8 Langkah Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menuju Pola Hidup Sehat

Share dan Tag Temanmu di :

Tidak sedikit penyakit yang sumbernya dari pola hidup yang tidak baik. Artinya penyakit tersebut bersumber dari diri sendiri. Pola tersebut terbentuk dari kebiasaan yang berawal dari perilaku kita sehari-hari yang terus berulang. Sehingga sangat penting buat menjaga supaya kebiasaan Anda setiap hari bisa menjadi rangkaian pola hidup sehat.


Pola hidup tersebut memerlukan sebuah komitmen yang dijamin eksistensinya setiap hari serta akan dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Bagaimana pola hidup yang sehat itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut ada delapan langkah yang bisa Anda lakukan agar menjadi hidup lebih sehat. Delapan langkah tersebut antaralain :

1. Mengetahui kondisikesehatan Anda saat ini. Anda bisa melaksanakan langkah dengan memperbaiki pola hidup. Perbaikan tersebut didasarkan kepada persoalan kesehatan atau risiko penyakit tertentu yang Anda alami. Sehingga demikian periksakanlah diri Anda kepada dokter umum atau dokter gigi Anda secara rutin serta periksa secara berkala. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan konsultasi terkait pola hidup sehat yang seperti apa kepada dokter.

2. Evaluasi aktivitas fisik Anda. Evaluasi fisik ini bisa berkaitan seberapa sering Anda melakukan olahraga. Maka muncul pertanyaan Apakah Anda termasuk orang yang rutin berolahraga? Atau apakah aktivitas Anda setiap hari tidak banyak melakukan olahraga atau menjadi orang  yang  banyak duduk mengetik document di depan komputer? Para ahli menganjurkan supaya kiranya meluangkan waktu agar berolahraga dengan waktu minimal 75 menit setiap minggunya. Serta harus bergerak secara aktif buat melakukan pengencangan otot, setidak-tidaknya dua dari dalam seminggu. Supaya kita menikmati kegiatan berolahraga makan pilihlah kegiatan yang membuat kita senang tapi menyehatkan.

3. Tulis makanan yang Anda konsumsi. Apabila Anda mempunyai  persoalan terkait dengan berat badan atau kebiasaan dengan pola makan yang tidak baik. Maka Anda dianjurkan melakukan beberapa hal diantaranya melakukan pendataan segala jenis makanan yang dikonsumsi Anda sertiap hari. Data tersebut berguna untuk menjadi langkah penyadaran diri secara efektif serta sebagai pengingat bagi Anda untuk melakukan rem bagi makanan yang tidak sehat. Sehingga dapat menjaga tubuh Anda semakin sehat.

4. Periksa kesehatan relasisosial Anda. Mungkin persoalan ini dianggap sebagai hal yang sepele dan terkadang jarang diperhatikan. Padahal hal ini sangat perlu mengetahui seberapa sehat hubungan Anda dengan sosial. Termasuk hubungan Anda dengan pasangan. Bila tidak ada keharmonosasian maka akan berdampak pada kesehatan jiwa, pikiran serta nantinya akan mempengaruhi pada tubuh juga. Temukan orang – orang yang bisa member dukungan serta membuat Anda merasakan kenyamanan serta kebahagiaan.

5. Berhenti melakukan kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan.  Jangan terus melakukan kebiasaan yang buruk.

6. Memilih mengonsumsi makanan sehat. Seperti halnya mengonsumsi buah dan sayur yang bervariasi setiap harinya.

7. Mengelola stress. Kemungkinan setiap orang  bisa stress tapi harus dikelola dengan baik salah satunya dengan beribadah atau bermeditasi seperti yoga.

8. Istirahat cukup. Ini langkah terakhir yang mesti dilakukan adalah lakukan istirahat yang cukup.

Nah, itulah beberapa langkah pola hidup sehat yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Cintai kesehatan anda sedini mungkin, karena penyakit tak kan mengenal umur dan vbisa terjadi kapan saja. Semoga bermanfaat!

By Nida Saripah - Kesehatan Sabtu, 31 Desember 2016 08:10:46

Related Post :
Penyakit
Bahaya dan Manfaat Ciuman…

Bahaya dan Manfaat Ciuman…

Tips
Cara Mengecilkan Perut Setelah…

Cara mengecilkan perut setelah…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Penyakit
Penyebab Migrain Sebelah Kanan…

Penyebab migrain sebelah kanan…

Penyakit
Ciri-Ciri Penderita HIV Atau…

Penyakit HIV/AIDS termasuk penyakit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
4 Kebiasaan Buruk Penyebab Penuaan Dini

Mengetahui 4 kebiasaan buruk penyebab…

Kesehatan
Mengenal Gejala Dan Penyebab Komedo Di Wajah

Gejala dan penyebab komedo di…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top