Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun mangga mungkin belum banyak yang mengatahui. Akan tetapi, jika kita membahas mengenai manfaat buahnya pasti semuanya telah mengetahuinya. Terlebih kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi di dalamnya. Bahkan daunnya sendiri umumnya tidak di gunakan sama sekali. Padahal di dalamnya terkandung juga berbagai macam nutrisi seperti yang tak kalah istimewa dengan kandungan buahnya yang mana sangat baik untuk kesehatan bahkan dapat menjadi pengobatan herbal untuk mengatasi berbagai masalah gangguan kesehatan.


Adapun senyawa dan kandungan daun mangga yang di milikinya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, antioksidan, flavonoid dan juga fenol. Nah berbagai kandungan vitamin yang kompleks tersebutlah yang menjadikan daun yang satu ini sangat berkhasiat untuk kesehatan terlebih untuk diabetes. Adapun khasiat daun mangga muda yang masih segar maupun daun mangga kering  secara menyeluruh diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Membantu mengobati diabetes
Di dalam daun mangga terdapat kandungan tanin dan anthocynin. Kedua senyawa tersebut ternyata dapat membantu mengobati diabetes tipe 1. Untuk mengobati diabetes sendiri, pada umumnya daun mangga di keringkan dan di jadikan sebagai teh untuk di seduh. Teh daun mangga ini sangat baik dalam membantu mengobati diabetes angiopati dan retinopati diabetes. Bahkan teh daun mangga ini juga dapat membantu mengobati hiperglikema. Bahkan tah hanya itu, daun ini pun ternyata mengandung senyawa yang di sebut taraxerol-3beta, dan etil asetat ekstrak yang bersinergi dengan insulin untuk mengaktifkan GLUT4 dan menstimulasinya menjadi sintesis glikogen.

Bahkan menurut beberapa dokter di Eropa mengklaim bahwasannya daun mangga dapat memperlambat perkembangan diabetes dan juga terkait dengan penyembuhan pembuluh darah  di dalam tubuh dan sekitar pankreas yang telah rusak akibat diabetes.

2. Mengurangi resiko hipertensi
Selain dapat membantu dalam proses pengobatan diabetes, manfaat teh daun mangga juga nyatanya dapat mengurangi resiko penyakit hipertensi atau darah tinggi.  Para penulis kesehatan merekomendasikan untuk mengonsumsi satu cangkir teh daun mangga setiap hari untuk membantuu mengobati hipertensi. Daun mangga dapat menurunkan tekanan darah karena di dalamnya mengandung sifat hipotensi. Dan ini juga sangat membantu dalam memperkuat pembuluh darah dan menghilangkan varises.

3. Menghancurkan batu empedu dan batu ginjal
Daun mangga juga ternyata sangat efektif dalam pengobatan penyakit batu empedu dan batu ginjal secara alami. Caranya pun cukup sederhana. Anda dapat mengonsumsi minuman yang terbuat dari bubuk daun mangga yang sebelumnya di giling dan di keringkan terlebih dahulu. Kemudian seduh dengan air dan simpan dalam gelas selama semalaman. Jika anda mengonsumsi minuman ini secara teratur, maka dapat membantu anda dalam memecahkan batu ginjal secara alami.

4. Mengatasi masalah pernapasan
Penyakit asma, bronkitis dan gangguan pernapasan lainnya dapat di atasi dengan menggunakan daun mangga. Sebuah ramuan yang terbuat dari daun mangga bisa anda konsumsi secara teratur untuk mengatasi prmasalahn pernapasan yang anda alami selama ini. Cara mengolahnya sendiri adalah dengan merebus beberapa helai daun mangga dengan menggunakan air secukupnya. Setelah mendidih angkat dan setelah dingin, anda dapat menambahkan sedikit madu ke dalam air rebusan daun mangga tersebut. Ramuan ini juga nyatanya sangat efektif dalam mengobati batuk dan hilangnya suara.

5. Mengatasi disentri
Khasiat daun mangga juga dapat mengobati masalah kesehatan yang satu ini. Cara pengolahannya sendiri adalah keringkan terlebih dahulu daun mangga di tempat yang teduh. Kemudian rebus dengan menggunakan air hingga mendidih. Setelah dingin, anda bisa mengonsumsi manfaat air rebusan daun mangga ini untuk menghentikan disentri yang anda alami.

6. Sakit telinga
Jika anda kini tengah mengalami sakit telinga, anda bisa mengobatinya dengan menggunakan satu sendok teh sari daun mangga sebagai obat tetes telinga yang sebelumnya sudah di panaskan sebentar.

7. Mengobati luka bakar
Untuk mengobati luka bakar pada kulit, anda juga bisa menggunakan daun mangga sebagai alternatifnya. Caranya, bakar segenggam daun mangga hingga menjadi abu. Nah abunya inilah yang kemudian di terapkan pada bagian kulit yang mengalami luka bakar tadi.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat daun mangga lainnya untuk kesehatan dan menjadi obat alami tradisional seperti untuk mengatasi asam urat, mengatasi gelisah, mengatasi cegukan dan mengobati berbagai masalah tenggorokan. Bahkan tak hanya untuk kesehatan, daun mangga juga dapat membantu mengatasi masalah pada kulit dan juga wajah. Maka dari itu, mulai sekarang jangan anggap sepele berbagai bahan alami di sekitar kita yang umumnya tidak di pergunakan sama sekali, seperti manfaat daun mangga salah satunya. Karena pada hakikatnya Tuhan menciptakan berbagai hal di dunia tidak semata-mata di ciptakan terkecuali memiliki manfaat tersendiri yang sangat luar biasa di dalamnya.

By Nida Saripah - Daun Kamis, 05 Januari 2017 11:16:42

Related Post :
Ibu Hamil
Penyebab Sesak Nafas saat…

Sesak nafas merupakan hal…

Tips
Lakukan Hal Ini Jika…

Ketika telinga kemasukan semut,…

Kesehatan
Penting! Ketahui Masa Subur…

Jika kini anda menginginkan…

Manfaat
Manfaat Mengonsumsi Daging Unta…

Daging unta merupakan salah…

Alami
Obat Tradisional yang Aman…

Selain melalui prosedur operasi,…

Kesehatan
Dampak Mengonsumsi Buah Nangka…

Nangka merupakan buah yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun sintrong…

Daun
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Lidah Ayam Untuk Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top