Selain itu, Anda juga bisa mencoba obat berbentuk semprot dengan kandungan dimethyl ether propone yang bisaa membekukan kutil. Namun kedua zat tersebut tidak seefektif asam salisilat.  

Menghilangkan kutil juga bisa dilakukan menggunakan plester (duct tape) yang ditempel diatas kutil tersebut selama enam hari. Seelah itu, buka plester, dan rendamlah area kutil tersebut di dalam air lalu gosok permukaan kutil dengan lembut. Namun cara ini belum terbukti secara klinis. 

Jika kutil tidak kunjung sembuh, maka saran terbaik adalah menghubungi dokter agar mendapatkan penanganan yang sesuai. Selain itu, Anda disarankan menemui dokter jika:

- Kutil tumbuh di wajah

- Kutil kambuh setelah pulih

- Pertumbuhan kutil terasa menyakitkan

- Pertumbuhan kulit bisa membuat Anda malu, stress, bahkan hingga membuat aktivitas sehari-hari

- Anda tidak yakin apakah daging tersebut kutil atau bukan

- Penderita memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah

- Warna dan bentuk kutil berubah

- Kutil mengeluarkan darah

Apabila asam salisat tidak efektif untuk menghilangkan kutil, biasanya dokter memberikan resep trichloroacetic dan bichloroacetic yang dapat dioleskan di permukaan kulit. Selain obat, cara lain mungkin saja direkomendasikan oleh dokter, seperti: 

- Cryotherapy: Ini merupakan terapi pembekuan. Kutil akan diberikan cairan nitrogen agar membeku dan bisa mematikan jaringannya. Setelah membeku lepuhan akan terbentuk dibawah dan di area kutil. Dalam waktu seminggu atau lebih, jaringan kutil yang telah mati akan terlepas dengan sendirinya. Terapi ini juga bisa merangsang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar bisa melawan HPV. 

- Kuret : Dengan metode ini, jaringan kulit akan dipotong menggunakan alat bedah, lalu diangkat. Metode ini mungkin akan terasa menyakitkan dan bisa meninggalkan bekas luka. Metode ini termasuk salah saatu metode yang efektik dalam menangani kutil.

- Sinar laser : Dengan metode ini jaringan kutil akan dimatikan dengan cara dibakar menggunakan sinar laser. Jika jaringan sudah mati, kutil akan mengelupas dengan sendirinya. Seperti kuret, pengobatan dengan metode ini bisa menimbulkan jaringan parut.

- Electrosurgey : Metode ini hampir sama dengan metode sinar laser, tapi dalam metode ini jaringan kutil dibakar dan dikeringkan dengan muatan listrik yang disalurkan melalui ujung jarum. 

By Ana Rediana - Obat Kimia Jum'at, 30 Desember 2016 15:13:26

Related Post :
Kesehatan
Waspada! Orang Tipe Ini…

Berikut ini merupakan beberapa…

Obat Kimia
Obat Tizanidine Untuk Mengurangi…

Anda pernah mengalami kejang…

Kesehatan
Inilah Akibat Jika Sering…

Inilah akibat jika sering…

Kesehatan
Ingin Mengganti MSG? Cobalah…

Monosodium glutamat (MSG) atau…

Kesehatan
Tips Aman Mengonsumsi Daging…

Berbagai olahan daging kambing…

Penyakit
Gejala-Gejala Lain Yang Mungkin…

Gejala-gejala lain yang mungkin…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Pereda Gejala Asma Kimia Salbutamol

Obat Pereda Gejala Asma Kimia…

Obat Kimia
Obat Untuk Penyakit TBC Pyrazinamide di Apotek

Obat untuk penyakit TBC Pyrazinamide…

Obat Kimia
Waspada Obat Pelangsing Perut Berbahaya

Waspada Obat Pelangsing Perut Berbahaya…

Kirim Pertanyaan
Top