Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun pandan hanya di ketahui oleh sebagian banyak orang sebagai penambah aroma dan rasa pada berbagai jenis aneka masakan dan juga kue. Namun, selain dari pada itu khasiat daun pandan bagi kesehatan rupanya menjadi rahasia tersendiri dan belum banyak di ketahui oleh khalayak luas.


Pandan atau pandan wangi memiliki nama latin Pandanus Amaryllifolius Roxb merupakan anggota genus screwpine asli dari Asia Tenggara. Tanaman ini juga secara abadi memiliki cluster semak yang berbentuk seperti kipas panjang dengan daun yang sempit serta menghasilkan bau yang kuat dan juga layu.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahwasannya bukan hanya untuk masakan daun pandan juga sangat berkhasiat untuk kesehatan bahkan kecantikan. Hal tersebut di karenakan di dalam daun pandan sendiri terdapat berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan seperti alkaloid, saponin, flavonoida, tanin dan polifenol. Beberapa kegunaan daun pandan bagi tubuh adalah dapat mengatasi tekanan darah tinggi, rematik,  kolesterol tinggi, demam, pegal linu dan lainnya. Untuk mengetahui manfaat daun pandan secara keseluruhan, anda bisa menyimak informasi berikut ini.

Manfaat daun pandan bagi kesehatan dan cara mengolahnya

1. Menurunkan darah tinggi
Bagi anda yang kini tengah mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi, anda bisa mencoba mengatasinya dengan herbal yang satu ini. Caranyapun sangat sederhana. Ambil beberapa lembar daun pandan wangi, kemudian rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa menjadi 2 gelas air. Setelah agak dingin, saring airnya, lalu minum ramuan tersebut 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

2. Mengobati rematik dan asam urat
Meski rematik dan asam urat sering kali menjangkit orang yang telah berusia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan penyakit yang satu ini pun dapat di alami oleh remaja maupun dewasa. Adapun cara mengatasi rematik atau asam urat dengan menggunakan daun pandan sendiri dapat di lakukan dengan mengambil 3 lembar daun pandan segar, cuci bersih kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu, seduh dengan menggunkan setengah cangkir minyak kelapa yang telah di panaskan sebelumnya sambil di aduk-aduk hingga mereta. Setelah dingin, anda bisa menggunakannya sebagai obat gosok untuk mengurut bagian tubuh yang sakit akibat rematik atau asam urat.

3. Mengatasi pegal linu
Jika selama ini anda mengonsumi berbagai jenis obat untuk mengatasi pegal linu, anda kini bisa mengatasinya hanya dengan menggunakan daun pandan. Caranya yaitu dengan menyiapkan terlebih dahulu 5 lembar daun pandan segar dan 20 lembar manfaat daun serai. Setelah di cuci bersih kemudian tubuk hingga halus dan tambahkan 1 sendok minyak kayu putih  dan minyak gandapura ke dalamnya. Aduk hingga merata. Dan gunakan ramuan tersebut untuk menggosok bagian tubuh yang mengalami pegal linu.

4. Mengatasi lemah saraf
Daun pandan juga ternyata bisa di gunakan untuk mengatasi lemah saraf. Caranya yaitu dengan menyiapkan terlebih dahulu 3 lembar, cuci bersih kemudian di potong-potong. Setelah itu, rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa menjadi 2 gelas asaja. Setelah dingin, anda bisa mengonsumsinya secara teratur 2 kali sekali yaitu pada pagi dan sore hari masing-masing satu gelas dalam setiap minum.

5. Meningkatkan napsu makan
Jika anda ataupun anak anda kini tengah kehilangan napsu makan, anda bisa mencoba meningkatkan napsu makan anda kembali dengan menggunakan daun panda wangi ini. Caranya yaitu ambil 2 lembar daun pandan, cuci bersih dan potong-potong hingga berukuran kecil. Rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring airnya, dan konsumsi air rebusan daun pandan tersebut secara teratur 2 kali dalam sehari.

6. Mengatasi lemah syahwat
Jangan pandang sebelah mata khasiat daun pandan yang satu ini. Bagi anda yang kini tengah mengalami lemah syahwat, anda bisa menggunakan herbal daun pandan ini untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan menghaluskan terlebih dahulu 1 genggam daun pandan segar lalu peras airnya. Setelah itu kemudian campurkan sedikit garam pada air hasil perasan tersebut lalu minum satu hari secara teratur sebanyak 1 gelas selama 3 hari berturut-turut.

