Pola Makan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Share dan Tag Temanmu di :

Para penderita diabetes melitus sangat penting untuk memiliki pola makan yang tepat. Diabetes melitus merupakan sebuah penyakit yang dapat mempengaruhi kinerja tubuh dalam memproses glukosa atau yang dikenal dengan gula darah. Glukosa penting untuk tubuh sebagai sumber energi yang dipakai untuk setiap sel pada otot, jantung, dan otak.


Dalam memanfaatkan glukosa, tubuh membutuhkan hormon bernama hormon insulin. Tetapi pada mereka yang menderita diabetes, tubuh tidak bisa menghasilkan insulin atau meskipun ada, insulin tidak berfungsi sebagaimana harusnya.

Terdapat dua jenis diabetes. Yang pertama adalah diabetes tipe 1 dimana kondisi tubuh tidak bisa memproduksi insulin sama sekali. Ada sekitar 10 persen kasus diabetes tipe 1 di dunia. Selanjutnya adalah diabetes tipe 2 dimana tubuh tidak mampu memproduksi insulin dengan cukup. Sekitar 90 persen orang rata-rata menderita diabetes tipe 2.

Penting untuk penderita diabetes dalam menjaga pola makan sehat yang rendah lemak dan kaya akan nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, serta biji-bijian. Pola makan memiliki peran signifikan dalam perkembangan penyakit ini. Berikut pilihan makanan yang baik untuk penderita diabetes:

1.Karbohidrat kompleks. Karbohidrat yang lebih sehat bisa didapat dari biji-bijian utuh, buah-buahan, kacang-kacangan, serta produk susu rendah lemak. Kurangi karbohidrat rafinasi seperti nasi putih dan roti putih karena bisa meningkatkan kadar gula darah secara cepat.

2.Pilih daging dan ikan tanpa lemak. Daging yang tinggi protein memang tidak memberikan pengaruh pada tingkat gula darah seperti karbohidrat. Saat dikonsumsi dengan porsi cukup, dada ayam tanpa kulit, daging ikan, serta daging rendah lemak cocok dikonsumsi penderita diabetes.

3.Makanan yang kaya serat. Serat yang terkandung dalam kacang-kacangan, sayur, buah, tepung gandum, dan beras dengan kulit ari memiliki manfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung serta bisa membantu mengendalikan tingkat gula darah.

4.Lemak dan protein sehat. Orang dengan diabetes sebaiknya hindari mengonsumsi daging merah. Lemak dan protein sehat bisa didapatkan dalam minyak zaitun dan minyak kanola ataupun alpukat.

5.Kayu manis. Rempah ini mempunyai efek yang sama dengan insulin serta bisa membantu mengurangi tingkat gula darah pada penderita diabetes. Penelitian di Jerman menyimpulkan, ekstrak kayu manis mempunyai efek moderat dalam mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

Untuk menghindari gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan penyakit diabetes, penting sekali untuk mengandalikan tingkat gula darah dari asupan makanan disamping dengan mengonsumsi obat-obatan yang telah ditentukan dokter. Kombinasi disiplin dalam mengonsumsi obat serta mengadopsi pola hidup sehat, diabetes melitus dapat terkendali serta perkembangannya bisa dicegah.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Senin, 02 Januari 2017 08:21:55

Related Post :
Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Sama seperti jenis ikan…

Tips
Tips Memilih Susu Formula…

Berbagai tips memilih susu…

Kesehatan
Dampak Negatif Terlalu Sering…

Mengonsumsi obat warung dalam…

Kesehatan
Mengetahui Manfaat Daging Burung…

Disamping memiliki rasa yang…

Obat Kimia
Obat Pengencer Dahak di…

Obat Pengencer Dahak di…

Tips
Cara Mengatasi Darah Tinggi…

Tips dan cara alami…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Kesehatan
Bahaya Terlalu Banyak Makan Makanan Yang Dibakar

Berbagai penyakit akan mengintai anda,…

Kirim Pertanyaan
Top