Faktor Yang Dapat Meningkatkan Resiko Kanker Rahim

Share dan Tag Temanmu di :

Faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker rahim

Langkah dalam menangani kanker rahim terutama dalam mehilangkan sel-sel kanker serta melakukan pencegahan penyebaranya bisa dilakukan oleh Anda  yang sudah terserang penyakit ini. Langkah-langkah atau metode pengobatan kanker rahim yang bisa di lakukan adalah seperti kemoterapi, radiologi dan terapi hormon.


Gejala awal atau ciri-ciri kanker rahim yang paling sering terjadi pada penderitanya ialah pendarahan vagina. Sembilan dari sepuluh penderita kanker tersebut mengalami gejala pendarahan vagina. Rasa sakit yang muncul juga mesti diperhatikan misalnya nyeri pada panggul atau nyeri saat Anda melakukan hubungan seksual. Secara fisik, Anda dapat mengenali gejala yang timbul dengan melihat ada benjolan di perut bawah atau bisa tanpa sebab yang pasti kehilangan berat badan.

Para perempuan yang mengalami tanda-tanda di atas mesti segera melakukan pemeriksaan diri kepada dokter untuk memastikan apakah memang diakibatkan oleh kanker rahim atau tidak. Tetapi apapun penyebabnya mesti dilakukan diagnosa serta langkah pengobatan yang segera. Pada saat kita di vonis menderita kanker rahim, tentu Anda bertanya-tanya apa yang menjadi penyebab timbulnya sel kanker pada tubuh kita. Penyebab kanker rahim memang belum pasti diketahui namun ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko kanker rahim ini di antaranya ialah:

1. PajananTerhadap Estrogen

Semakin tinggi tingkat pajanan tubuh perempuan pada estrogen, makin tinggi pula risiko perempuan tersebut menderita kanker rahim. Sesudah menopause, produksi hormon progesterone terhenti sedangkan produksi hormon estrogen tetap ada meski intensitasnya mengalami penurunan secara drastis. Kadar hormon estrogen dapat meningkat apabila tak diimbangi dengan hormon progesteron. Sehingga risiko kanker rahim terhadap perempuan yang telah mengalami masa-masa menopause mempunyai kecenderungan semakin tinggi.

Perempuan yang umurnya lebih tua dibandingkan rata-rata tetapi sudah mengalami mempunyai risiko semakin tinggi. Sementara itu, perempuan yang mulai mengalami menstruasi pada usia yang lebih muda juga bisa mempunyai risiko yang tinggi terserang kanker rahim. Hal ini dikarenakan pada kedua keadaan tersebut, perempuan terpajan estrogen buat periode yang semakin lama dibandingkan mereka yang memulai menstruasinya telat. Atau mereka yang mengalami menopause pada umur yang normal.

2. Belum Pernah Hamil

Pada waktu kehamilan, kadar progesterone perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan hormon estrogen. Sebab itu, perempuan yang belum pernah hamil mempunyai risiko menderita kanker rahim yang lebih tinggi. 

3. Terapi Penggantian Hormon

Tipe terapi penggantian hormon estrogen seyogyanya hanya diberikan pada perempuan yang telah menjalani metode histerektomi atau operasi pengangkatan rahim. Sedangkan apabila rahim masih ada, terapi penggantian hormon kombinasi yakni hormon progesterone serta estrogen mesti dipakai dengan tujuan untuk menurunkan risiko kanker rahim.

Nah, itulah beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko kanker rahim pada wanita. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat berguna khususnya menjadi wawasan baru bagi anda pada dunia kesehatan.

By Nida Saripah - Penyakit Jum'at, 06 Januari 2017 08:07:27

Related Post :
Daun
Khasiat Manfaat Daun Pare…

Berikut adalah kegunaan, khasiat…

Kesehatan
Gejala Dan Penyebab Anemia…

Gejala dan penyebab anemia…

Kesehatan
Ketahui Bahaya Makan Terlalu…

Ketahui bahaya makan terlalu…

Alami
Obat Jantung Lemah Berdebar…

Obat Jantung Lemah Berdebar…

Ibu Hamil
Waspada! Ini Bahaya Preeklampsia…

Waspada! ini bahaya preeklampsia…

Kesehatan
Gejala Depresi Dan Cara…

Depresi merupakan suasana hati…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Komplikasi Batu Empedu Dan Cara Pencegahannya

Batu empedu merupakan kondisi terbentuknya…

Penyakit
Ini Ciri-Ciri Kanker Kulit Yang Mudah Dikenali Berdasarkan Jenisnya

Waspadai! berikut adalah ciri-ciri kanker…

Penyakit
Ciri-ciri Wanita Jika Terkena Infeksi Rahim

Ciri ciri infeksi rahim yang…

Kirim Pertanyaan
Top