7. Mengtasi sembelit
Untuk meramu daun pandan sebagai obat sembelit, anda bisa menngonsumsi jus daun pandan pada siang dan malam hari. Anda juga bisa membuat teh daun pandan untuk mengatasinya. Selain itu, anda juga dapat meramunya dengan cara merebus beberapa lembar daun pandan lalu minum selagi hangat.

8. Mengatasi kram perut
Bagi anda yang kini tengah mengalami ataupun sering mengalami kram perut,. anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun pandan. Karena di dalamnya terkandung senyawa yang sangat baik untuk kesehatan. Caranya adalah dengan membuat teh atau jus.

9. Menurunkan demam tinggi pada anak
Anda dapat mengatasi demam tinggi pada anak maupun dewasa hanya dengan menggunakan daun pandan. Teh daun pandan di anjurkan untuk di konsumsi oleh penderita demam. Maka dengan begitu, demam pun akan turun dengan segera.

10. Mencegah kanker
Mengopnsuimsi teh daun pandan secara teratur juga nyatanya sangat berkhasiat dalam mencegah dan membantu proses penyembuhan kanke. Hal tersebut di karenakan di dalamnya terkandung senyawa yang vbisa membatasi kerja dari zat karsinogen.

11. Menetralkan racun
Selain dari pada yang telah di sebutkan sebelumya, teh daun pandan juga sangat baik di konsumsi untuk menetralkan racun dan membuang semua kotoran yang ada di dalam tubuh.

12. Obat penenang alami
Seperti yang telah kita ketahui ebrsama bahwasannya aroma dari daun pandan bersifat menenangkan. Nah jika anda kini anda sulit tidur, khasiat daun pandan dengan kandungan tanin di dalamnya mampu memberikan efek ketenangan seperti pada manfaat coklat sehingga dapat membantu anda cepat tidur. Caranya pun sangat sederhana. Cukup dengan mencuci 2 lembar daun pandan dan iri-iris sekecil mungkin. Seduh dengan menggunakan segelas air hangat dan setelah dingin anda dapat menyaringnya serta mengonsumsinya secara teratur 2 kali sehari.

13. Mengatasi diabetes
Berbagai kandungan yang miliki daun pandan sangat baik dalam menurunkan dan menjaga kadar normal gula darah penderita diabetes. Adapun manfaat daun untuk diabetes bisa anda dapatkan dengan cara merebus beberapa lembar daun pandan dengan menggunakan 3 gelas air. Setelah tersisa menjadi setengahnya angkat dan saring. Jadikan ramuan tersebut menjadi 2x konsumsi pagi dan sore. Konsumsi manfaat rebusan air daun pandan ini secara teratur hingga kadar gula darah anda normal kembali.

Selain untuk kesehata, manfaat daun pandan untuk rambut dan kecantikan pun tak kalah luar biasanya. Seperti diantaranya sering kali di gunakan untuk menghilangkan ketombe, menghitamkan rambut dan mengatasi rambut rusak dan rontok. Bahkan selain dari pada itu masih terdapat khasiat dan manfaat daun pandan lainnya:

  • Mengharumkan ruangan
  • Pengusir serangga
  • Membungkus makanan
  • Sebagai bumbu masakan
  • Memberima aroma pada masakan
  • Di jadikan kerajinan
  • Di jadikan sebagai peralatan rumah tangga

Kiranya itulah informasi yang dapat kami sampikan pada ksempatan kali ini seputar manfaat daun pandan bagi kesehatan dan cara pengolahannya. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda semua. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 07 Januari 2017 11:40:46

Related Post :
Manfaat
Manfaat Daun Binahong Untuk…

Binahong mempunyai nama latin…

Kulit
Ingin Miliki Kulit Cantik…

Siapa yang tidak ingin…

Alami
Khasiat Manfaat Air Kelapa…

Buah Multiguna Bernama Kelapa…

Obat Kimia
Suplemen Untuk Memperkuat Sistem…

Suplemen Untuk Memperkuat Sistem…

Penyakit
Obat Gondok Jenis Gondongan…

obat gondok beserta jenis-jenis…

Alami
Obat Impetigo Alami Yang…

Obat impetigo alami ini…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Sambang Darah Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun sambang…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Senna Untuk Kesehatan

Mengenal khasiat dan manfaat daun…

Kirim Pertanyaan
Top