Pilihan Makanan Pelancar ASI Alami Tanpa Obat

Share dan Tag Temanmu di :

Bagi bunda yang baru saja mendapatkan buah hati, jangan lupa bahwa kebutuhan sang buah hati pada usia 6 bulan pertama yakni hanya ASI tanpa campuran yang lain. Namun bagaimana bila ASInya ga keluar atau hanya keluar sedikit? Tak perlu khawatir, hal ini memang wajar bagi bunda yang baru melahirkan, berikut ini ada beberapa pilihan makanan pelancar ASI alami tanpa obat.


ASI merupakan air susu yang dikeluarkan oleh kelenjar payudara ibu yang memiliki banyak manfaat bagi bayi karena didalam ASI terdapat banyak zat gizi lengkap dan mudah dicerna serta banyak antibodi dan sel darah putih yang dapat melindungi bayi dari infeksi. Memberikan ASI kepada bayi dapat membantu anda menunda kehamilan dan melindungi kesehatan. Sangat dianjurkan pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan artinya bahwa bayi hanya menerima ASI saja tanpa makanan tambahan atau minuman lain termasuk air putih.

Sebagian dari ibu uang tidak memberikan ASI ekslusif kepada bayinya alasannya tidak bisa menghasilkan ASI dengan cukup, alasan tersebut tentu tidak bisa dibenarkan karena nyatanya hampir semua perempuan menghasilkan ASI untuk bayi lebih dari cukup bahkan seringkali timbul permasalahan mengenai ASI yang terlalu berlebihan. Tetapi bagi anda yang memang memproduksi ASI yang sedikit, anda memerlukan pelancar ASI berupa makanan pelancar ASI maupun obat pelancar ASI agar dapat mencukupi kebutuhan ASI buat si kecil.

Berikut ini makanan yang dipercaya sebagai pelancar ASI yang baik dikonsumsi pada saat menyusui, diantaranya:

1. Daun katuk

Dalam daun katuk banyak kandungan protein, kalium, fosfor, zat besi, dan vitamin terutama vitamin C. Daun katuk juga mengandung asam seskuiterna yang baik untuk memperlancar ASI. Suatu penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi daun katuk pada saat menyusui bisa memperlancar produksi ASI mencapai 50% lebi banyak.

2. Daun bayam

Dalam daun bayam banyak kandungan protein, kalium, fosfor, kalsium, magnesium, dan vitamin terutama vitamin B6 baik untuk sistem kekebalan tubuh bayi.

3. Kacang hijau

Dalam kacang hijau banyak kandungan protein, kalium, fosfor, zat besi, magnesium, mangan dan vitamin terutama vitamin B1 yang merupakan sumber protein nabati yang baik dan dapat membantu mengubah karbohidrat menjadi energi karena untuk dapat memproduksi ASI yang lancar tubuh memerlukan energi yang cukup.

4. Pare

Pare mengandung banyak vitamin C, antioksidan, lutein dan lykopen. Kandungan antioksidan berguna untuk melindungi sel dari kerusakan dan meningkatkan kesehatan tulang, gusi, gigi, serta pembuluh darah. Selain manfaat untuk pelancar ASI, kandungan senyawa fitokimia lutein dan lykopennya berkhasiat dapat merangsang produksi insulin sehingga baik untuk ibu menyusui yang menderita diabetes melitus.

5. Labu siam

Dalam labu siam banyak mengandung asam folat, vitamin C, vitamin B6 zinc, mangan, magnesium, dan kalium. Asam folat berfungsi dalam pembentukan sel, pembentukan hemoglobin, perkembangan sel saraf dan perkembangan jaringan tubuh bayi.

6. Semangka

Kandungan dalam buah semangka terdapat vitamin A, C, kalium, dan asal folat. Vitamin A yang terkandung dalam buah semangka baik untuk memenuhi kebutuhan ibu menyusui dan kadar air yang tinggi baik untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh ketika cairan tubuh terpenuhi maka produksi ASI akan meningkat menjadi lancar.

7. Jambu air

Kandungan dalam buah jambu air terdapat vitamin A, C, kalsium, fosfor, dan zat besi. Sehingga jambu air sangat baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium, dan juga memiliki kadar air yang cukup tinggi untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan melancarkan ASI.

By Ana Rediana - Ibu Dan Anak Sabtu, 07 Januari 2017 15:55:42

Related Post :
Kewanitaan
Waspadai Ini Tanda- tanda…

Tanda-tanda IUD bergeser dari…

Penyakit
Mengenal Penyakit Syringoma Atau…

Mengenal penyakit syringoma atau…

Penyakit
Inilah Kebiasaan Buruk Yang…

Kebiasaan buruk yang menyebabkan…

Tips
Tips Mencegah Keriput Saat…

Tips mencegah keriput saat…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Aryanto.id - Berikut adalah…

Kesehatan
Ini Jenis Makanan Yang…

Jenis makanan yang perlu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Cara Mencegah Dan Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Cara mencegah dan mengatasi perut…

Ibu Dan Anak
Waspadai Gejala Anemia Pada Anak

Jangan pernah menganggap remeh penyakit…

Ibu Dan Anak
Ini Beragam Manfaat Imunisasi Bagi Bayi dan Balita

Ini beragam manfaat imunisasi bagi…

Kirim Pertanyaan
Top