Beberapa Jenis Obat yang Digunakan untuk Atasi Hipertensi

Share dan Tag Temanmu di :

Penderita hipertensi biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa jenis obat untuk menurunkan tekanan darahnya. Setiap obat memungkinkan terjadinya efek samping. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa jenis obat yang digunakan untuk atasi hipertensi ini dengan disertai resep dokter agar dosisnya tepat dan tidak menyebabkan masalah lain.


Beberapa jenis obat hipertensi yang umum diberikan adalah :

Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor

Obat ini digunakan untuk membuat dinding pembuluh darah lebih rileks. Dengan begitu, tekanan darah akan menurun. Sisi negative dari obat ini adalah memiliki efek samping yaitu batuk kering berkelanjutan

Calcium channel blockers

Obat ini dikenal dengan obat penghambat kanal kalsium. Artinya, kerja obat ini adalah menghalangi kalsium agar tidak masuk ke sel-sel otot jantung dan pembuluh darah atau arteri agar menjadi mengendur. Jika arteri mengendur, tekanan darah akan menurun.
 
Diuretik

Obat ini dikenal juga sebagai “pil air”. Artinya, obat ini akan membuang sisa air dan garam dari dalam tubuh melalui urine agar tekanan darah menjadi menurun.

Beta-blockers

Cara kerja obat ini adalah menjadikan jantung berdetak lebih lambat dengan tenaga yang lebih sedikit untuk mengurangi tekanan darah yang sedang tinggi. Namun efek samping dari penggunaan obat ini angat berbahaya jika konsumsinya dihentikan secara tiba-tiba. Contoh efek sampingnya adalah peningkatan tekanan darah atau serangan angina (angin duduk).

Alpha-blockers

Obat ini digunakan untuk melemaskan pembuluh darah sehingga darah mengalir lebih mudah dalam pembuluh darah. Karena efek sampingnya yang berbahaya, alpha-blockers dianggap kurang efektif untuk menangani hipertensi. Begitu juga untuk beta-blockers.

Efek samping dari pengunaan obat-obat yang tidak sesuai adalah munculnya masalah lain seperti masalah penyakit komplikasi. Jenis-jenis komplikasi yang berpotensi terjadi di antaranya :

  • Serangan jantung atau stroke, terjadi dinding arteri mengalami penebalan dan pengerasan dinding arteri.
  • Aneurisme, terjadi jika dinding arteri mengalami pelebaran yang abnormal. Kondisi ini sangat berbahaya karena dinding arteri menjadi lemah saat menahan tekanan aliran darah, sehingga risiko pembuluh darah pecah sangat besar.
  • Rusaknya pembuluh darah kecil pada ginjal, yang menyebabkan ginjal tidak berfungsi dengan baik. Biasanya disertai gejala seperti pembengkakan kedua tungkai bawah, keinginan buang air kecil di malam hari meningkat tetapi volume urine sedikit, serta hipertensi menjadi semakin parah.
  • Sindrom metabolik, dikenal juga dengan sindrom resistensi insulin. Terjadi jika tubuh gagal menggunakan insulin dalam darah dengan efektif sehingga muncul sejumlah masalah kesehatan secara bersamaan.

By Sri Maryati - Obat Kimia Sabtu, 07 Januari 2017 08:59:49

Related Post :
Manfaat
Manfaat Buah Sawo Yang…

Banyak manfaat mengonsumsi buah…

Kesehatan
Faktor Penyebab Rematik Di…

Rematik tidak hanya menyerang…

Tips
Cara Mengatasi Bayi atau…

Cara mengatasi bayi atau…

Kesehatan
Mengenal Jenis Penyakit Yang…

Informasi tentang jenis-jenis penyakit…

Alami
Obat Alami Menghilangkan Kesemutan…

Obat alami menghilangkan kesemutan…

Kesehatan
Cara Mengatasi Ejakulasi Dini…

Cara mengatasi ejakulasi dini…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Kimia
Obat Pencegah Serangan Penyakit Gout Allopurinol

Obat Pencegah Serangan Penyakit Gout…

Obat Kimia
Triamcinolone Obat Untuk Mengurangi Inflamasi

Obat yang tergolong obat kortikosteroid…

Kirim Pertanyaan
Top