Tips Jitu Agar Anak Anda Tidak Susah Makan

Share dan Tag Temanmu di :

Tips jitu agar anak anda tidak susah makan

Punya anak sangat membahagiakan. Apalagi saat kita bisa melihat tumbuh kembang anak yang memberi kesan tersendiri. Ada saja tingkah lakunya bahkan ada yang bikin senang, sedih, dan jengkel. Terlebih jika anak Anda sudah mengalami yang namanya susah makan.


Pada saat disuapi makanan anak akan menutup mulutnya. Bahkan anak Anda terkadang hanya mau memakan satu jenis makanan saja. Dan itu berlangsung berhari–hari. Peristiwa ini memang bukan peristiwa yang tidak normal karena hampir setiap orang tua mengalaminya. Namun yang paling ditekankan disini yaitu jangan sampai putus asa. Orang tua mesti mempunyai cara mengatasi anak susah makan agar si kecil bisa makan secara teratur, baik dan benar.

Fase susah makan biasanya sesudah anak–anak berusia satu tahun. Pada usia tersebut terkadang pertumbuhan anak tidak secepat biasanya apabila dibandingkan dengan perkembangan sebelum usia satu tahun. Sehingga pelambatan tersebut juga memberikan dampak pada menurunnya selera makan. Anak terlihat makan dengan sedikit. Ketika sudah mengalami hal ini, Anda tidak perlu takut atau panik. Hal ini karena pada saat anak menolak makan tapi orang tua malah panik maka akan memberikan sebuah tekanan baik bagi anak atau juga pada Anda. Orang tua harus cerdas dan teliti untuk melihat kondisi anak. Anda bisa melakukan beberapa cara salah satunya dengan mengidentifikasi beberapa persoalan yang kerap timbul dalam sulit makan.

Berikut beberapa hal yang menyebabkan anak kesulitan makan, yang biasanya disebabkan oleh beberapa perilaku sulit makan yang mana akan kami paparkan beserta cara mensiasatinya dengan tips jitu agar anak anda tidak susah makan berikut.

1. Menolak makan

Pada anak sesudah usia satu tahun sudah menyadari jika makan merupakan keterampilan dan biasanya hal itu baru dikuasainya. Baginya makan bukanlah persoalan bagaimana cara memasukan makanan tapi bagaimana juga mengendalikannya. Sehingga menimbulkan peristiwa jika sebagian anak di hari pertamanya semangat menghabiskan makanan namun di hari berikutnya malah berubah pikiran karena ternyata makan itu perlu penguasaan lebih dibandingkan dengan memasukan makanan namun juga pengendaliannya. Untuk mengatasi hal ini maka hal yang perlu dilakukan adalah mengetahui apa makanan yang biasa dibutuhkan oleh Anak. Tidak boleh hilang kesabaran. Hitung juga asupan makanannya. Biasanya orang tua tidak menyadari jika ternyata asupan makanannya sudah terpenuhi.

2. Sikap yang kedua adalah memilih makanan tertentu saja untuk dimakan

Biasanya kondisi ini menimpa pada anak-anak berusia tiga tahun kebawah. Mereka sudah mengkonsumsi makanan padat meski pun hal itu adalah hal yang baru. Sehingga disini ada proses yang baru terhadap bagaimana ragam rasa, tekstur serta warna. Dalam fase ini terkadang anak juga makan dengan mandiri memilih makanan yang ingin dimasukan sendiri. Oleh karena itu, orang tua harus memperkenalkan makanan yang baik pada fase ini tapi dengan cara perlahan. Coba kenalkan anak dengan sayuran dengan menyajikannya beberapa kali. Biasanya pada fase ini anak suka dengan makanan yang telah disajikan beberapa kali.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tips jitu agar anak anda tidak susah makan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang kmi sampaikan dapat bermanfaat, sehingga anak anda pun mau makan kembali, bahkan nafsu makan dan berat badannya bertambah.

By Nida Saripah - Ibu Dan Anak Kamis, 05 Januari 2017 08:06:23

Related Post :
Penyakit
Penyebab Gejala Dan Jenis-jenis…

Menurut penelitian sekitar 15%…

Penyakit
Penyebab Akibat Usus Turun…

Penyebab akibat usus turun…

Penyakit
Ketahui Faktor Penyebab Timbulnya…

Ketahui faktor penyebab timbulnya…

Kesehatan
Penyebab Achondroplasia Dan Cara…

Achondroplasia adalah sebuah kondisi…

Daun
5 Manfaat Daun Anting-Anting…

Selain untuk burung dan…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Selain mengonsumsi obat, penderita…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Waspadai Gejala Anemia Pada Anak

Jangan pernah menganggap remeh penyakit…

Ibu Dan Anak
Cara Alami Mengatasi Sariawan Pada Anak

Cara alami mengatasi sariawan pada…

Ibu Dan Anak
Kenali Penyebab Dan Tanda Bayi Susah Buang Air Besar

Informasi tentang susah buang air…

Kirim Pertanyaan
Top