Bahaya Minum Air Sambil Berdiri yang Perlu Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Minum air putih secara cukup setiap hari memang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu, minum air putih cukup juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Tapi, bukan hanya memperhatikan asupan air putih saja, cara kita meminumnya pun harus diparhatikan. Posisi tubuh saat minum air putih ternyata bisa memberi dampak yang cukup signifikan terhadap kesehatan.


Lalu, bagaimana posisi yang tepat ketika minum ? Posisi terbaik untuk minum air putih yaitu sambil duduk. Namun, tidak sedikit pula yang tidak memperhatikan posisi mereka ketika duduk. Bahkan, kebiasaan minum sambil berdiri sudah  menjadi hal yang biasa untuk dilakukan hingga menjadi kebiasaan.

Namun, apakah tahu jika minum sambil berdiri menimbulkan dampak negatif bagi keseahtan ? Inilah bahaya minum air sambil berdiri yang perlu diketahui :

Rasa haus sulit hilang

Ternyata rasa haus akan sulit hilang jika kita minum air putih sambil berdiri. Justru rasa harus tidak akan hilang. Maka dari itu, ada baiknya jika minum sambil duduk dan menyesap air minum sedikit demi sedikit.

Mengganggu sistem pencernaan

Minum sambil berdiri menyebabkan air akan mengalir melewati usus dan menciprat ke dinding perut. Cipratan ini bisa mengakibatkan kerusakan sistem pencernaan dalam jangka panjang karena merusak dinding perut dan saluran pencernaan. Sedangkan jika minum sambil duduk, otot dan sistem saraf dalam kondisi rileks dan membuat cairan yang diminum bisa cepat dicerna dengan baik bersamaan dengan makanan lain.

Tidak bisa mengencerkan kadar asam dalam tubuh

Air memang sebaknya diminum sedikit dan perlahan-lahan sambil duduk. Dengan begitu, air bisa membantu mengencerkan kadar asam dalam tubuh yang disesuaikan dengan proporsi air yang diperlukan tubuh. Jadi, jika minum air sambil berdiri, maka proses pengenceran kadar asam ini bisa terganggu.

Minum sambil berdiri menyebabkan saraf-saraf menegang

Disadari atau tidak, saraf tubuh bisa menengang ketika kita minum sambil berdiri. Sebaliknya, jika kita minum sambil duduk, maka sistem parasimpatetik akan terkondisikan lebih rileks, sehingga saraf tidak akan tegang. Proses penyerapan air minum dan pencernaan pun bisa berjalan dengan lebih baik.

Berisiko terkena arthritis

Minum air sambil berdiri bisa mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh. Akibatnya, bisa terjadi penumpukan cairan di sendi-sendi tubuh dan menyebabkan arthritis. Arthritis merupakan peradangan pada satu atau lebih persendian yang disertai dengan rasa sakit, kekakuan, dan keterbatasan bergerak.

Menyebabkan ulser dan heartburn

Bahaya minum air sambil berdiri selanjutnya yaitu bisa menyebabkan ulser dan heartburn. Air akan mengalir dan menciprat ke area kerongkongan bagian bawah dengan cukup keras. Hal ini bisa mengganggu sfingter (kumpulan serabut otot yang berbentuk seperti cincin yang bekerja untuk menutup jalur atau pembukaan alamiah pada tubuh) dan bisa menimbulkan sensasi terbakar di kerongkongan karena zat asam di perut naik ke atas.

Ginjal tidak bisa menyaring air dengan baik

Minum air sambil berdiri membuat proses penyaringan yang dilakukan ginjal tidak optimal. Bahkan kotoran bisa menumpuk di ginjal dan kandung kemih yang bisa menyebabkan gangguan saluran kemih. Dalam jangka panjang, bisa menyebabkan kerusakan permanen di ginjal.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 04 Januari 2017 14:06:10

Related Post :
Ibu Dan Anak
Mengenal Penyakit Trisomi 13…

Adam Fabumi akhir-akhir ini…

Obat Kimia
Waspada Obat Pelangsing Perut…

Waspada Obat Pelangsing Perut…

Penyakit
Waspada! Ini Gejala Bell's…

Berikut adalah gejala bell's…

Kesehatan
Menguak Penyebab Meninggalnya Kiper…

Setelah mengalami benturan dengan…

Penyakit
Gejala-Gejala Penyakit Cacar Air…

Cacar air biasanyad iderita…

Kesehatan
Ketahui Ciri-Ciri Makanan Yang…

Inilah ciri-ciri makanan yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Haid 2 Kali Dalam Sebulan? Ketahui Penyebabnya

Beragam penyebab haid 2 kali…

Kesehatan
Benarkah Aksesoris dari Batu dan Magnet Bisa Menyehatkan?

Berbagai jenis aksesoris yang terbuat…

Kesehatan
Penyakit Lain Yang Terjadi Akibat Darah Tinggi

Waspadalah terhadap penyakit darah tinggi,…

Kirim Pertanyaan
Top