Komplikasi dan Cara Mencegah Penyakit Gondongan

Share dan Tag Temanmu di :

Gondongan merupakan salah satu penyakit yang umum dialami semua orang. Selain menjangkiti kelenjar parotid, virus ini pun bisa mengontaminasi cairan yang melindungi otak (cairan serebrospinal) dan tulang belakang, lalu dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya seperti pankreas, indung telur, otak, dan testis. Jika penyebaran tersebut sudah terjadi, maka bisa mengakibatkan komplikasi, seperti:


-  Terjadi Pembengkakan Testis

Biasanya pembengkakan ini terjadi pada hari ke empat hingga delapan setelah pembengkakan kelenjar parotis pasien telah mencapai usia pubertas. Jika Anda mengalami kondisi ini, bisa melakukan langkan dengan mengkompres testis Anda menggunakan air hangat atau minum obat pereda sakit. Parasetamol dan Ibuprofen dapat dikonsumsi untuk meredakan sakit. Gunakanlah celana dalam yang nyaman, dan jika sudah sembuh pembengkakan testis sangat jarang menyebabkan penurunan sperma, penyusutan testis, atau kemandulan.

- Pembengkakan Indung Telur

Pembengkakan indung telur juga hanya berpotensi terjadi pada perempuan yang menderita gondongan setelah masa pubertas. Kondisi ini tidak terlalu serius dan akan sembuh dengan sendirinya, usai sistem kekebalan tubuh berhasil untuk mengatasi gondongan. Biasanya gejala yang muncul itu adalah mual, demam, dan nyeri perut bagian bawah.

- Pankreatitis Akut

Gejala yang timbul biasanya ringan, selain nyeri perut bagian tengah yang terasa secara tiba-tiba, penderita ini pun berpotensi mengalami diare, mual, demam, dan kehilangan nafsu makan. Walaupun tergolong ringan, namun biasanya dokter menyarankan untuk dirawat di rumah sakit hingga kondisi pankreas pulih.

- Meningitis Virus

Meningitis dalam kondisi ini berbeda dengan meningitias mematikan yang disebabkan oleh bakteri. Kondisi ini hanya menyebabkan gejala-gejala ringan, biasanya sakit flu dan bisa sembuh dalam waktu dua minggu. Selain flu, gejala lainnya seperti leher terasa kaku, sakit kepala, dan meningkatnya sensitivitas mata terhadap cahaya.

Penyakit gondongan ini bisa dicegah sedari dini, dengan memberikan imunisasi MMR pada anak. Pemberian vaksin ini diberikan saat anak berusia 12 hingga 18 bulan, dan harus diulang lagi saat berusia 6 tahun. Jika terlanjur tidak memberikan vaksin saat kecil, Anda dapat melakukan langkah pencegahan penyakit gondongan dengan selalu menjaga kebersihan tangan, tidak berbagi peralatan makan atau mandi, dan memakai masker.

Jika sudah terjangkit gondongan, maka disarankan untuk tidak melakukan aktivitas dulu diluar rumah hingga kondisi pulih. Kondisi ini mudah menular, terutama beberapa hari sebelum kelenjar parotid membengkak hingga beberapa hari setelahnya.

Jika penderita hendak batuk atau bersin, gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidungnya, lalu segera buang tisu tersebut, dan cuci tangan hingga bersih. Dengan mencuci tangan maka virus tidak akan menempel pada media lain yang berpotensi tersentuh oleh orang yang masih sehat.

By Sri Maryati - Penyakit Kamis, 05 Januari 2017 10:32:25

Related Post :
Kesehatan
Menyegarkan! Pilihan Minuman Sehat…

Saat puasa, tubuh rentan…

Penyakit
Ciri-Ciri Penderita HIV Atau…

Penyakit HIV/AIDS termasuk penyakit…

Obat Kimia
Nama Obat Disfungsi Ereksi…

Nama Obat Disfungsi Ereksi…

Kesehatan
Ini Jenis Makanan Yang…

Jenis makanan yang perlu…

Kesehatan
Mengetahui Penyebab Sering Kram…

Apakah Anda sering mengalami…

Alami
Atasi Sembelit Dengan Ramuan…

Cara mengobati sembelit secara…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan Pengobatan Lipoma

Mengenal tanda dan gejala, penyebab…

Penyakit
Jenis-jenis Penyakit Lambung Serta Gejala Dan Penyebabnya

Informasi tentang jenis-jenis penyakit lambung…

Penyakit
Metode Terapi Parkinson Secara Tradisional Paling Mudah

Metode terapi parkinson secara tradisional…

Kirim Pertanyaan
Top