Buah Dan Sayur Untuk Mengatasi Dehidrasi

Share dan Tag Temanmu di :

Tak hanya  air. Sayur,  buah,  serta daging pun bisa memenuhi kebutuhan konsumsi cairan tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan, dehidrasi tubuh dapat lebih efektif dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dibandingkan dengan hanya minum air saja.


Sayur dan buah tidak sekadar mengandung kadar  air  tinggi tetapi  juga  kaya  akan  mineral,  vitamin, gula alami, serta asam  amino  yang  diperlukan tubuh.  Kandungan-kandungan dalam sayur dan buah ini yang  membuat tubuh menyerap serta menyimpan cairan lebih baik dibandingkan dengan hanya minum air  saja.

Kebutuhan tubuh terhadap  air  sebanyak  2  liter  tidak hanya bias dipenuhi dengan minum  air dan minuman lainnya. Sekitar  20  persen jumlah tersebut bias diperoleh dari buah-buahan serta sayuran yang  mengandung  90 persen cairan. Berikut  kami  berikan referensi buah-buahan dan sayuran apa saja yang  bisa menjadi alternative sumber cairan selain  air.

-Pepaya,  semangka,  dan  melon.  Ketiga buah ini mempunyai komposisi  90 persen berupa air.  Fakta lainnya, semangka kaya akan likopen, sebuah zat pelawan kanker dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan tomat. Tidak hanya itu, semangka pun bisa menjadi sumber makanan yang baik untuk  magnesium,  kalsium,  sodium,  serta  potassium.

-Belimbing. Buah yang satu ini mengandung  91,4 persen  air. Tidak hanya dimakan sebagai buah potong, buah  yang  jika diiris berbentuk bintang ini banyak ditemukan dalam rujak. Meski termasuk buah yang kaya akan antioksidan, namun belimbing mengandung banyak asam oksalat  yang sebaiknya tidak sering dikonsumsi  oleh  mereka  yang  memiliki gangguan ginjal.

-Mentimun.  Sayur  atau  buah  yang  sering  dijadikan komponen utama dalam lalapan adalah mentimun  yang  mengandung cairan sekitar  96,7 persen.

-Selada.  Sayuran  yang  biasa dijadikan komposisi  dalam  hamburger atau dijadikan sebagai lalapan ini mengandung cairan sebanyak  95,6 persen.

-Tomat.  Anda dapat memadukan tomat dalam  salad  atau dijadikan lalapan sehingga Anda bias mendapatkan cairan  yang  terkandung  di dalamnya sebanyak  94,5 persen.

-Stroberi.  Semua buah  yang  termasuk kedalam kelompok  berry bagus untuk mencegah dehidrasi. Tetapi dari semuanya,  stroberi merah merupakan buah  yang  paling  banyak mengandung cairan yakni sebanyak  91  persen.

-Anggur.  Tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat,  anggur juga mengandung sekitar 90,5 persen cairan.

Tidak  hanya  sayuran  atau  buah-buahan  yang  disebutkan,  ada  pula  sayuran  lain  yang mempunyai kadar  air  cukup tinggi seperti bayam,  wortel,  sawi,  kol,  serta brokoli.  Mengonsumsi  makanan  yang  berkadar  air  tinggi cenderung  membuat Anda akan lebih banyak mengonsumsi  air.  Sedangkan minuman selain  air  mineral  seperti  kopi,  teh,  dan minuman bersoda justru bersifat diuretic  yang  membuat ginjal menghasilkan urin lebih banyak sehingga akhirnya cairan dalam tubuh berkurang.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Senin, 09 Januari 2017 08:14:54

Related Post :
Penyakit
Waspadai Ciri Dan Gejala…

Waspadai ciri dan gejala…

Penyakit
Bahaya Komplikasi Dan Akibat…

Liver adalah sebuah penyakit…

Kesehatan
Pantangan Makanan Dan Minuman…

Larangan atau pantangan makanan…

Penyakit
Penyebab Gejala Dan Pengobatan…

Penyebab gejala dan pengobatan…

Tips
Cara Mudah Cegah Perut…

Jika Anda sering mengalami…

Manfaat
Jangan Dibuang! Bagian Buah…

Buah dan sayur banyak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Inilah 10 Jenis Artritis Serta Penyebab Dan Gejalanya

Selain osteoarthritis, ada banyak jenis…

Kesehatan
Awas! Konsumsi Kimchi Berlebihan Bisa Picu Dampak Berikut

Meskipun disebut sebagai makanan sehat,…

Kesehatan
Resep Cemilan Sehat Untuk Mengurangi Mata Minus

Agar anda tidak ketergantungan dengan…

Kirim Pertanyaan
Top