Kandungan Dan Manfaat Okra Bagi Kesehatan

Okra memiliki nama latin Abelmoschus esculentus merupakan tanaman yang termasuk dalam sayur-sayuran. Kebanyakan orang indonesia kurang begitu mengenali okra, karena tanaman ini banyak dibudidayakan di afrika barat. Padahal bila okra dikonsumsi maka akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. 


Sama seperti sayuran lainnya, okra juga memiliki kandungan gizi yang lengkap diantaranya lutein zeaxanthin, betakaroten, seng, selenium, fosfor, mengan, magnesium, zat besi, kalsium, potasium, sodium, energi, karbohidrat, protein, lemak, serat, folat, asam pantotenat, riboflavin, Vitamin A, C, E, dan K, vitamin B3, vitamin B1, dan vitamin B6.

Manfaat Okra Bagi Kesehatan

Mengurangi resiko penyakit jantung

Bila di keluarga anda ada yang mengidap penyakit jantung, maka anda pun berisiko terkena penyakit tersebut. Untuk mengurangi resiko penyakit jantung, sebaiknya menerapkan pola hidup sehat, pola makan sehat misalnya mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan kaya akan kandungan antioksidan. Dan salah satu makanan yang memiliki kedua kandungan tersebut adalah okra. Konsumsilah okra, karena bisa memberikan manfaat yang baik bila dikonsumsi yaitu salah satunya bisa mengurangi resiko penyakit jantung.

Menjaga keseimbangan tubuh

Okra memiliki kandungan vitamin B kompleks. Kandungan yang satu ini sangat dibutuhkan hampir semua fungsi tubuh manusia. Bila kekurangan salah satu jenis vitamin B kompleks dapat menyebabkan ketidakseimbangan tubuh. Oleh karena itu, untuk menjaga keseimbangan tubuh, cukupi konsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks seperti okra.   

Memperkuat tulang

Kandungan vitamin K yang terdapat pada okra bermanfaat untuk memperkuat tulang. Selain itu okra juga mengandung kalsium yang sangat baik terhadap kesehatan tulang dan gigi.

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Vitamin C tidak hanya terdapat dalam buah jeruk saja, tapi juga terdapat dalam sayur-sayuran seperti okra. Kandungan ini bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan memperkuat atau menjaga sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi. Tidak hanya mengandung vitamin C, okra juga mengandung kandungan zat besi.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang terdapat pada okra bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Bila mata anda ingin selalu sehat, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, okra dan makanan lainnya.

Menjaga kesehatan kulit

Merawat dan menjaga kesehatan kulit tidak hanya dari luar saja, tapi juga harus dari dalam yaitu dengan mengkonsumi makanan yang mengandung vitamin A seperti okra.

Baik untuk ibu hamil


Okra adalah salah satu makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena okra memiliki kandungan vitamin B yang berfungsi untuk mencegah cacat lahir. Selain itu, okra juga mengandung vitamin C yang sangat penting bagi perkembangan janin. Bahkan okra juga kaya akan folat.

Cara mengolah okra yaitu direbus, digoreng, di sup, bisa juga dikonsumsi secara mentah seperti salad. Manfaat lainnya okra untuk kesehatan diantaranya membantu proses pencernaan, menurunkan kolesterol, melindungi paru-paru, mencegah sembelit, mencegah diabetes, mencegah dan meringankan penyakit ginjal. Bahkan okra juga sanga baik dikonsumsi untuk anda yang sedang menjalani program diet.

By Rizka Ardiana - Manfaat Senin, 09 Januari 2017 12:02:11

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Mengetahui Beragam Manfaat Daging Kelinci Bagi Tubuh

Dibalik kelucuan dan kegemasannya, ternyata…

Manfaat
Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Dampak positif dari mengonsumsi buah…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Cranberry Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat dan manfaat craberry untuk…

Tambah Pertanyaan
Top