Terobosan Teknologi Baru di Dunia Kedokteran Tahun 2017

Share dan Tag Temanmu di :

Sering dengan perkembangan zaman, berbagai teknologi di berbagai bidang terus dikembangkan. hasilnya, hal-hal yang sebelumnya dianggap mustahil atau bahkan tidak mungkin dapat menjadi kenyataan di tahun-tahun berikutnya.


Dalam laman websitenya, MIT Technology Review mengulas 3 terobosan teknologi baru di dunia kedokteran. Dalam ulasannya, MIT menunjukkan bahwa di masa depan ada kemungkinan penyakit yang saat ini belum ada obatnya, seperti kanker, HIV, dan penyakit autoimun bisa disembuhkan.

Selian itu, berikut ini 3 terobosan teknologi baru di dunia kedokteran yang mungkin hadir pada tahun 2017 :

  • Mengetahui genetik lewat aplikasi ponsel

Anda bisa mengetahui kecenderungan untuk menyukai makanan manis, alergi terhadap kacang, membawa gen terhadap penyakit keturunan tertentu, dan sebagainya melalui aplikasi yang sedang dikembangkan oleh perusahaan Helix. Helix merupakan sebuah perusahaan yang berlokasi di San Fransisco, Amerika Serikat, akan meluncurkan aplikasi tersebut antara tahun 2017-2018 ke pasaran. Aplikasi tersebut nantinya dapat diunduk melalui App Store atau Play Store.

Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa mengetahui risiko kesehatan, karakter, serta kepribadian. Caranya, Helix akan mengumpulkan sampel air liur dari pembeli aplikasi tersebut. Kemudian melalui sampel tersebut akan diperoleh data genetik dari orang yang bersangkutan.

  • Teknologi penyembuhan kanker

Penyakit kanker telah menjadi momok yang menakutkan baik bagi pasien maupun dokter. Hal ini disebabkan karena penyakit yang hampir pasti merenggut jiwa ini belum ditemukan obat yang benar-benar bisa menyembuhkannya. Meskipun ada, obat kanker sangat mahal, harus dikonsumsi dalam jangka panjang, dan menimbulkan efek samping yang tidak menyenangkan bagi pasien. Karena alasan tersebut, para peneliti terus berusaha untuk menemukan obat penyembuh kanker.

Adalah Cellectis, sebuah perusahaan bioteknologi asal Perancis yang berkedudukan di Manhattan, Amerika Serikat, yang mungkin dapat menjanjikan kesembuhan terhadap kanker. Para peneliti di Cellectis memodifikasi sel darah putih manusia, tepatnya sel limfosit T agar dapat membunuh sel kanker.

Penelitian dari perusahaan yang berdiri sejak 2011 ini memodifikasi DNA daro sel limfosit T dan memasukkannya ek dalam tubuh 300 pasien kanker. Hasilnya sungguh menakjubkan. Sebagian besar pasien mengalami perbaikan atau bahkan remisi, suatu periode waktu ketika penyakit merespon pengobatan atau berada di bawah kendali. Selain itu, teknik modifikasi sel darah putih tersebut juga diyakini dapat membawa kesembuhan bagi HIV, diabetes, dan penyakit autoimun, seperti lupus, rheumatoid arthritis, dan multipel sklerosis. Teknologi ini diperkirakan dapat tersedia bagi masyarakat dalam 1-2 tahun mendatang.

  • Modifikasi gen hasilkan tanaman super

Mungkin banyak yang berpikir bagaimana memberi makan penduduk dunia yang pada tahun 2050 nanti diperkirakan akan mencapai 10 miliar orang ? Dengan tanaman super yang tahan lama, kekeringan, dan dapat menghasilkan lebih banyak dari tanaman biasa adalah jawabannya.

Teknologi modifikasi gen tersebut bukan lagi impian. Dalam 5-10 tahun ke depan, diperkirakan hal tersebut akan menjadi kenyataan. Beberapa penelitian di Cina telah bisa menciptakan tanaman gandum yang tahan terhadap jamur. Tidak hanya itu, mereka juga memodifikasi padi, sehingga dapat menghasilkan beras lebih banyak dari padi biasa. Tidak ketinggalan, Inggris juga telah menciptakan tanaman barley yang tahan terhadap kekeringan.

Semua modifikasi genetik ini dipastikan aman dan tidak akan menghasilkan tanaman genetically modified organism (GMO) yang memiliki DNA dari organisme lain yang dapat berbahaya bagi kesehatan.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 06 Januari 2017 13:45:17

Related Post :
Tips
Prosedur Pemasangan Ring Jantung

prosedur pemasangan ring jantung…

Kesehatan
Waspada! Ini Bahaya Dibalik…

Penggunaan cat kuku memang…

Penyakit
Kondisi Medis Hypoalbuminemia yang…

Hypoalbuminemia adalah tanda medis…

Kesehatan
Jangan Langsung Duduk setelah…

Lari merupakan olahraga yang…

Alami
Obat Nyeri Sendi Di…

Obat nyeri sendi di…

Manfaat
Manfaat dan Kandungan Umbi…

Manfaat dan kandungan umbi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
7 Bahaya Garam Bagi Kesehatan Bila Dikonsumsi Berlebihan

Suka konsumsi garam? hati-hati, 7…

Kesehatan
Waspada! Ini Bahaya Air Minum Kemasan Galon Isi Ulang

Berikut ini merupakan bahaya air…

Kesehatan
Inilah Penjelasan Ilmiah Seputar Ketindihan saat Tidur

Banyak orang yang sering merasakan…

Kirim Pertanyaan
Top